Sunday, February 11, 2018

√ Faktor - Faktor Pembentuk Kepribadian

Kepribadian seseorang terbentuk menurut proses perpaduan antara faktor  √ Faktor - Faktor Pembentuk Kepribadian

  Faktor - Faktor Pembentuk Kepribadian

   Kepribadian seseorang terbentuk menurut proses perpaduan antara faktor - faktor pembawaan yang dimiliki seseorang dari leluhurnya dengan faktor - faktor lingkungan yang diperoleh seseorang melalui proses sosalisasi dan pergaulan sepanjang hidup. Demikian juga orang yang bergaul di lingkungan masyarakat yang berbeda - beda akan menghasilkan suatu proses pembentukan kepribadian yang berbeda - beda pula.

   Faktor - faktor yang memengaruhi proses pembentukan kepribadian seseorang sebagai berikut.

   A. Faktor Pembawaan

   Faktor pembawaan yaitu faktor - faktor yang berupa bawaan dari leluhurnya berasal dari ayah, ibu, kakek dan nenek dari ayah maupun dari ibu.

   B. Faktor Environment / Lingkungan

   1) Lingkungan Keluarga

   Situasi lingkungan keluarga sangat memengaruhi proses pembentukan kepribadian. Oleh alasannya yaitu pada masa kanak - kanak seorang individu sangat efektif proses awal pembentukan kepribadiannya dengan menjiplak dan memerhatikan sikap orang - orang yang ada di lingkungan keluarganya terutama yaitu ayah dan ibunya.

   2) Lingkungan Pendidikan

   Lingkungan pendidikan yaitu lingkungan sekolah semenjak taman kanak - kanak hingga akademi tinggi. Situasi pendidikan di mana seorang individu bersekolah juga sangat efektif dalam proses pembentukan kepribadiannya. Dengan pinjaman bekal pengetahuan nilai - nilai dan pendidikan - pendidikan kebijaksanaan pekerti maka seorang individu akan dikuatkan fondasi kepribadiannya dalam proses kepribadian yang dewasa.

   Dalam suatu kegiatan pendidikan sebetulnya telah diperhatikan materi - materi yang akan diberikan kepada akseptor didik melalui kegiatan pengajaran. Akan tetapi, tidak semua sekolah memiliki perangkat dan kemampuan untuk melakukan proses pembekalan ataupun penyampaian kegiatan - kegiatan pengajaran dalam pikiran akseptor didik.

   3) Lingkungan Pergaulan (lingkungan kerja)

   Lingkungan pergaulan intinya yaitu lingkungan di mana seorang individu secara efektif menghabiskan waktunya pada lingkungan tersebut. Lingkungan ini sanggup berupa sobat sepermainan, lingkungan setempat maupun lingkungan daerah kerja. Pada pergaulan di lingkungan sepermainan pada umumnya individu bergaul dengan orang lain yang sebaya.

   4) Media Massa

   Media massa memiliki tugas cukup efektif dalam proses pembentukan kepribadian. Peran media yaitu ketika seorang individu mulai mengenal buku, majalan, koran, radio, televisi, VCD, internet dan lain - lain. Hal ini juga sanggup mengarah pembentukan kepribadian yang tidak diinginkan.

   5. Lingkungan Masyarakat Luas

   Komponen yang terakhir yang mensugesti proses pembentukan kepribadian seseorang yaitu lingkungan masyarakat luas.

Sumber http://falah-kharisma.blogspot.com