Faktor Pageone: Bersaing di Halaman Teratas Google - Semakin banyak suatu keyword yang dicari banyak orang, maka semakin besar pula peluang persaingan antar web untuk berlomba-lomba menciptakan artikel tersebut. Para blogger mengaharapkan konten yang mereka buat nantinya di kunjungi banyak orang, oleh lantaran itu berada di pageone google yaitu tujuan pertama mereka untuk bisa mendapat pengunjung secara organik. Faktor pageone bisa dari internal ataupun eksternal.
Oke, tidak semua web atau blog menciptakan artikel hanya semata mata untuk berada di halaman teratas google. Mungkin mereka hanya sekadar ingin membuatkan info atau hobi yang secara terus menurus dan konsisten selalu mempublikasikan konten mereka kepada peselancar internet.
Tetapi tidak untuk pencari recehan uang di internet. Mereka akan selalu berusaha menciptakan bagaimana caranya biar konten yang mereka buat muncul di pencarian pertama google. Tetapi tidak semuanya begitu, bisa juga mereka yang hobi blogging juga sambil mencari laba lewat blog dengan memasang iklan. Semakin banyak orang yang melihat atau meng klik iklan itu maka semakin besar pendapatannya. Itulah kenapa banyak blogger yang ingin artikelnya masuk pageone.
Jika Kamu ingin mengetahui apa saja yang menjadi faktor suatu artikel bisa menjadi rangking satu, simak pembahasan ini hingga selesai.
Apa saja faktor pageone tersebut?
1. Faktor jumlah orang yang mencari keyword tersebut
Setiap keyword niscaya memiliki jumlah pencarian yang berbeda. Terdapat keyword dengan tingkat pencarian rendah dan ada yang tinggi. Ini yang menjadi faktor artikelmu bisa pageone atau tidak. Mari kita ulas.
Sebuah keyword memiliki tiga kategori menurut tingkatan pencarian yaitu :
- rendah (sekitar 100-1000 pencarian)
- sedang (sekitar 10000-100 ribu pencarian)
- tinggi (sekitar 100 ribu keatas)
Tetapi tidak menutup peluang terdapat keyword dengan jumlah pencarian tinggi tetapi tingkat persaingan rendah.
Ini tergantung keyword apa yang akan Kamu bidik untuk sebuah artikel. Jika Kamu menentukan keyword dengan tingkat pencarian sedang atau bahkan rendah, maka semakin tinggi peluang untuk masuk halaman pertama google. Saat Kamu menentukan untuk menembak keyword dengan persaingan tinggi dan jumlah di cari banyak peluang akan semakin kecil. Tetapi tidak menutup kemungkinan dengan seo onpage dan offpage bisa menciptakan artikel bertengger di peringkat pertama.
Faktor tersebut merupakan faktor eksternal pageone. Untuk itu Kamu harus bijak dalam menentukan sebuah kata kunci yang ingin di dibidik sebelum menciptakan artikel.
2. Backlink yang bisa meningkatkan otoritas blog
Siapa bilang ketika ini backlink tidak kuat di serp google. Nyatanya blig yang artikelnya banyak menempati pageone google memiliki backlink yang tidak sedikit bahkan berkualitas. Coba saja bandingkan blogmu yang gres menciptakan artikel yang isinya ibarat dengan blog yang memiliki backlink berkualitas, contohnya panduanim. Belum tentu kan blog mu akan bertengger menyamai panduanim. Itu lantaran ada faktor backlink yang menghipnotis peringkat serp.
Kenapa backlink bisa meningkatkan otoritas blog? Oke saya jelaskan, misal blog Kamu memiliki artikel yang menarik dan berkualitas dan ternyata Saya akan menciptakan artikel dengan tema yang sama dengan artikelmu. Kemudian Saya menciptakan artikel merujuk ke blogmu. Otomatis blog mu menjadi rujukan dan mungkin saja Saya akan menautkan link artikelmu ke artikel Saya lantaran relevan. Terlebih lagi bila yang dilakukan yaitu tautan link do follow.
Kamu juga bisa membeli backlink di web jasa jual backlink ibarat seostore. Tetapi hati-hati terkadang penyedia jasa mencabut kembali BL tanpa sepengetahuan pembeli. Makara pilih jasa backlink dengan baik.
3. Usia blog atau domain
Sebenarnya usia blog tidak sepenuhnya menjadi faktor sebuah artikel masuk pageone. Tetapi dengan usia blog dan domain yang renta akan memiliki kesempatan yang besar untuk bisa menembus pageone. Google biasanya memiliki kepercayaan yang besar atau menjadi prioritas domain dengan usia yang tergolong renta alasannya yaitu sudah lebih awal terdaftar di google.
Tetapi bukan berarti juga domain yang usianya misal 5 tahun tetapi domain authority nya masih rendah juga bisa nangkring halaman satu. Google juga niscaya mempertimbangkan faktor-faktor lain untuk menjadikan blog itu kredibel dan relevan sesuai pencarian search engine.
4. Pemakaian kata kunci yang tepat
Pemakaian kata kunci yang salah akan mengakibatkan artikel tidak masuk pageone. Jika Kamu menggunakan kata kunci secara berlebihan (stuffing keyword) bisa saja dianggap spam oleh google. Tetapi bila Kamu memperlihatkan keyword yang minimal, artinya tidak banyak kata yang di bidik untuk menjadi keyword maka artikelmu akan karam dan kalah bersaing dengan blog lain.
Penempatan keyword yang pas menjadi kunci yang sempurna bila artikelmu mau di PR 1. Usahakan di setiap paragraf mengandung keyword utama atau turunan yang menjadi titik fokus tema. Paragraf awal dan selesai akan menjadi daerah strategis untuk menempatkan keyword.
5. Nilai DA dan PA yang tinggi
Nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) akan kuat di serp lantaran biasanya dengan nilai yang tinggi maka akan semakin baik peringkat blog tersebut. Untuk mencapai nilai yang yang cukup diharapkan waktu yang tidak cepat. Lakukan update konten yang berkualitas secara konsisten dan visitor akan banyak mengunjungi blogmu. Itulah yang menjadi faktor naiknya DA dan PA. Itulah kenapa banyak blogger yang berburu DA dan PA blog yang tinggi untuk mendapat backlink dari blog itu. Karena bisa mendongkrak peringkat serp di pencarian.
Itulah faktor-faktor apa saja yang menentukan artikel masuk pageone atau tidak. Memang ini hanya belahan kecil dari banyak faktor yang menentukan peringkat pencarian google. Jika Kamu ingin menambahkan faktor apa yang sesuai, silakan komen di bawah.