Saturday, December 2, 2017

√ 13+ Ciri-Ciri Cerpen Beserta Karakteristik Dan Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-ciri cerpen – Pengertian cerpen yaitu kisah yang pendek. Sesuai namanya, sebuah cerpen haruslah pendek dan singkat dan sanggup dibaca dengan cepat. Terdapat unsur-unsur dan struktur cerpen yang ada pada jenis karangan ini. Selain itu juga ada ciri-ciri dan karakteristik cerpen yang khas pada kisah pendek.


Jika dijabarkan, pengertian cerpen secara umum yaitu karangan pendek yang mengisahkan seorang tokoh dengan sebuah problem beserta penyelesaiannya. Cerpen bersifat fiktif dan jumlah katanya tidak lebih dari 10 ribu kata. Cerpen sanggup dibaca dalam sekali duduk sebab bersifat pendek dan singkat.


Terdapat beberapa unsur-unsur cerpen. Unsur intrinsik cerpen yaitu tema, plot atau alur, penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan pesan. Sementara unsur ekstrinsik cerpen adalah latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang serta nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen.


Selain itu juga ada ciri-ciri dan karakteristik cerpen yang selalu ada di tiap kisah pendek. Ciri-ciri teks cerpen inilah yang membedakan cerpen dengan novel dan jenis karangan lainnya. Lantas apa saja ciri-ciri cerpen dan karakteristiknya?


(baca juga struktur teks eksposisi)


 Pengertian cerpen yaitu kisah yang pendek √ 13+ Ciri-Ciri Cerpen Beserta Karakteristik dan Penjelasannya [Lengkap]


Ciri-Ciri Cerpen


Berikut akan kami jelaskan 13 ciri-ciri cerpen beserta penjelasannya lengkap, baik dari segi bahasa, plot cerita, penokohan, panjang kata dan lain-lain.


1. Jalan ceritanya pendek


Sesuai namanya, ciri-ciri cerpen yang paling utama yaitu ceritanya pendek dan singkat. Dalam sebuah cerpen harus lebih pendek dari novel yang ceritanya lebih panjang dan lebih detail. Umumnya panjang cerpen antara 3 hingga 10 halaman buku.


2. Maksimal 10 ribu kata


Tidak ada hukum niscaya memang, namun pada umumnya cerpen dilarang lebih dari 10.000 kata. Hal ini kemudian banyak diakui sebagai salah satu karakteristik cerpen. Artinya sebuah cerpen harus mempunyai jumlah kata di bawah 10 ribu kata.


3. Bersifat fiktif


Ciri-ciri cerpen berikutnya yaitu kisah yang ada pada cerpen bersifat fiktif. Cerita yang disajikan yaitu buah anutan dari penulis, sanggup dari imajinasi atau pengalaman, namun semuanya bersifat fiktif atau tidak terjadi pada kehidupan di nyata.


4. Hanya mempunyai 1 alur kisah saja


Ciri cerpen yang khas yaitu cerpen hanya mempunyai alur tunggal. Artinya plot kisah pada cerpen hanya mempunyai 1 alur kisah saja. Tidak ada sub-plot atau alur kisah lain yang ada pada cerpen. Terdapat 1 alur berupa problem dan penyelasaiannya di final cerita.


5. Ceritanya wacana kehidupan sehari-hari


Secara umum, isi cerpen biasanya menceritakan wacana kehidupan sehari-hari. Penggambaran kisah cerpen pun mempunyai setting yang cukup familiar dengan pembacanya yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang dijalani tanpa unsur-unsur fantasi lainnya.


6. Dapat selesai dibaca sekali duduk


Cerpen merupakan kisah pendek yang kurang dari 10 ribu kata. Umumnya cerpen sanggup dibaca dalam waktu singkat. Dengan kata lain, tidak membutuhkan waktu usang untuk membaca keseluruhan isi kisah cerpen menyerupai novel. Cerpen sanggup selesai dibaca dengan sekali duduk.


7. Alur ceritanya lurus


Masih berafiliasi dengan plot cerita, karakteristik cerpen lainnya yaitu mempunyai alur kisah yang lurus. Sebelumnya telah dibahas bahwa pada cerpen mempunyai alur kisah tunggal. Selain itu alur kisah pada cerpen juga bersifat lurus atau maju sesuai kronologi waktu.


8. Penokohan kisah sangat sederhana


Salah satu hal yang membedakan cerpen dengan novel yaitu penokohan pada cerpen sangatlah sederhana, tidak mendalam serta singkat. Hal ini tentu berbeda dengan novel atau karangan lain dimaan penokohan satu tokoh sangat detail dan mendalam.


9. Tidak menggambarkan semua kisah tokohnya


Selain penokohan yang sederhana, pada cerpen tidak menggambarkan semua kisah para tokohnya. Hal ini sebab dalam cerpen yang digambarkan hanyalah inti sarinya saja. Artinya hanya tokoh utama saja yang diberi penokohan dan menjadi fokus cerita.


10. Terdapat problem atau konflik dan penyelesainnya


Dalam cerpen akan ada suatu problem atau konflik yang dihadapi oleh tokoh utama cerpen. Hal ini menjadi plot dasar yang selalu ada pada tiap cerpen. Selain itu di pecahan final akan dijelaskan tahap penyelesaian problem atau konflik tersebut.


11. Menggunakan kata yang sederhana


Ciri-ciri teks cerpen berikutnya yaitu penggunaan kata yang sederhana dan ekonomis. Hal ini berbeda dengan kata pada puisi yang cenderung menonjolkan diksi dan estetika. Pemilihan kata pada cerpen cenderung mudah sehingga gampang dipahami oleh pembaca atau orang awam.


12. Memiliki pesan atau amanat


Pada sebuah cerpen biasanya mengandung sebuah intisari berupa pesan atau amanat yang sanggup diambil. Memang pesan ini tidak tersurat secara jelas, melainkan hanya tersirat. Dengan kata lain, pembaca sanggup mengambil hikman dan kesan dari isi cerita.


13. Meninggalkan kesan bagi pembacanya


Ciri-ciri cerpen selanjutnya yaitu cerpen kerap kali meninggalkan kesan yang mendalam bagi pembacanya. Kesan yang ditinggalkan dari cerpen tersebut sangat mendalam sehingga pembaca sanggup ikut mencicipi kisah dari kisah yang ada pada cerpen tersebut.


Nah demikian rujukan ciri-ciri cerpen dan klarifikasi lengkapnya beserta pengertian, unsur-unsur dan struktur cerpen selengkapnya.


 




Sumber https://www.zonareferensi.com