Friday, October 18, 2019

Solusi Tanda Tanya Kuning Di Device Manager

Salah satu hal paling merepotkan di Windows yakni berburu driver hardware, jika anda hapal apa perangkatnya sih tinggal cari saja namanya di Google, tapi jika di Device Manager cuma muncul tanda tanya kuning atau cuma goresan pena Base System Device tanpa info lain ya gundah juga bagaimana memperbaikinya. Nah… ada solusi untuk mencari drivernya walau agak sedikit ribet.


Dari pengalaman ini biasanya yang bermasalah yakni driver untuk memory card reader, chipset motherboard atau bluetooth. Mungkin dapat mencoba menginstall dahulu salah satu atau semua jenis driver untuk hardware diatas untuk komputer atau laptop anda. Kalau gagal maka gres cara manual perlu dilakukan. Dimulai dengan mengakses Device Manager, klik kanan pada perangkat yang mempunyai icon tanda tanya kuning dan pilih Properties.


Salah satu hal paling merepotkan di Windows yakni berburu driver hardware Solusi tanda tanya kuning di Device Manager


Kemudian pindahkan tab ke Details dan ganti opsi Property ke Hardware Ids.


Nah… akan muncul data menyerupai berikut:


PCI\VEN_10EC&DEV_5209&SUBSYS_061F1025&REV_01
PCI\VEN_10EC&DEV_5209&SUBSYS_061F1025
PCI\VEN_10EC&DEV_5209&CC_FF0000
PCI\VEN_10EC&DEV_5209&CC_FF00

Perhatikan instruksi sehabis kata VEN untuk nama pembuatnya dan DEV untuk nama perangkatnya, itu yang perlu dicatat. Selanjutnya saluran situs PCI Database dan isikan kodenya dalam kotak pencarian.


Salah satu hal paling merepotkan di Windows yakni berburu driver hardware Solusi tanda tanya kuning di Device Manager


Minimal dari akibatnya anda akan tahu apa nama hardwarenya dan dapat mencari sendiri drivernya, kadang juga diberikan link eksklusif untuk d0wnl0ad.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com