Wednesday, May 9, 2018

√ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis? Bisakah kau sebutkan beberapa contohnya? Gerak higroskopis ialah salah satu jenis dari gerak pada tumbuhan. Tumbuhan ialah makhluk hidup yang juga sanggup bergerak. Meskipun memang sebagian besar dari gerak tersebut tidak bisa kita amati secara langsung, lantaran gerak flora termasuk ke dalam gerak pasif.

Terjadinya gerak pada flora sebagai bentuk respon terhadap rangsangan yang datang, baik dari dalam maupun dari luar tumbuhan. Respon geraknya dibedakan ke dalam tiga jenis, yaitu gerak higroskopis, gerak esionom, dan gerak endonom. Munculnya gerak ini lantaran adanya rangsangan.

Baca Juga:
Lantas, apa itu gerak higroskopis? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan ihwal apa yang dimaksud gerak higroskopis dan pola gerak higroskopis. Semoga sehabis membaca uraian ini, pengetahuan pembaca ihwal gerak higroskopis semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Pengertian Gerak Higroskopis

Gerak higroskopis ialah gerak pada flora yang disebabkan oleh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata. Pengerutan ini mengakibatkan suatu pecahan flora mengalami perubahan. Perubahan kadar air bisa disebabkan oleh tanah kawasan flora yang mengering atau bisa juga kelembapan udara yang berkurang. 

Contoh Gerak Higroskopis

Setelah membaca pengertian gerak higroskopis di atas, berikut ini kami berikan beberapa pola flora yang mengalami gerak higroskopis:

1. Pecahnya Organ Buah Petai Cina (Leucaena leucocephala)

Contoh gerak higroskopis yang pertama ialah pada insiden pecahnya organ pada buah petai cina. Tumbuhan ini umum dikenal dengan nama lamtoro dan termasuk ke dalam golongan keluarga polong-polongan (Fabaceae). Petai Cina mempunyai buah berwarna hijau ketika masih muda dan bermetamorfosis cokelat kehitaman ketika buahnya menua. Buah dari flora petai cina ini berbentuk mirip polong.

Contoh Gerak Higroskopis: Pecahnya Buah Petai Cina 

 Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis √ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

Buah tersebut tumbuh dan memanjang dari ujung tangkai daun. Gerak higroskopis pada petai cina terjadi pada pecahan buah yang telah matang. Kulit buah akan membuka dan tampak memuntir. Saat dibuka, akan mengeluarkan suara renyah dari kulitnya. Penyebaran individu gres bisa dihasilkan dari biji yang keluar dari buah. Perubahan kadar air akan mengakibatkan kulit buah petai cina membuka atau pecah. Sel-sel kulit buah mengalami kekurangan kadar air yang mengakibatkan kulit tersebut pecah. 

2. Pecahnya Buah Pacar Air (Impantiens balsamina)

Contoh gerak higroskopis selanjutnya ialah pecahnya buah pacar air (Impantiens balsamina). Pacar air ialah flora perdu yang mengandung banyak air. Kadar air yang tinggi bisa ditemukan di dalam pecahan batangnya. Tumbuhan ini mempunyai bunga dengan bentuk mirip angrek berwarna-warni, mirip ungu, merah, dan pink. Itulah sebabnya banyak yang memakai flora ini sebagai tumbuhan hias.

Contoh Gerak Higroskopis: Pecahnya Buah Pacar Air

 Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis √ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

Pacar air mempunyai buah berbentuk kapsul berwarna hijau ketika masih muda. Gerak higroskopis terjadi pada pecahan buah ini ketika mengalami perubahan kadar air. Buah yang pecah akan mirip ulat yang memuntir.

3. Pecahnya Kulit Buah Kapuk

Contoh gerak higroskopis lainnya ialah pada insiden pecahnya kulit buah kapuk. Tumbuhan kapuk mempunyai buah yang cukup keras dengan warna kehitam-hitaman. Di dalam buah tersebut, terdapat biji dengan bentuk lingkaran dan keras.

