Saat Harbolnas kemarin aku ada niatan membeli sebuah jam tangan Jacques Lemans UEFA Champions League yang sedang didiskon 90% sebagai hadiah ketika hari Natal nanti tapi ternyata aku terlalu terburu – buru alasannya yakni hadiahnya tidak dapat diserahkan pada waktunya. Karena jam tangan tersebut menjadi tidak berkhasiat lagi dan aku sendiri sudah punya tentu jadi mubazir kesudahannya aku coba membatalkan pesanan saya. Disini aku share langkah – langkahnya dari pengalaman saya. 🙂
Rentang waktu dari aku order jam, kemudian membayar dan konfirmasi cuma dalam satu jam. Makara sangat cepat sekali prosesnya dan alasannya yakni waktu itu hari belanja online nasional menciptakan aku agak khawatir prosesnya nanti akan usang atau akan ditolak. Tapi tidak ada salahnya mencoba dulu.
Sebelumnya aku cari dulu apa syarat atau ketentuannya untuk membatalkan pesanan, dapat anda baca pada bab 6.3 Harga dan Pembayaran poin d: https://www.mataharimall.com/static/2/terms-conditions
Saya kutip aturannya:
Jika Anda membatalkan Pemesanan Anda sebelum kami mengirimkan Barang kepada Anda dan kalau Anda telah membayar untuk Pemesanan Anda tersebut, apabila memungkinkan, kami akan mengusahakan melaksanakan penghapusan Pemesanan di sistem kami, kemudian menawarkan pengembalian atas dana yang telah kami terima dari Anda dikurangi dengan biaya-biaya yang mungkin timbul dari proses penghapusan tersebut.
Jadi dapat dibatalkan, sedangkan uangnya akan diusahkan direfund penuh kalau barang belum diproses atau akan dikurangi biaya – biaya lainnya kalau sudah terlanjur. Ya masih masuk nalar lah.
Setelah membaca hukum mainnya yang aku resah kok tidak dijelaskan caranya. Haha. 😀 Akhirnya pribadi kontak customer servicenya lewat Livechat. Kesimpulannya: harus diurus lewat email.
Silahkan buat email ke customer service MatahariMall: help@mataharimall.com dan kemudian berikan data – datanya. Nah… korespondensi aku dengan mbak csnya berlangsung selama 2 hari alasannya yakni kurang data – datanya.
Saya berikan apa yang seharusnya anda kirimkan biar tidak bolak – balik mengirimkan email ibarat yang aku alami:
- Nomor order dan barangnya.
- Kronologi dongeng dan atau alasan kenapa dibatalkan pemesanan anda. Pas aku diminta hal ini sempat terpikir mungkin dapat ditolak kalau alasannya tidak wajar. Untungnya aku diterima.
- Kalau penghapusan order anda diterima maka akan diminta data rekening bank anda untuk proses refund uangnya. Formatnya ibarat berikut dan dapat disertakan sekalian di email awal:
- Nomor Order :
- Nomor Rekening :
- Nama Pemilik Rekening :
- Nama Bank :
- Jumlah Refund :
Hal penting lainnya yang niscaya anda tanyakan, berapa usang proses refundnya semenjak undangan dikabulkan? Untuk BCA yakni 1 hari kerja, alasannya yakni aku mengirimkan data hari Sabtu malam maka gres hari Senin ini dikembalikan. Sudah aku cek dan benar masuk dananya pagi ini. Sedangkan untuk bank lain yakni 3 hari kerja.
Sedangkan apabila anda menggunakan kartu kredit akan direfund dalam 7-14 hari kerja. Harap bersabar saja kalau belum masuk tapi masih dalam estimasi usang prosesnya.
Secara keseluruhan aku puas atas layanan customer service (terimakasih mbak Tri dan mbak Aulia) MatahariMall yang tidak bertele – tele mengurus penghapusan pesanan aku dan sesuai komitmen sudah dikembalikan semuanya sempurna waktu.
Semoga bermanfaat. 🙂
Sumber gurupintar.com