Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum – Kali ini akan diulas ihwal definisi berguru yang benar, hal ini dikarenakan banyak sekali literatur yang berbeda beda dalam memahami makna dan arti belajar. Para jago pun berbeda beda dalam menjelaskan dan mendefinisikannya.
Menurut wikipedia, berguru yakni perubahan yang relatif permanen dalam sikap atau potensi sikap sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akhir adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah berguru sesuatu kalau ia sanggup mengatakan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, dalam berguru yang penting yakni input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons.
Pengertian berguru bisa diartikan sebagai semua acara mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menyebabkan perubahan tingkah laris yang berbeda antara setelah berguru dan sebelum belajar. Yaitu berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laris atau jawaban yang disebabkan oleh pengalaman.
Belajar bisa juga didefinisikan sebagai sebuah proses perubahan di dalam keperibadian insan dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laris menyerupai peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan kemampuan – kemampuan yang lain. Yaitu suatu proses didalam kepribadian manusia, perubahan tersebut ditempatkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas.
Kegiatan berguru ini bisa yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di daerah lain menyerupai di museum, di laboratorium, di hutan dan dimana saja.
Belajar merupakan kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap jenjang pendidikan. Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan berguru merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting dalam keseluruhan proses pendidikan.
Pengertian Belajar Menurut KBBI
Definisi berguru berdasarkan KBBI yakni berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laris atau jawaban yang disebabkan oleh pengalaman.
Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Menurut Winkel
Pengertian berguru yakni semua acara mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252)
Belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menyebabkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya. Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akhir situasi sesaat, menyerupai perubahan akhir kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.
Menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977
Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi berguru dan setelah melaksanakan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akhir adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akhir refleks atau sikap yang bersifat naluriah.
Moh. Surya (1981:32)
Definisi berguru yakni suatu proses perjuangan yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris yang gres keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, berguru yakni perubahan dari diri seseorang.
Menurut Nasution
Belajar yakni menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetehuan.
Menurut W. Gulo (2002: 23)
Pengertian berguru yakni suatu proses yang berlangsung di dalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya, baik tingkah laris dalam berpikir, bersikap, dan berbuat
Menurut Notoatmodjo
Belajar yakni perjuangan untuk menguasai segala sesuatu yang mempunyai kegunaan untuk hidup.
Menurut Djamarah
Belajar yakni serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor.
Menurut Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra (2008)
Pengertian berguru yakni proses yang dilakukan oleh insan untuk mendapat aneka ragam competencies, skills, and attitude. Kemampuan (competencies), keterampilan (skills), dan sikap (attitude) tersebut diperoleh secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan mulai dari masa bayi hingga masa bau tanah melalui rangkaian proses berguru sepanjang hayat.
Menurut Ahmadi A.
Belajar yakni proses perubahan dalam diri manusia.
Menurut Oemar H.
Pengertian berguru yakni bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara – cara berprilaku yang gres berkat pengalaman dan latihan.
Menurut Neohi Nasution
Belajar yakni suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laris sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat utama bahwa perubahan atau munculnya prilaku gres itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara.
Menurut Snelbecker
Belajar yakni harus mengcngkup tingkah laris dari tingkat yang paling sederhana hingga yang kompleks dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor – faktor eksternal.
Menurut Whiterington
Belajar yakni suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respontingkah laris yang gres faktual dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap.
Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004)
Belajar merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman.
Menurut James O. Whittaker.
Belajar yakni proses dimana tingkah laris ditimbulkan.
Menurut Sardiman A.M, (2005:20)
Belajar yakni perubahan dalam penampilan sebagai hasil praktek.
Menurut Cronbach
Belajar yang efektif yakni melalui penglaman.
Menurut Howard L. Kingsley
Pengertian berguru yakni proses dimana tingkah laris (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek dan latihan.
Menurut M. Sobry Sutikno
Suatu proses perjuangan yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang gres sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Menurut Slameto (2003:2)
Suatu proses perjuangan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris yang gres secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Menurut Skinner ( 1985 )
Memberikan definisi berguru yakni “Learning is a process of progressive behavior adaption”, Yaitu bahwa berguru itu merupakan suatu proses penyesuaian sikap yang bersifat progresif atau Belajar merupakan kekerabatan antara stimulus dan respons yang tercipta melalui proses tingkah laris yang bersifat progresif.
