Friday, October 20, 2017

√ Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog - Kali ini saya akan membagikan sebuah script anti klik kanan yang sanggup dipakai pada blog maupun website wordpress, script ini akan mematikan fungsi klik kanan pada setiap halaman yang ada di blog.

Kita ketahui bahwa dikala kita melaksanakan klik kanan pada sebuah halaman website disana kita sanggup melaksanakan copy, paste, print, save as, view page source, inspect element, dan sebagainya. Hal ini bertujuan semoga konten yang ada pada blog atau website Anda tidak sanggup di copy.

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog √ Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Dengan memakai script anti klik kanan ini kemungkinan kecil konten atau artikel Anda akan lebih kondusif dari para pencuri artikel. Namun perlu Anda ketahui bahwa arahan JavaScript anti klik kanan ini juga masih mempunyai kelemahan, jadi ini tidak sepenuhnya sanggup melindungi artikel Anda dari copas (copy paste), tetapi masih sanggup untuk meminimalisir atau mengurangi kemungkinan copas artikel blog Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memasang script anti klik kanan pada blog diantaranya yaitu:

Jangan Mematikan Klik Kanan di Blog atau Website yang Membahas Bahasa Pemrograman

Kadang saya merasa kesal dikala mengunjungi sebuah blog yang membahas tutorial mengenai blogger dan disana terdapat arahan script yang begitu panjang, namun arahan tersebut tidak sanggup di copas atau di copy, terus kita harus ngetik sendiri gitu kodenya? Kan gak mungkin gitu ya, arahan yang segitu panjangnya di ketik pas di coba kodenya tidak berfungsi.

Hal menyerupai ini malah akan menciptakan pengunjung situs Anda kabur dan mencari tutorial di blog lain. Oleh sebab itu hindari penggunaan anti klik kanan pada blog yang membahas coding atau bahasa pemrograman baik itu HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan sebagainya.

Namun kalau Anda masih ingin memakai anti klik kanan pada blog atau website yang membahas arahan atau bahasa pemrograman, Anda sanggup mengaktifkan fitur copy paste di serpihan tertentu contohnya untuk blogspot atau blogger, biasanya arahan script yang di posting pada setiap artikel disimpan pada serpihan blockquote oleh sebab itu kita sanggup mengaktifkan copy dan paste khusus pada serpihan blockquote saja, namun diluar itu artikelnya masih tidak sanggup di copy.

Baca juga: Cara Agar Artikel Blog Bisa di Copy Paste Pada Bagian Tertentu

Jangan Mematikan Klik Kanan di Blog yang Membahas Pendidikan atau Pembelajaran

Mungkin blog yang membahas perihal pendidikan tidak perlu menonatifkan atau disable fungsi klik kanan pada blog, sebab sebagian orang mungkin membutuhkan konten atau artikel Anda untuk di print atau di copas sebagai materi pembelajaran.

Jujur saja dikala saya masih sekolah banyak tugas-tugas yang perlu di kerjakan dengan mencari artikel di internet kemudian di print menyerupai makalah, proposal, puisi, pantun, dongeng dan sebagainya.

Namun kalau Anda tetap ingin semoga blog tidak sanggup di copas namun serpihan tertentu masih sanggup di copy dan paste silahkan baca pada artikel yang sudah saya sebutkan di atas.

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog √ Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Ada beberapa tujuan atau manfaat yang di dapatkan dikala mematikan fungsi klik kanan pada blog yaitu:
  • Artikel di blog tidak sanggup di copy paste
  • Kode blog tidak sanggup di lihat (View Page Source dan Inspect Element)
Namun saya akui bahwa cara ini masih sanggup di atasi oleh orang-orang yang memang sudah paham dengan dunia internet khususnya blogging atau orang-orang yang suka copy paste artikel blog.

Tetapi hal ini masih sanggup untuk mengurangi bencana tersebut, dan saya juga akan membahas cara bagaimana supaya artikel benar-benar tidak sanggup di copas orang lain, silahkan baca artikelnya pada postingan dibawah ini.

Baca juga: [FULL] Cara Mencegah Artikel Blog di Copy Paste

Langsung saja, bagi Anda yang ingin mematikan fungsi klik kanan pada blog silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke serpihan Tema > klik Edit HTML
3. Kemudian cari arahan </body> letaknya paling bawah
4. Copy arahan j4vascript dibawah ini, kemudian Paste diatas arahan </body>

<script type='text/j4vascript'> var message="Maaf tidak sanggup klik kanan"; /////////////////////////////////// function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&amp;&amp;!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&amp;&amp;!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

5. Klik Simpan tema

Catatan:
Kode j4vascript di atas akan berfungsi apa bila seorang pengunjung melaksanakan klik kanan pada blog Anda, kemudian akan muncul pop-up peringatan "Maaf tidak sanggup klik kanan", goresan pena peringatan tersebut sanggup Anda ganti sesuai dengan harapan Anda.

Itulah cara mematikan fungsi klik kanan pada blog semoga artikel tidak sanggup di copas, semoga dengan beberapa cara di atas artikel Anda sanggup terhindar dari copy paste orang lain.
Sumber http://www.caramanual.com