Thursday, February 8, 2018

√ Ciri - Ciri Hard Disk Rusak Yang Wajib Diketahui

 Pada artikel ini masih ihwal kesehatan hardisk yaitu beberapa ciri  √ Ciri - Ciri Hard Disk Rusak Yang Wajib Diketahui

Pada artikel ini masih ihwal kesehatan hardisk yaitu beberapa ciri - ciri hardisk rusak atau bermasalah yang tentu sangat berbahaya. Saya pikir semua yang membaca ini sudah mengetahui apa itu hardisk.

Dan menyerupai apa yang kau ketahui bahwa hardisk sangat berperan dalam beberapa alat teknologi, menyerupai komputer, laptop, ps, dan masih banyak lagi. Apabila hardisk rusak parah, dalam artian tidak dapat dipakai lagi maka otomatis semua file yang ada di dalamnya tidak dapat dibuka bahkan rusak.

Maka dari itu selain melaksanakan pengecekkan kesehatan hardisk, kau juga perlu mengetahui ciri umum hardisk rusak. Kenapa ? Karena apabila kau mengetahui beberapa ciri hardisk bermasalah, maka secara impulsif akan segera melaksanakan backup data penting sebelum semua data tersebut hilang begitu saja.

Berikut beberapa ciri hardisk rusak, baik itu HDD yang ada di laptop, komputer, ps2, ps3, hardisk internal atau mungkin hardisk eksternal.

Ciri Umum Adanya Kerusakan Pada Hard Disk

1. Proses Loading Terasa Lambat

Ciri pertama dan paling sering ditemukan yakni proses loading menjadi terasa lambat. Misalnya dalam laptop, dimana waktu untuk booting atau membuka sebuah aplikasi menjadi lambat atau tidak menyerupai biasanya. Bahkan apabila sudah parah, terkadang ketika membuka file juga Explorer menjadi "Not Responding".

Memang loading lambat menyerupai itu dapat disebabkan juga lantaran adanya virus berbahaya yang masuk ke sistem hingga merusaknya. Maka tidak heran apabila proses loading menjadi lambat banyak yang memberi saran untuk melaksanakan install ulang.

Namun apabila sudah di install ulang dan masih saja lambat, dapat dipastikan itu lantaran hardisk yang sudah rusak. 

2. Aplikasi atau Data Hilang Sendiri

Ciri hardisk rusak selanjutnya yaitu apabila kau menginstall aplikasi dan datang - datang hilang sendiri, begitu juga dengan data - data menyerupai dokumen, musik, video, dll. Saya pernah mengalami ciri yang satu ini, dimana ketika itu saya menginstall game yang cukup terkenal dan datang - datang game tersebut hilang sendiri sehabis komputer di restart.

Aplikasi atau data yang hilang sendiri menyerupai itu kemungkinan besar disebabkan lantaran kinerja atau fungsi dari hardisk sebagai media penyimpanan sudah berkurang atau mungkin tidak dapat (error). Maka tanpa ada perintah apapun, beberapa data hilang begitu saja. Seperti halnya orang bau tanah yang sudah mulai lupa ingatan.

3. Hard Disk Mengeluarkan Bunyi

Tanda bahwa adanya kerusakan pada hardisk yang selanjutnya yaitu terdengar bunyi asing yang tentunya berasal dari hardisk. Suara asing disini biasanya berbunyi "krek krek krek" atau berderit yang mana biasanya berbunyi ketika sedang membuka aplikasi atau file lainnya.

Namun apabila kerusakan sudah cukup parah, bunyi menyerupai itu biasanya berbunyi dari mulai laptop atau komputer di hidupkan.

Tapi untungnya untuk persoalan hardisk berbunyi masih dapat diatasi walaupun tidak semua berhasil. Untuk lebih jelasnya silahkan masuk ke artikel :

4. Blue Screen

 Pada artikel ini masih ihwal kesehatan hardisk yaitu beberapa ciri  √ Ciri - Ciri Hard Disk Rusak Yang Wajib Diketahui

Blue Screen secara sederhananya yaitu instruksi error yang muncul ketika booting dan di tandai dengan layar di monitor menjadi biru dengan instruksi error tersebut. Kejadian ini terjadi apabila sistem crash (rusak) dan instruksi yang muncul yakni petunjuk akan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut.

Blue screen memang bukan tanda hardisk rusak. Namun untuk memastikannya kau dapat mencoba untuk masuk ke safe mode, apabila di safe mode blue screen tidak terjadi maka persoalan disebabkan lantaran ada virus pada sistem.

Akan tetapi apabila dalam safe mode blue screen masih terjadi, hal tersebut merupakan ciri ada kerusakan pada Hard Disk atau RAM.

5. Hard Disk Sulit di Format

Ciri hardisk rusak yang selanjutnya yaitu ketika mulai susah memformat partisi di laptop atau komputer. Dimana ketika proses format biasanya terjadi kegagalan atau memang sudah berhasil di format tapi semua file masih ada (tidak terformat).

Hal ini terjadi ketika fungsi hardisk sudah mulai menurun, dimana tidak dapat melaksanakan scan secara tepat sehingga pemformatan juga tidak sempurna. Namun untuk persoalan ini masih dapat diatasi dengan melakukan Disk Defragment secara teratur, contohnya 1 bulan sekali.

6. Tidak Bisa Copy atau Membuka File

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa apabila hardisk rusak, ia tidak dapat melaksanakan pekerjaan ia menyerupai biasanya. Seperti halnya melaksanakan copy paste bahkan membuka data yang ada di hardisk tersebut.

Ketika hardisk sudah mulai bermasalah, ia tidak dapat melaksanakan hal tersebut menyerupai biasanya, bahkan sering terjadi "Not Responding". Masalah menyerupai ini memang tidak begitu fatal, kau dapat mengatasi nya dengan cara melaksanakan disk defragment juga.

7. Hard Disk Tidak Terdeteksi

Ciri hardisk rusak yang terakhir dan cukup berbahaya yaitu ketika hardisk tidak terdeteksi sama sekali, sedangkan semua kabel masih anggun dan mencolok dengan benar. Tanda menyerupai ini biasanya proses booting Windows tidak ada hentinya bahkan layar menjadi blank hitam.

Adapun untuk mengetahui apakah hardisk benar - benar menghilang yaitu dengan masuk ke BIOS. Disana kau tidak akan menemukan satu pun partisi, padahal hardisk sedang dipakai (mencolok). Tanda menyerupai ini biasanya muncul apabila kerusakan hardisk sudah cukup parah yang biasanya disebabkan lantaran overheating.

Bagaimana Cara Memastikan Hard Disk Rusak atau Tidak ?

Setelah memahami beberapa ciri umum adanya kerusakan pada hardisk diatas, hal selanjutnya yang perlu kau lakukan yaitu memastikan bahwa hardisk benar - benar rusak atau tidak. Jangan hingga mengklaim bahwa hardisk memang sudah rusak dan harus diganti, sedangkan yang terjadi yakni kerusakan dari komponen lain atau sistem operasi yang error.

Adapun untuk memastikannya kau dapat masuk ke artikel : Cara Cek Kesehatan Hard Disk, lantaran disana saya menjelaskannya dengan aneka macam metode dan dapat kau coba satu persatu.

Kaprikornus itulah beberapa ciri hardisk rusak yang perlu kau ketahui, silahkan analisis hardisk sesuai dengan beberapa tanda kerusakan yang sudah saya jelaskan. Apabila ada satu atau beberapa ciri terjadi, segera backup data dan lakukan perbaikan pada hardisk tersebut.

Sumber http://www.siddiqrn.net/