Sunday, October 15, 2017

√ Penggunaan Penanda Objek Partikel “Ga” Dan “O” Dalam Kalimat Potensial

 yang dipakai untuk mengatakan objek dalam kalimat potensial √ Penggunaan Penanda Objek Partikel “Ga” dan “O” dalam Kalimat Potensial


PenjelasanKosakataLatihan


 


Pola Kalimat


 Objek が (atau を) KK (Bentuk Potensial) 

 Objek Ga (atau O) KK (Bentuk Potensial) 

 Dapat melaksanakan KK Objek 


 


Struktur kalimat


 yang dipakai untuk mengatakan objek dalam kalimat potensial √ Penggunaan Penanda Objek Partikel “Ga” dan “O” dalam Kalimat Potensial


 yang dipakai untuk mengatakan objek dalam kalimat potensial √ Penggunaan Penanda Objek Partikel “Ga” dan “O” dalam Kalimat Potensial


 


Penjelasan


Pada dasarnya, partikel “ga” yang dipakai untuk mengatakan objek dalam kalimat potensial.  Namun, terdapat juga banyak sekali situasi yang sebaiknya atau seharusnya memakai partikel o daripada ga, atau sebaliknya. Penjelasan yang lebih detail sebagai berikut di bawah ini.


 


1. Situasi Penggunaan Partikel “O” dan “Ga”


Pada dasarnya, partikel “ga” yang dipakai untuk mengatakan objek dalam kalimat potensial sebagai penganti partikel “o” yang biasa dipakai dalam kalimat kata kerja transitif.  Namun, bahu-membahu partikel “o” juga sering dipakai dalam kalimat potensial secara faktual pada zaman ini.


 


Contoh Kalimat 


デウィさんは日本語にほんご() はなせます

Dewi-san wa nihon-go ga (o) hanas-e-masu.

Dewi bisa berbicara dalam bahasa Jepang.


 


わたしはジャワ文字もじ() けます

Watashi wa Jawa moji ga (o) kak-e-masu.

Saya bisa menulis abjad Jawa.


 


このレストランでは、おいしいタイ料理りょうり() べられます

Kono resutoran tuhan oishi-i Thai ryoori ga (o) tabe-rare-masu.

Di restoran ini bisa makan kuliner Thai yang enak.


 


かれはバイク() 運転うんてんできません

Kare wa baiku ga(o) unten deki-masen.

Dia(♂) tidak bisa mengendarai sepeda motor.


 


 


2. Situasi Penggunaan Partikel “Ga”


2-1. Jika Kalimat Potensial Disertai dengan “deki-masu”


Pola kalimat


 KB(Objek) ができます 

 KB(Objek) ga deki-masu 

 Dapat/bisa melaksanakan KB 


 


Struktur kalimat


 yang dipakai untuk mengatakan objek dalam kalimat potensial √ Penggunaan Penanda Objek Partikel “Ga” dan “O” dalam Kalimat Potensial


 yang dipakai untuk mengatakan objek dalam kalimat potensial √ Penggunaan Penanda Objek Partikel “Ga” dan “O” dalam Kalimat Potensial


 


Penjelasan


Jika kata kerja “deki-masu” yang mempunyai makna “bisa/dapat melaksanakan KB” dipakai dalam kalimat potensial, partikel “ga” yang paling sempurna dipakai untuk mengatakan objek. Pada umumnya, objek tersebut mengatakan aktivitas atau skil ibarat olahraga, musik, bahasa, tugas, dsb.


 


Contoh Kalimat 


〇 わたし英語えいごできます

Watashi wa ee-go ga deki-masu (benar).

× わたし英語えいごできます。

Watashi wa ee-go o deki-masu (salah).

Saya bisa berbahasa Inggris.


 


〇 ケンさんは料理りょうりできます

Ken-san wa ryoori ga deki-masu (benar).

× ケンさんは料理りょうりできます

Ken-san wa ryoori o deki-masu (salah).

Ken bisa masak.


 


〇 彼はチェスできます

Kare wa chesu ga deki-masu. (benar)

× 彼はチェスできます。

Kare wa chesu o deki-masu. (salah)

Dia (♂) bisa main catur.


 


 


2-2. Jika Pelaku tidak proaktif (Level N1)


Pola kalimat


 Objek + が (△を) KK (Bentuk Potensial) 

 Objek + ga (△o) KK (Bentuk Potensial) 

 Dapat melaksanakan KK 


 


Penjelasan


Jika pelaku (subjek) tidak proaktif terhadap kata kerja, dan melaksanakan sesuatu secara spontan, partikel ga yang lebih sempurna untuk mengatakan objek daripada partikel o.


