Saturday, May 5, 2018

√ 3+ Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet

Tahukah kau apa peranan getah karet bagi tumbuhan karet? Sebagaimana yang diketahui, karet ialah salah satu nama tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia. Dinamakan tumbuhan karet alasannya tumbuhan ini menghasilkan getah atau karet yang sering dipakai oleh insan untuk keperluan industri. Tumbuhan ini mempunyai nama latin Hevea brasiliensis

Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet

 Tahukah kau apa peranan getah karet bagi tumbuhan karet √ 3+ Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet

Tumbuhan karet merupakan sumber utama getah karet, yang disebut lateks. Getah ini tersimpan pada penggalan batang tumbuhan, apabila batang tersebut dilukai, getahnya akan keluar. Getah karet lalu ditampung untuk diolah menjadi karet alami. Salah satu rujukan hasil pengolahan getah karet ialah ban kendaraan.

Baca Juga:
Lantas, apa peranan getah karet bagi tumbuhan karet? Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan bahan wacana peranan getah karet bagi tumbuhan karet. Semoga sesudah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca wacana pohon karet semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet

Beberapa peranan getah karet bagi tumbuhan karet ialah sebagai berikut:

1. Alat Pertahanan Dari Hewan Pengganggu 

Getah pada tumbuhan karet berperan sebagai alat pertahanan atau pelindung dari serangan binatang pengganggu. Saat batang karet dilukai oleh hewan, getah akan keluar yang akan menciptakan binatang pengganggu terjebak tidak dapat bergerak.

2. Mengusir Hama Parasit

Bagi tumbuhan karet, getah juga berperan untuk mengusir hama benalu penyebab penyakit. Jadi, tumbuhan karet dilengkapi dengan alat pinjaman berupa getah untuk melawan serangan hama penyakit.

3. Penyembuh Luka

Getah pada tumbuhan karet juga berperan sebagai alat penyembuh ketika pohon karet dilukai. Jadi, getah ini akan menutupi tabrakan luka di sekitar penggalan tanaman.

Demikianlah klarifikasi wacana Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet. Bagikan bahan ini biar orang lain juga dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com