Monday, December 4, 2017

√ Bagian-Bagian Indera Pendengaran Beserta Fungsi Dan Strukturnya [Lengkap]

Bagian-bagian indera pendengaran dan fungsinya – Telinga termasuk salah satu dari lima panca indra insan selain mata, hidung, pengecap dan kulit. Fungsi indera pendengaran ialah untuk mendengarkan bunyi dan bunyi. Dengan indera pendengaran kita sanggup mendengarkan musik atau bunyi orang lain dengan menangkap getaran dan gelombang di udara.


Fungsi indera pendengaran yang paling utama ialah sebagai indra pendengar bagi manusia. Artinya insan sanggup mendengarkan bunyi atau bunyi dengan telinga. Fungsi indera pendengaran bagi insan yang lainnya ialah untuk menjaga keseimbangan tubuh.


Terdapat beberapa bagian-bagian indera pendengaran manusia. Tiap bab mempunyai tugas dan fungsi masing-masing yang penting dalam proses pendengaran manusia. Ada yang mendapatkan getaran, ada yang menyalurkan gelombang, ada juga yang melindungi bab dalam telinga.


Lantas apa saja fungsi bagian-bagian indera pendengaran insan dan pengertiannya? Kali ini akan dibahas mengenai apa saja bagian-bagian indera pendengaran dan fungsinya beserta struktur indera pendengaran insan secara lengkap dalam proses mendengarkan bunyi atau suara.


(baca juga bagian-bagian mata)


 Telinga termasuk salah satu dari lima panca indra insan selain mata √ Bagian-Bagian Telinga Beserta Fungsi dan Strukturnya [Lengkap]


Bagian-Bagian Telinga


Di bawah ini akan dijelaskan bagian-bagian indera pendengaran beserta fungsinya terdiri dari tiga bab utama indera pendengaran yakni indera pendengaran bab luar, indera pendengaran bab tengah dan indera pendengaran bab dalam beserta bagian-bagian di dalamnya.


Telinga Bagian Luar


Bagian indera pendengaran terluar disebut sebagai indera pendengaran bab luar. Bagian indera pendengaran luar terdiri dari daun indera pendengaran (pinna), liang indera pendengaran (meatus auditorius eksternus) dan gendang indera pendengaran (membran timpani).


Daun Telinga


Bagian terluar dari indera pendengaran ialah daun telinga. Bagian daun indera pendengaran ini disebut juga disebut sebagai pinna. Fungsi daun indera pendengaran ialah untuk membantu mengarahkan bunyi masuk ke dalam liang indera pendengaran dan diteruskan menuju gendang indera pendengaran serta mengatur volume bunyi yang diterima.


Liang Telinga


Liang indera pendengaran disebut juga sebagai meatus auditorius eksternus. Liang indera pendengaran dilapisi oleh kulit berambut halus dan dilengkapi kelenjar keringat. Fungsi liang indera pendengaran adalah untuk menjaga supaya benda aneh tidak masuk lebih dalam. Liang indera pendengaran juga berfungsi untuk meneruskan rangsang bunyi ke gendang telinga.


Gendang Telinga


Gendang indera pendengaran disebut juga sebagai membran timpani. Bentuknya ibarat lembaran bulan serta mempunyai 3 lapisan yaitu lapisan luar, lapisan tengah dan lapisan dalam. Fungsi gendang indera pendengaran adalah membantu proses mendengar, yaitu menghantarkan getaran gelombang bunyi supaya berlanjut menuju indera pendengaran bab tengah dan indera pendengaran bab dalam.


Telinga Bagian Tengah



Telinga bab tengah terletak di antara indera pendengaran bab luar dan indera pendengaran bab dalam. Bagian indera pendengaran tengah terdiri dari tiga tulang pendengaran dan saluran eustachius.


Tiga Tulang Pendengaran


Tiga tulang pendengaran yang ada di saluran indera pendengaran bab tengah terdiri dari tulang martil (malleus), tulang landasan (incus) dan tulang sanggurdi (stapes). Fungsi tiga tulang pendengaran ialah memperkuat dan meneruskan getaran yang diterima dari gendang indera pendengaran menuju indera pendengaran bab dalam.


Saluran Eustachius


Saluran Eustachius merupakan saluran dari bab tengah indera pendengaran yang menghubungkan indera pendengaran ke rongga hidung dan tenggorokan. Fungsi saluran eustachius adalah mengatur keseimbangan tekanan udara sekaligus sebagai penghubung indera pendengaran dan rongga hidung.


Telinga Bagian Dalam


Bagian terdalam indera pendengaran disebut sebagai indera pendengaran bab dalam. Bagian indera pendengaran dalam ini terdiri atas labirin tulang dan labirin membran. Labirin tulang ialah rongga yang terbentuk dari tonjolan tulang pelipis, sementara labirin membran letaknya sama dengan labirin tulang, namun letaknya lebih dalam.


Tulang labirin dibagi ke dalam tiga bab yaitu rumah siput (koklea), vestibula dan kanalis semisirkular. Terdapat pula saraf auditori yang berfungsi untuk meneruskan impuls listrik dari saraf ke jaringan otak.


Rumah Siput


Rumah siput juga disebut sebagai koklea. Fungsi rumah siput ialah untuk mengubah getaran menjadi impuls listrik dan meneruskannya ke otak. Di dalam tabung rumah siput terdapat bab yang terbentuk oleh tulang dan membran koklea, bab ini disebut membran basilaris.


Vestibula


Vestibula ialah bab yang terdiri dari sakula dan utrikula. Keduanya disusun oleh sel rambut dengan struktur khusus yang disebut sebagai macula acustika. Sel rambut pada sakula tersusun secara vertikal. Sedangkan sel rambut pada utrikula tersusun secara horizontal.


Kanalis Semisirkular


Kanalis semisirkular juga disebut sebagai saluran setengah lingkaran. Fungsi kanalis semisirkular ialah untuk menjaga keseimbangan tubuh. Terdapat 3 saluran semirsirkular yakni kanalis semisirkular horizontal, kanalis semisirkular vertikal superior dan kanalis semisirkular vertikal posterior.


Nah demikian rujukan bagian-bagian indera pendengaran dan fungsinya lengkap beserta penjelasannya. Secara umum ada 3 bab utama indera pendengaran ibarat indera pendengaran bab luar, indera pendengaran bab tengah serta indera pendengaran bab dalam. Tiap bagian-bagian indera pendengaran mempunyai fungsi masing-masing dalam proses pendengaran.





Sumber https://www.zonareferensi.com