Friday, December 15, 2017

√ Adat Berinternet

Ada nih cara berinternet yang baik dari dosenku. Makara gak asal-asalan aja berinternet. Berikut ini beberapa budbahasa dikala berinternet:

  1. Jagalah kehormatan anda diinternet sebagai mana anda menjaga dalam kehidupan nyata. Jangan hanya alasannya ialah anda merasa tidak dikenali kemudian berlaku bergairah dan tidak pantas.
  2. Ingatlah bahwa diinternet anda berafiliasi dengan manusia, bukan hanya komputer. Perlakukan mereka sebaik perlakuan yang anda inginkan dari mereka. Bisa juga sebaliknya, perlakuan yang anda terima akan sepadan dengan cara anda memperlakukan mereka.
  3. Jangan memboroskan bandwidth dan waktu saluran dengan mengirim grafik, gambat dan sebagainya kecuali jikalau memang tidak terhindarkan.
  4. Jangan terdorong untuk menjadi kontrofersi. Dunia warta penuh dengan keragaman, hargai pendapat orang lain dan jangan memaksakan pendapat. Jangan memulai/profokasi pertengkaran yang sanggup memecah belah.
  5. Berbagilah pengetahuan yang berharga. Internet akan berkembang terus dan akan semakin gampang diakses. Saling berbagilah untuk meningkatkan kualitas diri.
  6. Hindarkan bawah umur dari warta yang tidak sesuai bagi pertumbuhannya. Internet ialah sebuah warta tanpa batas dan sangat gampang untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Awasilah anak anda dikala mereka memakai internet.
  7. Jangan melanggat hukum. Hukum yang berlaku didunia faktual banyak juga yang berlaku diinternet, termasik hak perorangan, kecurangan dan penyesatan. Hak merk, gangguan, hujatan dan problem kesahan berlaku. Wajarlah jikalau menyerupai didunia nyata.
  8. Hormatilah privasi perseta lainnya. Jangan menyebarkan alamt email orang tanpa izin menyerupai halnya kita tidak menyebarkan nomer seseorang sembarangan. Jangan juga mendaftarkan email orang lain ke milis atau newsgroup tanpa seizin yang bersangkutan.
  9. Jangan memanfaatkan keberadaan anggota group untuk tujuan lain. Keberadaan banyak orang diinternet memang sanggup dimanfaatkan untuk bisnis, tetapi tidak semua milis pantas untuk itu.
  10. Bersiaplah memaafkan kesalahan orang. Internet dihuni oleh banyak orang, bukan komputer. Dan insan sanggup saja berbuat salah. Lakukan pembetulan secepatnya dan jangan segan untuk bertanya atau minta bantuan.
Nah itu ia 10 budbahasa yang harus kita patuhi semoga kita tidak melenceng. Ayo saatnya kita berinternet dengan baik.

Sumber http://campusnancy.blogspot.com