Contoh Gerak Higroskopis: Pecahnya Kulit Buah Kapuk

 Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis √ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

Saat kapuk mengalami penurunan kadar air, buahnya akan pecah sebagai respon terhadap perubahan tersebut. Peristiwa termasuk ke dalam pola gerak higroskopis pada tumbuhan.

4. Pecahnya Kulit Buah Kacang Hijau

Contoh gerak higroskopis selanjutnya ialah pecahnya kulit buah flora kacang hijau. Peristiwa ini terjadi jawaban penurunan kadar air yang mempengaruhi kulit buah. Kulit pecah ini terjadi pada buah yang telah matang. Buah tersebut akan menunjukkan respon terhadap penurunan kadar air dari lingkungan sekitar. Hal termasuk ke dalam pola gerak higroskopis pada tumbuhan.

Contoh Gerak Higroskopis: Pecahnya Kulit Buah Kacang Hijau

 Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis √ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

5. Membukanya Sporangium (Kotak Spora)

Peristiwa gerak higroskopis juga dialami oleh flora lumut dan paku jawaban dari perubahan kadar air. Sporangium atau kotak spora yang terdapat pada flora tersebut pecah atau membuka sebagai bentuk respon dari penurunan kadar air tersebut. Peristiwa ini menjadikan sel-sel kekurangan air, sehingga kotak spora atau sporangium pecah atau membuka.

Contoh Gerak Higroskopis: Membukanya Sporangium Paku

 Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis √ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

6. Pecahnya Kulit Buah Kedelai

Terjadinya gerak higroskopis juga dialami oleh flora kedelai sebagai bentuk respon dari penurunan kadar air. Kulit buah flora kedelai akan pecah atau membuka jawaban kekurangan kadar air. Hal ini terjadi pada buah yang telah tua. Perubahan kadar air pada lingkungan akan menunjukkan dampak pada flora kedelai, yakni kulit buahnya akan pecah atau membuka.

Contoh Gerak Higroskopis: Pecahnya Kulit Buah Kedelai

 Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis √ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

7. Pecahnya Kulit Buah Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris)

Contoh gerak higroskopis selanjutnya terjadi pada flora kacang buncis. Kulit buah kacang buncis akan pecah ketika terjadi penurunan kadar air. Tumbuhan buncis mempunyai buah berwarna hijau sampai cokelat. Buah kacang buncis yang telah tua, akan mengalami pengerasan kulit jawaban menurunnya kemampuan untuk menyerap air pada sel-sel kulitnya. Selanjutnya, hal ini akan menjadikan kulit buah kacang buncis pecah atau membuka. Pecahnya buah kacang buncis ini termasuk ke dalam pola gerak higroskopis pada tumbuhan.

Contoh Gerak Higroskopis: Pecahnya Kulit Buah Kacang Buncis

 Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis √ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

8. Pecahnya Kulit Buah Kembang Merak (Caesalpinia pulcherrima)

Contoh gerak higroskopis yang terakhir ialah pada insiden pecahnya kulit buah kembang merak. Tumbuhan ini mempunyai buah berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna hitam ketika telah tua. Penurunan kadar air akan menjadikan mengerasnya pecahan kulit pada buah. Selanjutnya, kulit buah akan mengelupas dan mengeluarkan biji-bijinya.

Contoh Gerak Higroskopis: Pecahnya Buah Kembang Merak

 Apa yang dimaksud dengan gerak higroskopis √ Gerak Higroskopis: Pengertian, Contoh, Gambar

Peristiwa pecahnya kulit buah kembang merak ini sebagai bentuk respon alami flora jawaban penurunan kadar air. Itulah sebabnya mengapa sehingga insiden ini disebut juga sebagai gerak higroskopis.

Demikianlah klarifikasi ihwal Gerak Higroskopis. Bagikan materi ini semoga orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com