Menyambung goresan pena sebelumnya, saya akan membagi sedikit tips dalam mengerjakan soal dokkai (pemahaman bacaan).
Keluhan yang sering terdengar sehabis ujian JLPT adalah
“Ah… kurang waktu. Bacaannya buanyaaak…”
Itu juga saya rasakan. Beberapa kali ikut JLPT, saya selalu kekurangan waktu. Karena itu, hingga sekarang, saya masih suka ikut ujian sebab ingin memperbaiki administrasi waktu. Akhirnya pada 2 ujian terakhir, saya dapat menuntaskan dokkai dan masih punya sisa waktu beberapa menit.
Ujian Pemahaman Bacaan Sebenarnya Apa?
Menurut panduan yang dirilis oleh Japan Foundation dan JESS selaku penyelenggara JLPT, tujuan mata ujian dokkai untuk level N4 dan N5 adalah:
1. Memahami isi bacaan pendek (N5 sekitar 80 huruf, N4 sekitar 100-200 huruf)
2. Memahami isi bacaan sedang (N5 sekitar 80 huruf, N4 sekitar 450 huruf)
3. Mencari informasi
Menurut saya, dalam ujian dokkai kita tidak perlu memahami seluruh isi suatu bacaan. Karena keterbatasan waktu, saya rasa jika sudah dapat memahami soal dan mencari balasan yang sempurna untuk soal itu, sudah cukup. Kaprikornus tidak perlu berkecil hati jika kalian tidak 100% menangkap isi bacaannya.
**Kalau mau memahami bacaan 100%, cari di internet berita-berita pendek dalam bahasa Jepang, kemudian coba pahami per kalimatnya.
TIPS Mengerjakan Soal Pemahaman Bacaan dalam JLPT
1. Baca soalnya dulu, semoga tahu informasi apa yang harus dicari dalam bacaan.
2. Temukan kata kunci pada soal, untuk mempercepat pencarian balasan di bacaan.
3. Kalau balasan sudah ditemukan, tidak perlu buang waktu membaca seluruh teks. Lanjutkan ke soal berikutnya.
Contoh Bacaan Dan Cara Mengerjakannya
Soal Level N4
ケンさんの郵便(ゆうびん)ポストの中に、このメモと辞書(じしょ)が入っていました。
“シンタさん
シンタさんから借りた辞書をポストに入れておきます。ありがとうございました。とても役に立ちました。シンタさんが借りたいと言っていたマンガのシリーズも、一緒(いっしょ)に入れておきます。今回は3冊しか持(も)ってきませんでしたが、来週、ほかの4冊も持ってきます。
ケンより”
I. ケンさんは、来週、何をすると言っていますか。
- シンタさんにマンガを3冊返します。
- シンタさんにマンガを4冊返します。
- シンタさんにマンガを3冊貸します。
- シンタさんにマンガを4冊貸します。
Perhatikan soalnya. ケンさんは、来週、何をすると言っていますか。Kalau berdasarkan saya, kata kuncinya yaitu 来週、何をする. Kaprikornus ketika membaca bacaan nanti, cari kalimat yang ada kata-kata itu. Karena ini bacaan pendek, dengan sekali lirik, kita dapat tahu kata 来週 ada di kalimat terakhir.
Lalu lihat pilihan jawabannya. Keempat kalimatnya mirip, jadi baca lengkap 1 saja, sisanya baca saja kepingan yang berbeda. Ya, yang berbeda yaitu angka 3 dan 4, serta kata 貸します dan 返します. O ya, lembar soal JLPT dapat dicoret-coret, jadi kalian dapat menulis sesuatu untuk membantu. Kalau saya, mungkin akan menulis “kembali” di belakang pilihan No. 1 dan 2, serta “meminjamkan” di belakang soal 3 dan 4.
