Ayo Berlatih
Halaman 269-270
B. Esai / essay / soal uraian
PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 9 SMP/MTS
Bab 12 (Menyuburkan Kebersamaan dengan Toleransi dan Menghargai Perbedaan)
Ayo Berlatih PAI BAB 12 Kelas 9 Halaman 269
Ayo Berlatih PAI BAB 12 Halaman 269 Kelas 9
Uji Kompetensi Bab 12 PAI Kelas 9 Halaman 269
Pembahasan Soal Agama Islam Kelas 9 Halaman 268 - 269
Semester 12 Kurikulum 2013
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Halaman 269-270
B. Esai / essay / soal uraian
PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 9 SMP/MTS
Bab 12 (Menyuburkan Kebersamaan dengan Toleransi dan Menghargai Perbedaan)
Ayo Berlatih PAI BAB 12 Kelas 9 Halaman 269
Ayo Berlatih PAI BAB 12 Halaman 269 Kelas 9
Uji Kompetensi Bab 12 PAI Kelas 9 Halaman 269
Pembahasan Soal Agama Islam Kelas 9 Halaman 268 - 269
Semester 12 Kurikulum 2013
![]() |
Jawaban Esai Ayo Berlatih Bab 12 PAI Halaman 269 Kelas 9 |
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Jelaskan pengertian waqaf berdasarkan istilah ilmu tajwid!
Jawab :
dalam istilah ilmu tajwid waqaf yakni menghentikan pembacaan, baik untuk tidak diteruskan atau untuk mengambil nafas semoga sanggup melanjutkan bacaan selanjutnya.
2. Jelaskan kandungan QS al-Hujurat/49:13!
Jawaban :
Makna QS al-Hujurat/49:13 yakni kita diajarkan untuk tidak membeda-bedakan orang lain berdasarkan kekayaan, warna kulit, ras, suku bangsa, dan perbedaan !sik lainnya. Akan tetapi kita diajarkan untuk menjadi orang yang mulia di sisi Allah Swt. berdasarkan ketakwaan kita. Kita juga diperintahkan untuk saling mengenal aneka macam jenis dan huruf insan semoga bisa memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing.
3. Sebut dan jelaskan 3 macam waqaf jaiz!
Jawab :
Macam waqaf jaiz yakni Ketika membaca al-Qur’ān menemukan tanda waqaf jaiz, maka boleh berhenti (waqaf) atau meneruskan bacaan (washal). Namun, ada yang diutamakan waqaf (berhenti) dan ada yang lebih diutamakan untuk washal (terus). Oleh alasannya yakni itu, waqaf jaiz ini sendiri dibagi menjadi 3 macam, yaitu: Jaiz Ka! saat pembaca al-Qur’ān menemukan waqaf ini maka boleh waqaf dan boleh washal (diteruskan), namun lebih diutamakan untuk waqaf (berhenti). Tandanya waqafnya yakni , Jaiz Tasawi saat pembaca al-Qur’ān menemukan waqaf ini (Jaiz tasawi), maka boleh waqaf (berhenti) maupun washal (diteruskan), keduanya hukumnya sama, tidak ada yang lebih utama.Tanda waqafnya yakni dan Jaiz Hasan saat pembaca al-Qur’ān menemukan waqaf ini maka boleh dibaca waqaf (berhenti) maupun washal (diteruskan), tetapi membaca washal lebih utama.
4. Sebutkan masing-masing dua referensi toleransi di lingkungan rumah dan lingkungan sekolah!
Jawab :
Lingkungan sekolah:
menghargai sahabat yang sedang beribadah berdasarkan agama dan iman masing-masing
tidak membeda-bedakan teman.
Lingkungan rumah:
menghargai tetangga yag sedang merayakan hari raya sesuai dengan agama
saling membantu sama lain apabila butuh pertolongan.
5. Jelaskan akhir negatif tidak adanya perilaku toleransi dan menghargai perbedaan dalam masyarakat!
Jawab :
- kurang memahami arti perbedaan dan saling menghargai dalam hidup bermasyarakat
- perilaku diskriminasi terus melanda alasannya yakni kurangnya kesadaran akan toleransi
- Kerukunan tidak terjamin dalam hidup bermasyarakat
Sumber http://www.bastechinfo.com