Menurut Mc. Beach ( Lih Bugelski 1956 )
Memberikan definisi mengenai belajar. “Learning is a change performance as a result of practice”, Ini berarti bahwa berguru membawa perubahan dalam performance, dan perubahan itu sebagai akhir dari latihan ( practice ).
Menurut Morgan, dkk ( 1984 )
Memberikan definisi mengenai berguru “Learning can be defined as any relatively permanent change in behavior which accurs as a result of practice or experience”, Yaitu bahwa perubahan sikap itu sebagai akhir berguru lantaran latihan (practice) atau lantaran pengalaman ( experience ).
Menurut Hilgarde dan Bower, dalam buku Theories of Learning, ( 1975 )
Mengemukakan definisi berguru bekerjasama dengan perubahan tingkah laris seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laris itu tidak sanggup dijelaskan atau dasar kecenderungan respons pembawaan, pematangan atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan, imbas obat, dan sebagainya.
Menurut Trianto (2010:16)
Proses berguru terjadi melalui banyak cara baik disengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju pada suatu perubahan pada diri pembelajar.
Menurut Ngalim Purwanto (1992 : 84)
Setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
Menurut Hintzman, Douglas L ( The Psychology of Learning and Memor y 1987 )
Arti berguru yakni suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, insan atau hewan, disebabkan oleh pengalaman yang sanggup mempengaruhi tingkah laris organisme tersebut.
Menurut Arno F. Wittig ( Psychology of Learning 1981 )
Definisi berguru yakni perubahan yang relatif menetap yang terjadi dalam segala macam tingkah laris suatu organisme sebagai hasil belajar.
Menurut Vernon S. Gerlach & Donal P. Ely
Dalam bukunya teaching & Media-A systematic Approach (1971) dalam Arsyad (2011: 3) mengemukakan bahwa “belajar yakni perubahan perilaku, sedangkan sikap itu yakni tindakan yang sanggup diamati. Dengan kata lain sikap yakni suatu tindakan yang sanggup diamati atau hasil yang diakibatkan oleh tindakan atau beberapa tindakan yang sanggup diamati”.
Menurut (Imron, 1996:2)
Definisi berguru yakni sebagai suatu perubahan tingkah laris dalam diri seseorang yang relative menetap sebagai hasil dari sebuah pengalaman.
Menurut James Patrick Chaplin ( Dictionary of Psychology 1985 )
Pengertian berguru dibatasi dengan dua macam rumusan. Rumusan pertama Belajar yakni perolehan perubahan tingkah laris yang relatif menetap sebagai akhir latihan dan pengalaman. Rumusan kedua Belajar ialah proses memperoleh respons-respons sebagai akhir adanya latihan khusus.
Menurut Spears
Belajar yakni mengamati, membaca, imited, untuk mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti arahan.
Menurut Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif ( 2005 )
Pengertian berguru yakni suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laris menyerupai peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.
Menurut Muhibbin
Muhibbin beropini definisi berguru yakni kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.
Menurut Bower (1987;150)
Bower beropini Belajar yakni ditunjukkan oleh perubahan yang relatif tetap dalam sikap yang terjadi lantaran adanya latihan dan pengalaman-pengalaman. Kemudian berdasarkan Bower (1987: 150) “Learning is a cognitive process”. Belajar yakni suatu proses kognitif.
Menurut Margaret Gredler, 1994
Definisi berguru yakni proses orang memperoleh aneka macam kecakapan, keterampilan, dan sikap. Sehingga penerima didik sanggup mengetahui hal-hal yang gres dan sanggup meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya, mengubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari yang salah menjadi benar, dan dari kurang baik menjadi baik.
Demikianlah artikel ihwal pengertian berguru berdasarkan para jago pendidikan, KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan secara umum lengkap. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi tumpuan dalam memahami definisi berguru yang benar.
Bagikan :
Facebook
Tweet
Whatsapp