DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN- LatarBelakang ………………………………..........................................................
- Konsep Usaha ………………………………………………………………………
- Visi …………………………………………………………………………………
- Tujuan ………………………………………………………………………………
BAB II. ASPEK PEMASARAN
- PasarKeseluruhan ……………………………………….................................................
- SegmenPasardanKebutuhan ............................................................................................
- FaktorKompetetif……………………………………………………………………….
- RencanaPenjualan …………………………………………………………...................
- PenetapanHarga………………………………………………………………...............
BAB III. PRODUK DAN OPERASI
- JenisProduk ……………………………………………………………………………
- Peralatan Yang Dibutuhkan & Bahan Baku ………………………………...................
- LokasiPenjualan ……………………………………………………………………
- KebutuhanTenagaKerja ………………………………………………………………
BAB IV. BENTUK USAHA
- Nama Usaha ………………………………………………………………………
- BentukBadan Usaha ……………………………………………………........................
BAB V. KEUANGAN
- KebutuhanInvestasi …………………………………………………………………
- Kebutuhan Modal Kerja ……………………………………………………………
- Sumber Modal ……………………………………………………………………
- ProyeksiLaba / Rugi ………………………………………………………………......
BAB IV. PENUTUP
Lampiran…………………………………………………………………
Saran………………………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN
1 ) Latar belakang
Dengan semakin berkembangnya dunia perjuangan dan semakin hari kebutuhan masyarakat meningkat, cuaca semakin hari semakin panas, maka orang-orang biasanya mencari sesuatu yang sanggup menciptakan tubuh terasa segar dan dingin, dari situ kami mendapat peluang perjuangan yang menyediakan aneka juice yang menyediakan banyak sekali macam juice , dengan kualitas buah yang baik dan segar .
2 ) Konsep usaha
Usaha penjualan “ Es Buah “ ini merupakan perjuangan kecil yang dijalankan merupakan sebuah kerikil loncatan. Jika perjuangan ini berhasil atau sukses dan sanggup mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kami akan memperbesar perjuangan ini dengan membuka cabang.
3 ) Visi
Membuat produk minuman yang segar dan menyehatkan dan disukai banyak orang.
4 ) Tujuan
- Menciptakan sesuatu produk minuman yang mennyegarkan dengan kualitas baik dan unggulan
- Mendapatkan penghasilan atau keuntungan
- Membuat sebuah peluang usaha.
BAB II
ASPEK PEMASARAN
1 ) Pasar keseluruan
Minuman “ Es Buah “ ini kami tujukan untuk semua kalangan / golongan baik bau tanah maupun muda yang berdomisili di kawasan Tutur maupun di luar kawasan Tutur.
2 ) Segmen pasar dan kebutuhan pasar
Minuman “ Es Buah “ ini kami tujukan untuk semua golongan baik bau tanah maupun muda yang berdomisili di kawasan Tutur dan sekitarnya.
3 ) Faktor kompetitif
Dilihat dari segi peluang perjuangan ini berpotensi baik untuk kedepanya, alasannya ialah dilihat dari kondisi cuaca yang semakin hari semakin panas jadi mendukung kami untuk menciptakan minuman yang menyegarkan, sehingga sanggup menarik perhatian para konsumen, sehingga mendapat laba yang besar.
4 ) Rencana penjualan
Minuman “ Es Buah “ ini kami akan promosikan ke tempat tempat yang banyak dikunjungi orang.
5 ) Penetapan usaha
Untuk harga jual “ Es Buah “ ini Dengan modal awal Rp 2.00.000 sanggup dibentuk menjadi 40 gelas.
Harga per gelas : 3.500
Modal per gelas : 2.500
BAB III
PRODUK DAN OPERASI
1 ) Jenis produk
Jenis produk yang akan kami jual yaitu berupa minuman “ Es Buah “
2 ) Peralatan yang dibutuhkan & Bahan Baku
Dalam pembuatan “ Es Buah “ ini kami banyak membutuhkan peralatan yang akan memperlancar produksi, antara lain :
3 ) Lokasi penjualan
Usaha penjualan “ Es Buah “ ini hari pertama sasaran penjualan di JEC dan hari kedua di Gembira Loka Zuu, alasannya ialah tempatnya yang strategis dan gampang di jangkau.
4 ) Kebutuhan tenaga kerja
Usaha penjualan “ Es Buah “ ini merupakan perjuangan home industri yang dikelola sendiri sekaligus sebagai penanggung jawab perjuangan dengan beberapa karyawan.
BAB IVBENTUK USAHA DAN MANAGEMEN
1 ) Nama usaha
Usaha ini kami berinama “ Es Buah “ alasannya ialah harapanya masyarakat sanggup dengan gampang mengenal dan mengingat, sehingga masyarakat mempunyai daya tarik untuk mencobanya.
2 ) Bentuk tubuh usaha
- Usaha ini merupakan perjuangan yang dikelola perseorangan (PERSERO).
- Pemilik perjuangan merupakan sebagai manager yang bertugas mengawasi dan juga memenuhi segala kebutuhan.
- 6 orang sebagai pegawai yang bertuas menciptakan juice
BAB V
KEUANGAN
1 ) Kebutuhan investasi
Kebutuhan investasi ialah lapak dengan harga sewa
2 ) Kebutuhan modal perjuangan / kerja
Modal kerja yang diperlukan sebesar Rp. 2.00.000
Sumber modal :
a. Asal modal
Modal Kelompok Enjoy Creative
- Modal awal : Rp 200.000
Dengan modal awal Rp 97.500 sanggup dibentuk menjadi 40 gelas.
Harga per gelas : 3.500
Modal per gelas : 2.500
Laba per gelas : 1.000
- Penjualan pertama
BAB VI
PENUTUP
A. Lampiran Dokumentasi
lampiran ini berisi foto-foto dari kegiatan-kegiatan penjualan yang telah selesai dilakukan
B. Kesimpulan
Dari aktivitas ini, kami menarik kesimpulan bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran menyerupai ini, yang bukan hanya teori saja tapi pribadi praktek kelapangan. Dengan hal ini kita sanggup secara pribadi mencicipi bagaimana berinteraksi pada konsumen, mengatakan dan menjual produk kepada orang lain. Pengalaman ini sanggup menjadi dasar saat nanti kami akan membuka suau usaha. Asal ada kemauan dan keinginan niscaya kita sanggup melakukannya, alasannya ialah dalam dunia bisnis modal bukanlah segalanya tapi skill juga sangat berperang penting.
C. Saran
Semoga dalam perkuliahan kewirausahaan selanjutnya, aktivitas praktek lapangan ini tetap sanggup dilaksanakan dan lebih ditingkatkan lagi. Karena aktivitas menyerupai ini sangatlah bermanfaat, semoga mahasiswa mempunyai bekal pengalaman saat ingin terjun pribadi kedunia bisnis
Sumber http://www.sharingse.net/