Sunday, May 6, 2018

√ Perlengkapan Penyadapan Karet

Dalam melakukan penyadapan dibutuhkan alat-alat dan perlengkapan untuk menyadap, seperti:


Pisau sadap

Sesuai dengan cara penyadapan yang digunakan, penyadapan sanggup memakai pisau sadap biasa, pacekung atau jarum sadap. Pisau sadap harus selalu dalam keadaan higienis dan tajam. Untuk menjaga hal ini, seorang penyadap harus selalu membawa kerikil asahan.


Talang Lateks atau Spout

Talang atau spout dibentuk dari seng yang tidak berkarat, panjang 8-10 cm dan lebar +2,5cm. Talang dipasang 10-15 cm dibawah titik terendah irisan sadapan, terpasang miring 45 derajat dengan garis vertikal (tegaknya batang). Sebelum pohon disadap, bekuan talang (skrep) harus dibersihkan untuk memudahkan mengalirnya lateks ke dalam mangkok.


Mangkok atau Cup

Untuk menampung lateks yang keluar dari pembuluh lateks dan mengalirnya pada kanal lateks dibutuhkan mangkok. Dewasa ini memakai mangkok dari banyak sekali majemuk materi menyerupai alumunium, arnit, gelas, plastik, porselin yang diglasir atau materi lainnya.


Dari materi apapun mangkok dibuat, yang penting diperhatikan supaya mangkok tersebut gampang dibersihkan, gampang dipakai, tahan lama, cukup murah dan gampang mendapatkannya. Walaupun demikian mangkok alumunium dan mangkok plastik paling umum digunakan, alasannya yakni tahan lama, ringan dan gampang dibersihkan.


Cincin Mangkok

Terbuat dari kawat dan berfungsi sebagai daerah meletakkan mangkok. Pemakaian cincin mangkok sangat dianjurkan. Penggunaan paku atau pasak bambu tidak dianjurkan alasannya yakni sanggup merusak kambium dan bidang sadap.


Tali Cincin

Tali cincin terbuat dari kawat (lebih baik berbentuk kawat per) berfungsi sebagai daerah menyantolkan cincin mangkok.


Quandri/signat

Terbuat dari besi, ujungnya runcing menyerupai jarum yang panjagnya 1-1,5 cm. Alat ini digunkaan untuk mengukur tebalnya kulit (dalamnya sadapan), sehingga sadapan tidak melukai kambium.


Ember

Ember digunkan untuk menampung dan mengangkut lateks. Ember ini dibentuk dari materi seng yang tidak berkarat atau alumunium.


Spatel

Sapatel atau sudip-sudip yakni alat yang digunakan untuk memudahkan menumpahkan lateks dari mangkok ke dalam bejana pemupul.


Sumber: KARET, Budidaya dan Pengolahan (By Djoehana Setyamidjaja, M.E)



Sumber http://adigunakaryapersada.co.idd