Thursday, February 8, 2018

Jawaban Uji Kompetensi Pecahan 3 Ipa Kelas 7 Halaman 129 (Klasifikasi Materi Dan Perubahannya)

Uji Kompetensi Bab 3
Halaman 129-130-131
Bab 3 (Klasifikasi Materi Dan Perubahannya)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas 7 SMP/MTS
Semester 1 K13
Jawaban Uji Kompetensi Bab 3 IPA Kelas 7 Halaman 129 (Klasifikasi Materi Dan Perubahannya)
Jawaban Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 129 IPA Kelas 7 (Klasifikasi Materi Dan Perubahannya)

zat di bawah ini dengan memberi tanda centang  Jawaban Uji Kompetensi Bab 3 IPA Kelas 7 Halaman 129 (Klasifikasi Materi Dan Perubahannya)
Jawaban Uji Kompetensi Bab 3 IPA Kelas 7 Halaman 129 (Klasifikasi Materi Dan Perubahannya)

1. Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.
Jenis Zat Unsur Senyawa Campuran
Gula
Air
Emas
Seng
Tinta
Asam cuka
Besi
Arang
Sirop
Udara
Garam dapur
Sabun
Jawab:
Zat yang termasuk unsur:
Emas, dengan simbol unsur Au  
Seng, dengan simbol unsur Zn
Arang, merupakan bentuk karbon dengan simbol unsur C

Zat yang termasuk senyawa:
Gula, merupakan senyawa dengan rumus senyawa C6H12O6
Air, merupakan senyawa dengan rumus senyawa H2O
Asam cuka, merupakan senyawa dengan rumus senyawa CH3COOH
Garam dapur, merupakan senyawa dengan rumus senyawa NaCl

Zat yang termasuk campuran:
Tinta, merupakan gabungan pewarna dan air.
Sirup, merupakan gabungan gula, bahan-bahan perasa dan air
Udara, merupakan gabungan aneka macam gas
Sabun, merupakan gabungan senyawa pengharum, pengemulsi dan lainnya.

2. Di rumahmu ditemukan aneka macam jenis larutan. Contohnya sirop, cuka dapur,sabun cair, dan sampo. Bagaimana kau sanggup memilih larutan tersebut masuk ke dalam larutan asam atau basa?
Jawab:
dites memakai lakmus jikalau rasanya pahit itu basa,asam itu asam,asin itu netral. cuka dapur:asam,sabun,shampo:basa 

3. Lakukan identifikasi lima jenis gabungan yang sering dijumpai di lingkungan sekitarmu. Jelaskan pola unsur-unsur penyusun gabungan tersebut dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, atau dalam acara industri.
Jawab:

5 jenis gabungan yang sering dijumpai di lingkungan sekitarku:

1). Air Gula
Penyusun : Air (H₂O) dan Gula (C₁₂H₂₂O₁₁)
Kegunaan : Pemanis masakan atau minuman
Kegiatan Industri : Pemanis masakan atau minuman pada produk-produk industri

2). Air Garam
Penyusun : Air (H₂O) dan Garam Dapur (NaCl)
Kegunaan : Perasa masakan atau minuman
Kegiatan Industri : Perasa dalam masakan pada produk-produk industri

3). Sirup
Penyusun : Air (H₂O), Gula (C₁₂H₂₂O₁₁) dan Pewarna Minuman
Kegunaan : Dikonsumsi sebagai minuman segar
Kegiatan Industri : Bahan aditive untuk minuman produk-produk industri

4). Susu
Penyusun : Air (H₂O) dan Susu atau Sukrosa (C₁₂H₂₂O₁₁)
Kegunaan : Dikonsumsi sebagai minuman sehat alami
Kegiatan Industri : Dapat dijadikan minuman sehat yang difermentasi menyerupai Yakult atau produk-produk industri lainnya