 


Contoh Kalimat 


〇 わたし英語えいごめるようになりたいです

Watashi wa ee-go ga yom-eru yoo ni nari-tai desu.

わたし英語えいごめるようになりたいです

Watashi wa ee-go o yom-eru yoo ni nari-tai desu.

Saya ingin menjadi bisa membaca bahasa Inggris.


* Pelaku ingin, tapi tidak proaktif terhadap cita-cita itu. Jika pelaku proaktif terhadap keinginan, gres partikel o yang sempurna dipakai ibarat pola dalam kurung berikut. (私は英語読めるようにします。 Watashi wa ee-go o yomeru yoo ni shi-masu. [saya berusaha semoga bisa membaca bahasa Inggris])


 


〇 わたし英語えいごめるようになりました

Watashi wa ee-go ga yom-eru yoo ni nari-mashita.

わたし英語えいごめるようになりました

Watashi wa ee-go o yom-eru yoo ni nari-mashita.

Saya sudah menjadi bisa membaca bahasa Inggris.


* Pelaku sudah menjadi bisa membaca bahasa Inggris secara spontan. Jika pelaku proaktif terhadap kemampuan, gres partikel o yang sempurna dipakai ibarat pola dalam kurung berikut. (私は英語読めるようにしました。 Watashi wa ee-go o yomeru yoo ni shi-mashita.[saya sudah berusaha semoga bisa membaca bahasa Inggris])


 


 


3. Situasi Penggunaan Partikel “O” (Level N1)


Pola kalimat


 Objek + O (△Ga) KK (Bentuk Potensial) 

 Objek + を (△が) KK (Bentuk Potensial) 

 Dapat melaksanakan KK Objek 


 


Penjelasan


Jika pelaku (subjek) proaktif terhadap kata kerja transitif dan melaksanakan sesuatu secara sengaja(tidak spontan), atau, dipakai kata kerja yang dihubungkan dengan objek secara ketat untuk mengekspresikan ketuntasan akhir dari aktivitas tersebut, partikel o yang lebih sempurna dipakai daripada partikel ga untuk mengatakan objek. Contoh yang detail sebagai berikut di bawah ini.


 


3-1 Pro-aktif


Pelaku proaktif terhadap kegiatan.


 


Contoh Kalimat 


わたし英語えいごめるようにした

Watashi wa ee-go o yom-eru yoo ni shita.

わたし英語えいごめるようにした

Watashi wa ee-go ga yom-eru yoo ni shita.

Saya sudah mengakibatkan saya bisa membaca bahasa Inggris.


 


〇 わたし英語えいごめるようにしたい

Watashi wa ee-go o yom-eru yoo ni shi-tai.

わたし英語えいごめるようにしたい

Watashi wa ee-go ga yom-eru yoo ni shi-tai.

Saya ingin mengakibatkan saya bisa membaca bahasa Inggris.


 


 


3-2 Pro-transitif


kata kerja transitif dihubungkan dengan objek secara ketat, dan mengekspresikan ketuntasan akhir aktivitas tersebut.


 


Contoh Kalimat 


〇 ときに、法律ほうりつひところせます

Toki ni, hooritsu wa hito o koros-e-masu.

ときに、法律ほうりつひところせます

Toki ni, hooritsu wa hito ga koros-e-masu.

Terkadang, undang-undang sanggup membunuh orang.


 


わたしつよいですが、かれなぐれません

Watashi wa tsuyoi desu ga, kare o nagur-e-masen.

わたしつよいですが、かれなぐれません。

Watashi wa tsuyoi desu ga kare ga nagur-e-masen.

Saya kuat, tapi tidak bisa memukul dia(♂).


 


〇 わたしかれかせるちからはありません。

Watashi wa kare o makas-eru chikara wa ari-masen.

わたしかれかせるちからはありません。

Watashi wa kare ga makas-eru chikara wa ari-masen.

Saya tidak mempunyai tenaga untuk sanggup mengalahkan dia(♂).


 


〇 かれ彼女かのじょあいせますか。

Kare wa kanojo o ais-e-masu ka?

かれ彼女かのじょあいせますか。

Kare wa kanojo ga ais-e-masu ka?

Apakah dia(♂) bisa mencintainya(♀)?


 


 


3-3 Transitif secara tuntas


Kata kerja taransitif mengekspresikan ketuntasan aktivitas tersebut.


