Tuesday, October 29, 2019

Curhat Hilangnya Sinyal Koneksi Data Di Asus Zenfone 5

Kali ini saya bukannya memperlihatkan solusi atau bagaimana cara mengatasi masalah, ini lantaran saya sendiri tidak yakin walau sudah berhasil memperbaikinya. Kaprikornus saya bercerita saja mengenai dilema yang saya alami ketika menggunakan ASUS Zenfone 5: Hilangnya atau tidak terdeteksi adanya sinyal koneksi data. Saya menggunakan operator seluler 3 (Tri) jika anda ingin tahu.


Jadi kecacatan ini saya sadari ketika kumpul – kumpul bareng teman. Pada handphone saya perhatikan walaupun sinyalnya penuh tapi tidak ada warta telah menggunakan teknologi koneksi data apa. Itu loh yang biasanya tulisannya E (EDGE), H (HSDPA), H+ dan sebagainya di notification kafe diatas dan letaknya disebelah sinyal handphone.


Kali ini saya bukannya memperlihatkan solusi atau bagaimana cara mengatasi dilema Curhat hilangnya sinyal koneksi data di ASUS Zenfone 5


Jadi seakan – akan fitur Mobile data (Data perangkat) telah dimatikan, dan sudah saya cek dalam keadaan hidup kok. Tapi jika kita berinternet dengan WiFi masih normal, cuma lewat data seluler saja bermasalah. Beberapa solusi yang saya coba:



  1. Restart handphone.

  2. Cek setting APN.

  3. Mengalihkan ke SIM nomor 2 (Kartu As).

  4. Melihat dan memastikan konfigurasi irit daya tidak aktif.


Metode – metode diatas buat saya masih belum berhasil dan bahkan hasilnya saya tidak dapat menelpon atau mengirim SMS. 🙁


Nah… akhinya saya berpikiran untuk melaksanakan factory reset atau pribadi saja melaksanakan upgrade ASUS Zenfone 5 saya ke Android Lollipop. Tapi sebelumnya lantaran kebetulan sudah saya nyalakan berjam – jam dan utak – atik jadi baterainya mau habis hasilnya saya biarkan mati, dan saya charge hingga penuh dalam keadaan mati handphonenya. Eh… saya hidupkan paginya sudah normal kembali dan koneksi datanya dapat dipakai dengan normal kembali. Kaprikornus tidak keburu direset dan diupgrade Androidnya.


Saya gres mengalaminya sekali dan juga heran apa sebabnya, apalagi (kemungkinan) solusinya sendiri juga tidak kalah anehnya. Saya teringat perkara ini lantaran kenalan saya yang menggunakan tipe ponsel yang sama gres saja berkonsultasi soal yang serupa, bahkan katanya ASUS Zenfone 2 pun ada yang ibarat ini. Poin lain yang sama yaitu operatornya sama – sama 3. Saya masih menunggu kabarnya apakah cara saya ini berhasil atau tidak, siapa tahu cuma kebetulan saja. Update: Ternyata masalah APN 3.


Inilah kenapa saya katakan curhat, lantaran saya sendiri tidak yakin cara yang saya lakukan berhasil untuk anda jika masalahnya sama. Tapi tidak ada salahnya dicoba kan?



Sumber gurupintar.com