Saturday, December 2, 2017

√ Teks Biografi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, Dan Unsur

- Teks biografi ialah sebuah teks yang mempunyai isi perihal kisah maupun dongeng dari suatu tokoh mengenai kehidupannya, sanggup dalam bentuk kekurangan, kelebihan, masalah, dan semua yang terkait dalam kehidupan tokoh tersebut hingga sanggup dijadikan seorang teladan.

Mungkin sebagian besar dari pembaca artikel ini sudah pernah membaca biografi dari tokoh tertentu. Tetapi, apakah kalian tahu bagaimana hukum pembuatan teks biografi tersebut? Jika belum tahu, mari kita pelajari bersama mulai dari cara penyusunan hingga disebar luaskan terhadap banyak orang.

 Teks biografi ialah sebuah teks yang mempunyai isi perihal kisah maupun dongeng dari suatu √ Teks Biografi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Unsur

Kenapa kita harus mengetahui? Agar kita sanggup menjadi pembaca yang mempunyai wawasan luas dan sanggup menghargai karya seseorang khususnya karya tulis. Sebenarnya ada jenis teks lain yang hampir mirip biografi, misalkan autobiografi. Autobiografi ialah sebuah riwayat hidup di mana penulisnya ialah tokoh itu sendiri. Jadi, biar kau tidak kebingungan dalam membedakannya cara termudah ialah dengan melihat siapa penulisnya apakah, ditulis oleh tokoh itu sendiri ataupun orang lain.

Untuk mulai mempelajarinya kita akan membaginya menjadi 4 bab supaya lebih gampang dimengerti. Adapun bab pembahasan tersebut mirip di bawah ini.

Ciri-Ciri Teks Biografi

  • Harus berisi fakta dari tokoh yang diceritakan.
  • Memberikan info berupa fakta perihal bagaimana cara memecahkan dilema hingga ia patut dijadikan teladan.
  • Mempunyai struktur jelas.

Jenis Teks Biografi

Berdasarkan Penulis
  • Autobiografi: riwayat hidup yang dibentuk oleh tokoh itu sendiri.
  • Biografi: teks yang di dalamnya memuat seluk beluk seorang tokoh mulai dari dilema yang dihadapi, kekurangan, maupun kelebihannya di mana teks tersebut ditulis orang lain.
Berdasarkan Pemberian Izin Penulis
  • Authorized biography: penulis dari biografi jenis ini mempunyai izin dari tokoh bersangkutan untuk menuliskan perihal kehidupannya.
  • Unauthorized biography: biografi yang dibentuk namun tokoh yang menjadi pembahasan tidak mengetahui lantaran alasannya ialah tertentu, mirip telah wafat ketika biografi itu dibuat.

Berdasarkan Isi
  • Biografi perjalanan hidup: mempunyai isi perjalanan selama kehidupan seorang tokoh baik secara lengkap atau hanya pada bab yang mempunyai kesan lebih.
  • Biografi perjalanan karir: merupakan biografi di mana dalam isinya menjabarkan perjalanan dalam karir seseorang yang dianggap sebagai tokoh mulai dari awal hingga masa kesuksesannya.

Berdasarkan Topik/Persoalan
  • Politik: penulisan biografi ini dilihat dari sudut pandang polituik yang informasinya diperoleh dari aneka macam riset. Biasanya tokoh yang dimuat ialah tokoh negara.
  • Intelektual: ini hampir mirip biografi sebelumnya dalam mendapat materi penulisannya, yaitu melalui aneka macam riset. Akan tetapi, gaya penulisan yang dipakai menggunakan bahasa ilmiah.
  • Jurnalistik: penulisan dilakukan sehabis mendapat info dari wawancara kepada tokoh yang dimaksud atau kepada orang yang dipercaya sanggup menjadi tumpuan untuk materi penulisan.

Berdasarkan Penerbit
  • Buku sendiri: sebuah biografi yang memuat info tokoh yang mana oleh pihak penerbit dijadikan sebuah buku dengan semua hal yang dibutuhkan terkait proses buatan ditanggung secara pribadi. Adapun dibuatnya biografi semacam ini ialah untuk dipasarkan pada khalayak umum dan untuk mendapat sorotan publik.
  • Buku subsidi: sebuah buku biografi yang dalam pembuatannya disponsori oleh pihak tertentu. Pada umumnya biografi ini akan susah laris lantaran mempunyai harga jual tinggi.

Struktur Teks Biografi

Orientasi
Orientasi ialah bab awal pengenalan terhadap toko yang akan dibahas, biasanya berisi citra umum mengenai orang tersebut.

Peristiwa dan Masalah
Pada bab ini akan ditemukan info yang pernah dialami oleh tokoh. Informasi tersebut sanggup berupa dongeng masalah, pemecahan masalah, karir, dan hal-hal lain yang pernah dilalui sehingga sanggup mengantarkan orang dalam biografi tersebut mendapat kesuksesan dan terwujudnya cita-cita.

Reorientasi
Ini bersifat optional. Jadi, sanggup dituliskan ataupun tidak. Reorientasi memuat pandangan si penulis terhadap orang yang ditulisnya. 

Unsur Kebahasaan Teks Biografi

1. Kata Hubung
Kata hubung ialah sebuah kata yang mempunyai fungsi untuk menyambung antarkata dalam sebuah kalimat serta antara beberapa kalimat yang berurutan. Jika kata tersebut difungsikan untuk menghubungkan antara kata satu dengan lainnya dalam kalimat maka disebut sebagai konjungsi intrakalimat. 

Contoh: tetapi, kemudian, dan, lalu

Namun, jika difungsikan untuk menghubungkan antara kalimat satu dengan lainnya, kata hubung itu disebut sebagai konjungsi antarkalimat.

Contoh: Akan tetapi, tetapi, oleh lantaran itu, dan meskipun begitu

2. Rujukan Kata
Rujukan kata ialah sebuah kata yang biasanya merujuk pada kata yang mana telah diungkapkan sebelum kata tumpuan itu digunakan. Ada beberapa kategori kalimat tumpuan yang sanggup Anda ketahui mirip pola berikut.
  • Rujukan benda ataupun hal: tersebut, ini, itu
  • Rujukan tempat: di situ, di mana, di sana
  • Rujukan orang: ia, mereka, dia, -nya

3. Peristiwa, Waktu, serta Tempat
Dalam sebuah biografi ada kata yang mempunyai fungsi untuk memperlihatkan waktu, peristiwa, serta daerah yang pernah dialami oleh tokoh yang dimuat.

4. Kata Kerja
Kata kerja ialah kata yang menjadi penjelas suatu acara atau hal yang dilakukan tokoh dalam biografi. Kata kerja sendiri sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu didasarkan pada bentuk dan jenis.

Berdasarkan Bentuk

Kata kerja dasar: sebuah kata kerja di mana dalam penggunaannya masih dalam bentuk orisinil atau dasar dan belum mengalami penambahan imbuhan bagik itu sisipan, akhiran maupun awalan. (Contohnya: ambil, pergi, ajak)
Kata kerja berimbuhan: kata kerja ini sudah mengalami penambahan baik penambahan awalan, akhiran, atau sisipan. (Contohnya: me + ajak = mengajak)

Baca juga: Surat Lamaran Kerja

Pembahasan teks biografi di atas dibutuhkan sanggup memperlihatkan edukasi kepada para pembaca biar sanggup memahami lebih dalam perihal bagaimana pembuatan, ciri-ciri, jenisnya, struktur serta unsur yang terkandung dalam teks biografi. Terima kasih sudah berkunjung di www.ifabrix.com.

Sumber http://www.ifabrix.com/