Sunday, April 15, 2018

√ Perempuan Harus Tahu, Ini Ia 6 Cara Mencegah Kanker Payudara

 Bukan hal yang awan kalau sebagai perempuan takut dengan penyakit kanker payudara √ Wanita Harus Tahu, Ini Dia 6 Cara Mencegah Kanker Payudara


Go Dok – Bukan hal yang awan kalau sebagai perempuan takut dengan penyakit kanker payudara. Penyakit mematikan yang sekarang tengah menjadi momok angker bagi setiap kaum hawa pasalnya sanggup mengganggu kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat 6 cara mencegah kanker payudara?


Berikut Cara Mencegah Kanker Payudara Yang Bisa Anda Coba!


1. Kurangi konsumsi lemak


Cara pertama yang harus dilakukan yaitu kurangi konsumsi lemak. Mengapa? Alasannya alasannya yaitu banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi materi pangan yang tinggi akan lemak jenuh merupakan salah satu faktor pemicu kanker, termasuk kanker payudara -salah satunya yaitu kesimpulan yang diutarakan oleh kelompok peneliti dari Duke University, Amerika Serikat.


Lalu, apa saja materi pangan yang tinggi akan lemak jenuh? Ini beliau daftarnya :



  • Margarin dan mentega

  • Susu full-cream, dan produk olahan susu lainnya

  • Minyak goreng

  • Coklat

  • Daging sapi

  • Sarden

  • Daging ayam, teruatama bab paha, dan lain-lain.


Solusinya, selain dengan mengurangi asupan materi pangan di atas, Anda juga sanggup memulai kebiasaan baik dengan memperbanyak konsumsi masakan yang tinggi akan lemak tidak jenuh, seperti: minyak zaitun, ikan salmon, alpukat, produk olahan kedelai (tahu & tempe), dan lain-lain.


2. Cek teladan makan Anda


Setelah itu selanjutnya dengan penuhi asupan buah dan sayur. Anda tentunya mengetahui bahwa paparan radikal bebas turut meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit kanker. Nah, demi menghindarinya, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya akan senyawa anti oksidan. Tujuannya tidak lain semoga tubuh sanggup melawan paparan radikal bebas dari dalam.


Berikut beberapa sayur dan buah yang kaya senyawa anti-oksidan :



  • Berbagai jenis berry (strawberry, blackberry, raspberry, dan lain-lain)

  • Anggur merah

  • Jeruk

  • Kubis

  • Kol

  • Sawi hijau

  • Lobak, dan lain-lain.


3. Hindari asupan masakan yang tinggi estrogen


Walau hormon estrogen memang ada dalam tubuh setiap wanita, namun penumpukan hormon ini di dalam tubuh (terutama yang berasal dari faktor luar, dikenal juga dengan istilah xeno-estrogen) terbukti sanggup meningkatkan risiko Anda menderita kanker payudara.


Karena alasan tersebutlah, menghindari masakan yang tinggi estrogen menjadi cara untuk mencegah kanker payudara dan Anda disarankan untuk menghindari konsumsi berlebih materi pangan yang kaya akan hormon estrogen, menyerupai buncis, kurma, kismis, dan sebagainya.


4. Stop rokok dan minum alkohol


Cara mencegah kanker payudara yang selanjutnya, minimalisir risiko Anda mengidap kanker payudara dengan menghentikan kebiasaan merokok serta mengonsumsi minuman beralkohol. Alasannya tidak lain alasannya yaitu kandungan yang terdapat pada rokok dan alkohol terbukti sanggup meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh.


5. Perhatikan berat badan


Cara mencegah kanker payudara lainnya yaitu dengan memperhatikan berat tubuh Anda. Dengan semakin bertambahnya berat badan, maka semakin kacau pula pengaturan hormon di dalam tubuh Anda. Inilah yang mengakibatkan Anda lebih rentan terkena kanker payudara.



Baca Juga : Atasi Masalah Berat Badan Berlebih Dengan 7 Tips Kesehatan Berikut Ini



Tidak percaya? Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science menyimpulkan bahwa obesitas pada perempuan menopause meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 30-60%; sedangkan bagi perempuan yang belum menopause, obesitas sanggup meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 20-40%.


6. Pertimbangkan kembali keputusan melaksanakan terapi hormon


Cara mencegah kanker payudara yang terakhir, HRT (Hormone Replacement Therapy) merupakan jenis terapi hormon yang biasanya dilakukan oleh perempuan yang sudah masuk ke dalam masa menopause. Namun, tahukah Anda, bahwa terapi hormon ini turut meningkatkan risiko terkena kanker payudara?


Karenanya, sebelum memutuskan untuk menjalani terapi hormon, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter demi mengetahui sisi negatif dan postifnya.


Itu tadi 6 cara mencegah kanker payudara yang sanggup dipraktikkan semoga terhindar dari kanker payudara. Semoga bermanfaat!



Sumber http://info-menarik.nett