5). Bahan Bakar Minyak/Gas
Penyusun : Metana, Etana, Propana, Butana, CnH₂n₊₂
Kegunaan : Dijadikan materi bakar kendaraan bermotor
Kegiatan Industri : Dijadikan materi bakar atau sumber energi



4. Jelaskanlah proses pemisahan gabungan dengan metode penyaringan, sentrifugasi, sublimasi, kromatografi, dan distilasi.
Jawab:

1. Penyaringan yaitu metode pemisahan gabungan yang dipakai untuk memiisahkan cairan dan padatan yang tidak larut menurut pada perbedaan ukuran partikel zat-zat yang bercampur

2. Sentrifugasi yaitu metode pemisahan yang dipakai untuk memisahkan padatan sangat halus dengan jumlah gabungan sedikit

3. Sublimasi yaitu metode pemisahsan gabungan yang didasarkan pada gabungan zat yang mempunyai satu zat yang sanggup menyublim (perubahan wujud padat ke wujud gas), sedangkan zat yang lainnya tidak sanggup menyublim

4. Kromatografi merupakan metode pemisahan gabungan yang didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel yang bercampur dalam suatu medium membisu ketika dialiri suatu medium gerak

5. Distilasi dipakai untuk memisahkan suatu zat cair dari campurannya. Prinsip kerjanya didasarkan pada perbedaan titik didih dari zat cair yang bercampur sehingga ketika menguap, setiap zat akan terpisah



5. Sebutkan metode pemisahan komponen dari materi berikut.
a. Air murni dari air laut
b. Garam dari gabungan garam dan pasir
c. Minyak kelapa dari santan
Jawab:

a. air murni dan air laut
Metode pemisahan dilakukan dengan sistem membran atau sanggup pula dengan destilasi

b. garam dengan pasir
Metode pemisahan dilakukan dengan pelarutan ke air, kemudian disaring

c. minyak kelapa dan santan
Metode pemisahan dilakukan dengan cara elektrokonduktimetri. yang melibatkan pinjaman listrik, terhadap gabungan dan akan menimbulkan komponen santan terpisah. dari minyak kelapa.



6. Buatlah daftar aplikasi (percobaan) dari metode pemisahan gabungan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam acara industri. Kamu sanggup mencatatnya pada Tabel 3.11 berikut.
Tabel 3.11 Pemisahan gabungan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam industri
No. Perubahan Fisika
Percobaan
Kehidupan Sehari-hari Industri
1. Penyaringan
2. Sentrifugasi
Jawab:

Penyaringan.
kehidupan sehari-hari : pemisahan kotoran yang ada pada larutan gula.
Industri : menyaring air sungai untuk keperluan air bersih.

Sentrifugasi.
Kehidupan sehari-hari : Pembuatan minyak.
Industri : Pemisahan sel2 darah dari plasma darah.



7. Mengapa suatu gabungan tidak murni sanggup dipisahkan dengan cara fisika, tetapi tidak sanggup dipisahkan dengan cara kimia? Jelaskan.
Jawab:
Campuran tidak murni terbentuk tanpa melalui reaksi kimia dan tidak ada ketentuan perbandingannya harus tetap. Kaprikornus susunan gabungan tidak murni bebas. Beberapa gabungan tidak murni bahkan masih menampakkan wujud asli komponen penyusunnya. Campuran tidak murni sanggup dipisahkan dengan cara fisika berdasarkan perbedaan titk didih, kecepatan rambat, ukuran partikel, dan sifat fisika lainnya tanpa perlu adanya reaksi kimia.

8. Air yaitu senyawa murni, sedangkan susu stroberi cair yang terdapat dalam kemasan merupakan gabungan antara air, gula, susu, dan penambah rasa stroberi.
a. Buatlah daftar wacana persamaan dan perbedaan sifat di antara air dan susu stroberi tersebut.
b. Jelaskan metode pemisahan yang sesuai untuk memisahkan zat-zat penyusun susu stroberi.
Jawab:
a.Persamaan antara air dan susu stoberi antara lain yaitu:
1. kedua zat tersebut sama-sama termasuk zat cair yang sanggup mengalir dari kawasan tinggi ke kawasan yang lebih rendah.
2. kedua zat tersebut sama-sama menempati wadah atau ruang.

