Monday, June 25, 2018

√ 9 Pola Binatang Herbivora, Gambar, Ciri, Dan Nama Latinnya

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas ihwal contoh binatang omnivora, pada artikel kali ini kita akan membahas ihwal contoh-contoh binatang herbivora atau hewan-hewan yang mengakibatkan flora sebagai kuliner dan sumber energinya.

Contoh Hewan Herbivora

Hewan herbivora yaitu binatang pemakan tumbuhan. Hewan-hewan ini mengakibatkan flora sebagai kuliner dan sumber energinya. Beberapa ciri yang dimiliki oleh binatang herbivora di antaranya mempunyai gigi geraham yang banyak dan rapat, berdarah panas, berkaki empat, beranak (vivipar), dan hidup di daratan. Pada contoh binatang herbivora berikut ini Anda akan menemukan semua ciri-ciri tersebut.

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas ihwal  √ 9 Contoh Hewan Herbivora, Gambar, Ciri, dan Nama Latinnya

1. Kambing (Capra aegagrus sp.)

Contoh binatang herbivora yang pertama yaitu kambing. Kambing (Capra aegagrus sp.) merupakan binatang memamah biak berukuran sedang yang banyak diternakan sebagai sumber daging, susu, dan kulit. Hewan ini diperkirakan berasal dari daratan Eropa ini mempunyai ciri-ciri antara lain mempunyai janggut, ekor ke atas, berambut lurus, dahinya cembung dan mempunyai sepasang tanduk. Tanduk kambing jantan umumnya lebih besar dibandingkan yang betina. Gigi kambing lebih banyak yang berbentuk geraham, menyesuaikan dengan makanannya yang berupa rerumputan.

2. Kuda (Equus caballus sp.)

Kuda (Equus caballus) yaitu pola binatang herbivora yang telah usang dibudidayakan insan untuk diambil daging dan kulitnya. Kuda juga menjadi alat transportasi dan pengangkutan pada masa silam. Diperkirakan binatang yang makanannya berupa rerumputan dan dedaunan ini diperkirakan telah diternakan insan sejak 6500 tahun lalu.


3. Sapi (Bos taurus)

Sapi (Bos taurus) yaitu binatang memamah biak yang dibudidayakan insan untuk dimanfaatkan daging, susu, dan kulitnya. Contoh binatang herbivora ini memakan rumput-rumputan dan dedaunan. Karena makanannya termasuk keras, binatang ini mempunyai sistem pencernaan yang cukup mutakhir. Selengkapnya ihwal bagaimana sistem pencernaan sapi sebagai binatang ruminansia, Anda bisa membacanya di sini.

4. Rusa (Cervidae goldfuss)

Rusa (Cervidae goldfuss) yaitu binatang mamalia memamah biak (ruminansia) yang tergolong dalam keluarga Cervidae. Hewan ini memakan rerumputan dan dedaunan dengan gigi gerahamnya yang rapat. Sistem pencernaannya juga diset sesuai dengan jenis makanannya. Rusa yaitu pelari yang baik. Dengan kakinya yang panjang, ia juga sanggup melompat tinggi dan berenang dengan cepat.

5. Serangga (Insekta)

Ada aneka macam jenis serangga yang hidup di dunia ini. Beberapa di antaranya merupakan pola binatang herbivora. Hewan-hewan yang masuk dalam keluarga serangga melaksanakan metamorfosis. Dalam fase ulat dan imago (serangga dewasa) mereka umumnya akan makan rumput, daun-daunan, dan belahan badan tumbuhan.

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas ihwal  √ 9 Contoh Hewan Herbivora, Gambar, Ciri, dan Nama Latinnya

6. Badak (Ceratotherium simum)

Badak juga merupakan pola binatang herbivora yang termasuk memamah biak. Badak mempunyai ukuran besar. Bobotnya bisa lebih dari 1 ton. Ia juga mempunyai cula, ada yang punya satu, ada pula yang dua. Indra penglihatan rusa sangat terbatas, akan tetapi indra pendengaran dan penciumannya begitu kuat. Usia warak berkisar antara 40-45 tahun.

7. Gajah (Elephas maximus)

Gajah yaitu mamalia darat yang mempunyai ukuran badan paling besar. Hewan ini dicirikan dengan hidung panjang (belalai), pendengaran yang lebar, dan bobot badan yang sangat berat. Telinga lebar yang dimiliki gajah menggambarkan kemampuannya dalam mendengar. Hewan ini termasuk pola binatang herbivora alasannya ia hanya makan kuliner yang berasal dari tumbuhan.

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas ihwal  √ 9 Contoh Hewan Herbivora, Gambar, Ciri, dan Nama Latinnya

8. Tapir (Tapirus bairdii)

Tapir (Tapirus bairdii) yaitu binatang herbivora yang hidup dalam habitat ekosistem hutan hujan tropis. Ciri khas binatang ini sanggup dilihat dari bentuk tubuhnya yang menyerupai babi, telinganya menyerupai badak, dan mulutnya menyerupai ekspresi trenggiling. Tapir termasuk binatang langka. Keberadaan jumlahnya di alam liar sudah sangat terbatas.

9. Jerapah (Giraffa camelopardalis)

Jerapah (Giraffa camelopardalis) yaitu pola binatang herbivora berkuku genap yang merupakan binatang endemik Afrika. Jerapah yaitu spesies binatang tertinggi yang hidup di darat. Tinggi jantan bisa mencapai 5,5 meter dengan berat mencapai 1,3 ton. Leher jerapah sangat panjang menyesuaikan makanannya yang berupa daun-daunan dari pohon-pohon besar

Nah, itulah beberapa contoh binatang herbivora dan nama latinnya. Dengan contoh-contoh di atas, biar Anda sudah semakin paham dan sanggup membedakan ciri-ciri dari binatang yang mempunyai kuliner utama berupa tumbuhan. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.ebiologi.net