Monday, January 1, 2018

√ Ht Kaskus: Mengenal Cara Kerja Mesin Jet

TS: miko96001
Tgl Post: 13-02-2012, 03:56 PM
Alamat Post


Mesin Jet (Aircraft Power Plant)


Quote:
Quote:
 ialah salah satu obyek yang selalu menarik untuk  disimak √ HT KasKus: Mengenal Cara Kerja Mesin Jet

 ialah salah satu obyek yang selalu menarik untuk  disimak √ HT KasKus: Mengenal Cara Kerja Mesin Jet

Pesawat terbang, ialah salah satu obyek yang selalu menarik untuk disimak. Kali ini kita akan melihat perkembangan salah satu “organ vital” pesawat terbang yaitu mesin pendorong yang berjenis mesin Jet atau dalam dunia penerba*ngan biasa disebut Aircraft Power Plant
Mengapa disebut sebagai “organ vital” tentu saja…mesin Jet ini menyerupai organ jantung pada insan yang berfungsi mengatur denyut nadi, juga tekanan darah, yang secara umum pada alhasil memilih kelangsungan hidup insan itu sendiri.Apabila jantung insan berhenti, maka seluruh acara kehidupan yang ditunjang olehnya juga akan berhenti. Begitupun dengan mesin pesawat terbang. Apabila mesin itu mati lantaran suatu hal, maka secara umum sistem internal di dalam pesawat itu akan terancam kelangsungan hidupnya. Hal ini disebabkan lantaran mesin itu menyediakan fungsi sistem-sistem internal yang ada di dalam pesawat terbang tersebut. Sistem apa sajakah itu?

Sistem-sistem tersebut ialah Sistem Kelistrikan (Electrical System), Sistem Hidrolis (Hydraulic System), Sistem Tekanan Kabin (Pressurization System), Sistem Kendali Pesawat Terbang (Flight Control System), serta sistem-sistem sekunder lain yang ada dalam pesawat terbang.

Roda pendarat sangat tergantung dengan adanya Sistem Hidrolis ini.Penumpang di dalam pesawat terbang sangat tergantung dengan keberadaan sistem tekanan kabin, semoga sanggup bernapas dengan leluasa serta normal mirip layaknya diatas daratan.Sang penerbang pun sa*ngat tergantung dengan sistem kelistrikan, supaya alat navigasi, alat komunikasi, serta alat-alat penunjuk lain sanggup diandalkan. Sehingga sanggup dibayangkan seandainya mesin pesawat terbang tersebut berhenti bekerja, maka semua sistem diatas akan berhenti juga. Itulah sebabnya mesin pesawat terbang mempunyai tugas sebagai “organ vital”.Dahulu ketika pesawat terbang berhasil dibentuk oleh Wright bersaudara, satu-satunya tenaga penggagas dan pendorong ialah mesin sederhana yang menggerakkan baling-baling.Baling-baling itu kemudian mengakibatkan daya dorong (thrust), yang didukung oleh profil tertentu sayap pesawat, sehingga mengakibatkan gaya angkat (lift ). Gabungan dari daya dorong dan gaya angkat itulah yang membuat pesawat terbang bisa mengudara mirip yang kita lihat.

Tentunya dua gaya itu harus lebih besar dari dua gaya “lawannya”, yaitu gaya berat (weight) dan hambatan(drag). Seiring berjalannya waktu, mesin berbaling-baling dirasakan tidak mencukupi lagi kebutuhan insan untuk sanggup menikmati pesawat terbang. Hal ini disebabkan pesawat berbaling-baling (Propelled Aircraft) mempunyai keterbatasan dalam hal ketinggian jelajah, pemborosan materi bakar, jarak tempuh, serta waktu tempuh penerbangan. Para insinyur penerbangan ingin membuat pesawat terbang yang bisa menjelajah pada ketinggian yang optimal sekaligus menghemat materi bakar, memanfaatkan massa udara yang sedikit untuk dimampatkan kemudian menghasilkan daya dorong yang spektakuler, serta bisa menempuh jarak yang cukup jauh dengan waktu tempuh yang pendek. Terdengar hampir tidak mungkin memang. Namun, para insinyur pe*nerbangan bersungguh-sungguh ingin mewujudkan cita-cita itu. Untuk memenuhi “ambisi” ini, maka dibuatlah mesin Jet.