Selanjutnya baca bacaannya. Tadi kata kunci yang ketemu yaitu 来週. Baca kalimat yang ada 来週nya. Pada kalimat yang ada 来週nya, ada angka 4, berarti balasan 1 dan 3 tidak perlu dipikir lagi. Kaprikornus perbedaannya tinggal pada kata 返します dan 貸します. Biasanya, balasan soal nggak jauh-jauh dari kata kuncinya. Pada kalimat yang ada kata kuncinya, jawabannya belum ketemu. Coba maju 1 kalimat, pahami. Ah, ada angka 3nya, jadi niscaya bukan informasi ini yang dicari, tapi jangan diabaikan. Ingat-ingat saja isinya. Maju 1 kalimat lagi, pahami. Aha! Ketemu benang merahnya. Berarti jawabannya sudah ketemu. Nggak perlu lagi maju ke kalimat di depannya dan di depannya lagi (Ini yang saya maksud dengan poin nomor 3).
Soal Level N5
きのうは、おそくまで しごとを しました。でも、みんな、さきに 帰(かえ)りました。わたしは とても つかれました。よるの23時(じ)に、会社(かいしゃ)を でました。それから、バスに のりました。家(いえ)の近(ちか)くで、バスを おりました。外(そと)は 雨でしたが、わたしは かさがありませんでした。とても こまりました。
バスの駅(えき)のちかくに けいさつが ありました。けいさつの人は わたしに「あのはこの中に かさがあります。どうぞ、つかってください。」といいました。 はこの中には かさが 5本ありました。わたしは、「えっ、ほんとうに、いいんですか」と聞きました。けいさつの人は、「あのかさは、このまちのみんなのかさです。だいじょうぶ。お金はいりません。でも、あした あのはこに かえしてくださいね」と言いました。わたしはかさをかりました。そして、いえにかえりました。わたしはとてもうれしかったです。ありがとう、おまわりさん。
I. どうして こまりましたか。
- とても つかれたから
- ひとりで しごとを したから
- よるに でんしゃに のったから
- かさが なかったから
II. 「わたし」は、あしたどうしますか。
- かさを はこの 中に 入れます。
- かさを けいさつの 人に わたします。
- お金を はこの 中に 入れます。
- お金を けいさつの 人に わたします。
Lihat soal I. Pahami pertanyaan dan pilihan jawabannya. Ada garis bawah pada kata こまりました. Biasanya jika digarisbawahi, kata tersebut juga digarisbawahi di bacaannya. Pegang itu sebagai kata kunci, kemudian cari di bacaan. Ketemu. Pada pembahasan soal sebelumnya, saya tulis bahwa “Biasanya, balasan soal nggak jauh-jauh dari kata kuncinya.” Kalau pada kalimat yang ada kata kuncinya tidak ketemu, maju 1 kalimat. Kalau belum ketemu, maju 1 kalimat lagi. Ini yaitu tipe bacaan sedang, jadi terbagi dalam beberapa paragraf. Biasanya balasan pertanyaan ada di dalam paragraf yang sama dengan kata kuncinya. Kaprikornus jika sudah ketemu di situ, tidak perlu baca paragraf sebelumnya. Bagaimana? Sudah ketemu kan jawabannya?
Sekarang lihat soal II. 「わたし」は、あしたどうしますか。Saya jadikan わたし dan あした sebagai kata kunci. Berikutnya yaitu baca pilihan balasan dan pahami. Cari kalimat yang mengandung kata kunci. Ah, わたし terlalu banyak…, coba cari yang ada あしたnya. Ketemu? Pahami. Kalau isinya ada yang sesuai dengan pilihan pada soal, berhenti membaca, hitamkan balasan kalian, lanjut ke soal berikutnya. Kalau belum ketemu, maju satu kalimat ya…
Nah, itu beberapa tips dan teladan cara mengerjakan soal dokkai ketika JLPT. Semoga dapat membantu kalian ketika ujian. Contohnya cukup 2 saja ya…, capek ngetiknya.
O ya, jika berdasarkan kalian, balasan dari 3 soal di atas apa? Tulis jawabannya di komen ya…
Salaaam…. -eL=
Komen → facebook
Sumber https://wkwkjapan.com