 


Contoh Kalimat 


〇 かれは3リットルのみず1ぷんせます

Kare wa 3 rittoru no mizu o 1-pun de nomi-hos-e-masu.

かれは3リットルの水1ぷんせます

Kare wa 3 rittoru no mizu ga 1-pun de nomi-hos-e-masu.

Dia(♂) bisa minum 3 liter air hingga habis dalam 1 menit.


 


〇 された料理りょうりべきれませんでした

Dasareta ryoori o tabe-kir-e-masen deshita.

された料理りょうりべきれませんでした

Dasareta ryoori ga tabe-kir-e-masen deshita.

Saya tidak bisa makan hingga habis kuliner yang tersedia.


 


 


3-4 Akibat dari transitif


Kata kerja transitif mengatakan akhir yang jelas.


 


Contoh Kalimat 


〇 この道具どうぐでは建物たてものくずせません

Kono doogu tuhan tatemono o kuzus-e-masen.

△ この道具どうぐでは建物たてものくずせません

Kono doogu tuhan tatemono ga kuzus-e-masen.

Dengan alat begini saja, tidak bisa membongkar bangunan ini.


 


〇 みずがあれば、砂糖さとうかせます

Mizu ga are ba, satoo o tokas-e-masu.

みずがあれば、砂糖さとうかせます

Mizu ga are ba, satoo ga tokas-e-masu.

Kalau ada air, gula bisa dicairkan.


 


〇 はな使つかってぬのめられます

Hana o tsukatte, nuno o some-rare-masu.

はな使つかってぬのめられます

Hana o tsukatte, nuno ga some-rare-masu.

Bisa mengecat kain, dengan memanfaatkan bunga.


 


 


3-5 Penunjukan Objek secara Jelas


Partilel “o” dipakai untuk mengatakan objekt dengan jepas semoga struktur kalimat tidak membingungkan yang mana subjek dan yang mana objek.


 


Contoh Kalimat


かれ彼女かのじょ案内あんないできます

Kare ga kanojo o annai deki-masu.

× かれ彼女かのじょ案内あんないできます

Kare ga kanojo ga annai deki-masu. (bingung alasannya ialah ada “ga”nya dua kali)

Dia(♂) bisa mengantarnya(♀). 


 


〇 ケンさんがデシさん手伝てつだえます

Ken-san ga Dei-san o tetsudae-masu.

× ケンさんがデシさん手伝てつだえます

Ken-san ga Dei-san ga tetsudae-masu. (bingung alasannya ialah ada “ga”nya dua kali)

Ken bisa membantu Desi.


 


 


3-6 Ungkapan idiomatis “rareru dake KK” (Level N3)


Pola kalimat


 KK(Bentuk potensial) だけ KK 

 KK(Bentuk potensial) dake KK 

 Sedapat / sebanyak mungkin melaksanakan KK 


 


Penjelasan


Ungkapan ini juga mengatakan ketuntasan kegiatan. Maka, pola kalimat ini memakai partikel o untuk mengatakan objektif.


 


Contoh Kalimat 


〇 すきなものべられるだけべた。

Suki na mono o tabe-rareru dake tabeta.

× すきなものべられるだけべた。

Suki na mono ga tabe-rareru dake tabeta.

Saya makan kuliner favorit saya sebanyak mungkin.


 


〇 おかねあつめられるだけあつめた。

Okane o atsume-rareru dake atsumeta.

× おかねあつめられるだけあつめた。

Okane ga atsume-rareru dake atsumeta.

Saya mengumpulkan uang sedapat mungkin.


 




 


toki ni: terkadang

hooritsu: undang-undang

tsuyoi: kuat

nagure-masen: → naguru(memukul) bentuk potensial + masen

makaseru: → makasu(mengalahkan) bentuk potensial

chikara: tenaga


rittoru(liter): liter

nomiho-se-masu: → nomi-hosu(menghabiskan minum) bentuk potensial + masu

dasareta: tersedia


doogu: alat

kuzus-e-masen: → kuzusu(membongkar) bentuk potensial + masen

satoo: gula

tokas-e-masu: → tokasu(mencairkan) bentuk potensial + masu

nuno: kain

some-rare-masu: → someru(mengecat) bentuk potensial + masu

atasume-rareru: → atsumeru(mengempulkan) bentuk potensial


 




 


 yang dipakai untuk mengatakan objek dalam kalimat potensial √ Penggunaan Penanda Objek Partikel “Ga” dan “O” dalam Kalimat Potensial


 


 



 



Sumber https://wkwkjapan.com