Perbedaan antara air dan susu stoberi antara lain yaitu:
1. Air yaitu senyawa murni, sedangkan susu stroberi cair yang terdapat dalam kemasan merupakan gabungan antara air, gula, susu, dan penambah rasa stoberi.
2. Air tidak mempunyai rasa,  sedangkan susu stroberi cair mempunyai rasa.
3. Air tidak mempunyai warna (bening),  sedangkan susu stroberi cair mempunyai warna.
4. Susu stroberi cair mempunyai kekentalan yang lebih tinggi dibanding air. Hal ini berarti susu stroberi cair mempunyai massa jenis yang lebih besar dibanding air.
5. Air (yang baik) tidak mempunyai bau,  sedangkan susu stroberi cair mempunyai bau/aroma
6. Air tidak sanggup basi/ busuk,  sedangkan susu stroberi cair sanggup basi/ busuk.
7. Titik didih susu stroberi cair lebih tinggi dari air.
8. Titik beku susu stroberi cair lebih rendah dari air.

b. Metode pemisahan yang sesuai untuk memisahkan zat-zat penyusun susu stroberi mustahil dengan disaring alasannya yaitu campurannya homogen dan ukuran partikel sudah sama. Metode yang sempurna yaitu penyulingan/destilasi yaitu pemisahan gabungan yang prinsip kerjanya didasarkan pada perbedaan titik didih dari zat yang bercampur.

9. Jelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia suatu zat. Tetapi sebelumnya isilah Tabel 3.12 di bawah ini.
Tabel 3.12 Perubahan wujud zat
Perubahan Zat Wujud Awal Wujud Akhir Terbentuk/Tidak
Terbentuk Zat Baru
Air didinginkan
pada suhu 0°C
Air dipanaskan
pada suhu
100°C
Pembakaran
lilin
Fermentasi
Karat besi
Sabun
Jawab:
1.wujud awal: cair
  .wujud selesai : padat
  .tidak terbentuk zat baru

2.wujud awal : cair
   .wujud akhir: gas
   .tidak terbentuk zat baru

3.wujud awal : padat
  .wujud selesai : cair
  .tidak terbentuk zat baru

4.wujud awal :cair
  .wujud selesai :cair
  .terbentuk zat baru

5.wujud awal :padat
  .wujud akhir: padat
  .terbentuk zat baru

6.wujud awal : padat
  .wujud selesai : cair
  tidak terbentuk zat baru

10. Kelompokkan bencana di bawah ini kedalam tabel menjadi kelompok perubahan fisika atau kimia.
a. Kayu dibentuk menjadi meja dan kursi.
b. Batu dipotong menjadi kerikil.
c. Nasi menjadi basi.
d. Kapur barus menyublim.
f. Singkong difermentasi menjadi tapai.
g. Kertas dibakar menjadi abu.
h. Lilin meleleh ketika dipanaskan.
i. Pembakaran kembang api.
Tabel 3.13 Contoh-contoh perubahan fisika dan kimia
No Perubahan Kimia No Perubahan Fisika
Jawab:
Perubahan fisika:
a.kayu yang dibentuk menjadi meja dan kursi
b.batu yang dipotong menjadi kerikil  
d.kapur barus meyublim
e.alumunium menjadi sendok garpu
h.lilin meleleh ketika dipanaskan

Perubahan kimia:
c.nasi bermetamorfosis basi
f.singkong difermentasi menjadi tape
g.kertas dibakar menjadi abu
i.pembakaran kembang api


Sumber http://www.bastechinfo.com