Quote:
Quote:


Prinsip Prinsip Daya Dorong Jet


 ialah salah satu obyek yang selalu menarik untuk  disimak √ HT KasKus: Mengenal Cara Kerja Mesin Jet
Apa arti Jet sebenarnya? Darimana konsep Jet itu berasal? Siapakah insan pertama yang menemukannya? Jet artinya pancaran atau semprotan.Konsep reaksi Jet pertama kali dipercaya oleh para ilmuwan dari sebuah alat permainan di negeri Romawi kuno yang dikenal dengan sebutan Hero’s Engine. Alat permainan ini dipercaya dibentuk pada masa 120 tahun SM. Alat ini menggambarkan bahwa gaya/momentum (berupa uap) yang dikeluarkan oleh lisan Jet itu bisa menghasilkan reaksi yang sama besar dengan daya dorong Jet itu sendiri.Kedua Jet kecil itu memancarkan tekanan yang berakibat kedua Jet itu bergerak berputar putar. Kemudian hasilnya Hero’s Engine-pun berputar oleh dorongan kedua Jet itu.

Ilmuwan Fisika terkenal, Sir Isaac Newton juga merumuskan dalam hukumnya yang ketiga, aturan Aksi dan Reaksi. Hukum itu menyatakan “Setiap gaya yang beraksi pada suatu benda, akan menghasilkan reaksi gaya yang berlawanan arah yang sama besarnya”. Dari sinilah para insinyur penerbangan memulai bekerja membuat suatu Mesin Jet yang menjadi tenaga pendorong pesawat terbang.

 ialah salah satu obyek yang selalu menarik untuk  disimak √ HT KasKus: Mengenal Cara Kerja Mesin Jet

Tahun 1913 seorang insinyur Perancis berjulukan Rene Lorin, mematenkan sebuah konsep Mesin berdaya dorong Jet. Tetapi ini ternyata barulah sebuah teori, lantaran pada masa itu belum ada manufaktur atau produsen yang bisa membuat mesin Jet yang berdasar pada teori ini, meskipun ketika ini ternyata Ram Jet (salah satu metoda mesin Jet modern) memakai konsep Lorin ini.

Tahun 1930 Frank Whittle dipercaya telah mematenkan karyanya, yaitu sebuah mesin gas turbin yang menghasilkan daya dorong Jet. Tetapi inipun masih berupa teori juga. Mesin gas turbin ini gres selesai sebelas tahun kemudian olehnya melalui uji terbang terlebih dahulu.Konsep mesin gas turbin bertipe Turbo Jet buatan Frank Whittle ini kelak digunakan oleh salah satu manufaktur Mesin Jet terkemuka di dunia yaitu Rolls-Royce Welland.
Quote:
Quote:

Beberapa Metoda Daya Dorong Jet


Semua jenis mesin Jet sebetulnya sama. Yaitu sama-sama dihasilkan dari materi bakar dicampur udara yang telah dimampatkan kemudian dibakar, sehingga menghasilkan energi berupa daya dorong untuk terbang. Perbedaannya hanyalah pada “cara memasak” materi bakar plus udara dan pembakarannya saja. Cara memasak diatas disebut Metoda. Bebe*rapa Metoda itu ialah Ram Jet,Pulse Jet,Rocket,Gas Turbine,Turbo/Ram Jet atau Turbo Rocket.

 ialah salah satu obyek yang selalu menarik untuk  disimak √ HT KasKus: Mengenal Cara Kerja Mesin Jet

Masing masing metoda daya do*rong Jet diatas mempunyai keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri.Tergantung tujuan dan keperluan penggunaannya. Untuk kepentingan pesawat terbang militer tentunya berbeda dengan kepentingan pesawat komersial.

Pesawat Jet militer (fighting aircraft) membutuhkan karakteristik mesin Jet yang tangguh, lincah, fleksibel, dan bertenaga besar untuk mengejar dan memburu lawannya, sekaligus berkelit dari incaran lawan. Sementara itu, pesawat Jet komersial (Jetliner) memerlukan mesin Jet yang sanggup diandalkan pada beberapa keadaan cuaca yang terkadang buruk, gampang dioperasikan ketika keadaan absurd apalagi darurat, hemat materi bakar, biaya perawatan yang murah dan mudah, disamping mempunyai kemampuan menanjak yang optimum. Dalam hal ini pilihan wacana jenis atau metoda mesin Jet se*perti diatas menjadi sangat penting.( Sigit, pilot maskapai BUMN )

VIDEONYA GAN

Original Posted By IndraEMC ?

Sumber http://campusnancy.blogspot.com