Thursday, October 19, 2017

√ Cara Mengaktifkan Ads.Txt Di Blogger

 Kini blogger sudah support atau mendukung penggunaan ads √ Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger - Kini blogger sudah support atau mendukung penggunaan ads.txt pada blogger. Ads.txt merupakan fitur gres pada dashboard blogger yang gres saja di luncurkan pada tanggal 31 Januari 2018.

Dengan adanya fitur ini beberapa penayang atau publisher Google AdSense mengalami error pada akun adsense mereka notifikasi error tersebut menyerupai dibawah ini.

Bahasa Inggris:
"Earning at risk - one or more of your ads.txt file doesn't contain your AdSense Publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue."

Bahasa Indonesia:
"Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki problem ini kini juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."

Dari pesan di atas sanggup kita lihat bahwa ini merupakan problem serius yang perlu kita atasi atau perbaiki secepat mungkin alasannya yaitu sanggup beresiko kepada pendapatan Anda.

Ads.txt bekerjsama sudah ada semenjak tahun 2017 lalu, namun beberapa blogger dari seluruh dunia memberi masukkan kepada developer dari Blogger untuk menambahkan fitur ini pada dashboard blogger, alasannya yaitu penggunaan file ads.txt ini harus di simpan pada cuilan root domain atau akar domain sama menyerupai file robots.txt.

Berbeda dengan wordpress dengan memakai self-hosting atau hosting sendiri, kita sanggup dengan gampang mengupload file ads.txt ini kedalam root domain kita dengan cara login melalui cpanel, namun berbeda dengan blogspot, kita tidak mempunyai hak kanal ke cuilan hosting atau admin panel sehingga seluruh blogger di dunia memberi masukan untuk menambahkan fitur ads.txt ini pada dashboard blogger.

Baca juga: Mengenal Fitur Baru Yang Ada di Blogger

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai ads.txt menyerupai ini, apa itu ads.txt bagaimana cara kerjanya ?

Bagaimana penayang dan pengiklan sanggup mendapatkan lebih banyak laba dengan Ads.txt untuk pendapatan iklan ?

Apakah saya perlu menyiapkan ads.txt di situs saya ?

Bagaimana cara menerapkan Ads.txt di situs WordPress / Blogger ?

Apa format file ads.txt itu ?

Apa efek dari ads.txt di Google ?

Bagaimana cara pembeli memakai ads.txt untuk memverifikasi siapa yang berhak menjual ?

Bagaimana melindungi inventaris premium Anda dengan "Ads.txt" ?

Mari kita simak dengan lengkap pembahasannya dan cara penerapannya dibawah ini.

Apa Itu Ads.txt?

Authorized Digital Sellers, atau ads.txt adalah aktivitas yang dirancang oleh IAB yang ditujukan untuk mengurangi kecurangan dalam inventaris iklan.

Solusi ini dibentuk secara khusus untuk melawan spoofing domain, biasanya pembeli sanggup menyelidiki apakah penjual yaitu sumber inventaris yang sah dan bersertifikat.

Ini akan menghentikan scammers untuk menghasilkan uang di pasar digital dengan menghalangi penjualan inventori yang tidak sah.

Ads.txt merupakan file teks yang disetujui yang mencantumkan semua jaringan iklan tepercaya untuk menjual inventaris. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan transparansi di antara pengiklan dan penerbit.

Apakah Perlu Menggunakan Ads.txt?

Penggunaan ads.txt tidak di wajibkan, namun sangat di rekomendasikan untuk menggunakannya karena file ads.txt ini sanggup membantu pembeli mengidentifikasi inventaris palsu dan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang pada kasus lain mungkin mengarah ke inventaris palsu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger?

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke cuilan Setelan > Preferensi penelusuran > Monetisasi > ads.txt kustom > klik editAktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya


 Kini blogger sudah support atau mendukung penggunaan ads √ Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

3. Lalu masukkan arahan di bawah ini :
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan:
Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Penayang akun google adsense milik Anda.

4. Lalu klik Simpan perubahan
5. Silahkan cek apakah file ads.txt sudah terpasang dengan cara mengunjungi https://www.caramanual.com/ads.txt

Catatan:
Silahkan ganti caramanual.com dengan domain milik Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui ID Penayang AdSense?

1. Masuk ke akun AdSense milik Anda
2. Masuk ke cuilan Settings > Account information


 Kini blogger sudah support atau mendukung penggunaan ads √ Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Nah, bagi Anda yang mendapatkan notifikasi atau peringatan pada akun adsense bahwa penghasilan Anda beresiko alasannya yaitu belum mengaktifkan ads.txt pada blogger, silahkan terapkan tutorial ini pada blog Anda untuk mengatasi problem tersebut.

Ini juga menjadi penyebab iklan adsense tidak tampil atau tidak muncul di blog alasannya yaitu perayap atau robots google adsense memerlukan verifikasi untuk menampilkan iklan di blog Anda yaitu dengan cara mengaktifkan file ads.txt pada blog Anda.

Itulah klarifikasi singkat mengenai cara mengaktifkan ads.txt di blogger, kalau ada hal yang kurang paham silahkan untuk berkomentar dibawah ini, kalau ada waktu akan saya bantu. Semoga bermanfaat.

Update:
16/06/2019
Bagi yang muncul notifikasi peringatan ads.txt di akun google adsense meski sudah memasang arahan ads.txt di blog atau websitenya silahkan baca artikel cara mengatasi notifikasi peringatan ads.txt di google adsense.

Sumber:
https://support.google.com/adsense/answer/7532444
https://iabtechlab.com/ads-txt-about/
Sumber http://www.caramanual.com