Sunday, September 1, 2019

Memahami Isyarat Unik Bukalapak

Online marketplace BukaLapak menerapkan kode unik dalam pembayaran tagihannya dan cukup sering ada yang resah bagaimana cara membayarnya, apalagi jikalau transfer bank atau setor tunai. Sebenarnya tidaklah sulit tapi kadang ragu juga mengikuti isyarat pembayarannya. Nah… saya ingin mengklarifikasi mengenai kode pembayaran ini menurut pengalaman selama ini belanja di BukaLapak. Ya semacam FAQ min tapi dari sisi pelanggan. 🙂


Apa itu kode unik BukaLapak?


Saat anda melaksanakan checkout pesanan maka akan diminta menentukan metode pembayaran, dimana nanti total tagihan akan ditambahkan 3 angka yang dibentuk sistem otomatis. inilah kode uniknya. Misal total invoice 172.000 dan ada angka 772 di akhirnya, jadi yang harus anda kirimkan yaitu Rp. 172.772.

Online marketplace BukaLapak menerapkan kode unik dalam pembayaran tagihannya dan cukup se Memahami kode unik BukaLapak


 


Apa fungsi kode unik ini?


Aslinya satu manfaatnya: mempercepat proses verifikasi pembayaran alasannya sistem billing mereka mengharapkan nilai dana yang masuk sesuai perhitungannya. Istilahnya jikalau sudah sempurna maka akan auto-paid dan tidak perlu dicek manual.


Bisa tidak dibayar pas tanpa kode unik?


Selama ini bisa, dan saya sendiri selalu mengirimkan uang pas. Cuma proses konfirmasi pembayarannya jadi lebih lama. Itu saja kekurangan yang rasakan. Tapi saya tidak pernah beli barang secara buru – buru sih. Pokoknya dalam 24 jam akan mendapat notifikasi jikalau pembayaran telah diterima sudah cukup cepat buat saya.


Saya terlanjur mengirimkan uang lebih alasannya takutnya salah. Bagaimana nantinya?


Ya ini sama saja anda mengirimkan uang pas, sistem tidak dapat melaksanakan konfirmasi otomatis atas pembayaran anda. Saya amati sering terjadi jikalau pembayaran lewat setor tunai ke bank alasannya terang kita mustahil setor 72 Rupiah. Ini biasa disiasati antara biarkan bank yang mengambil kelebihannya atau jikalau tidak dapat jangan lupa isikan nomor order dan alamat email anda pada isu acaranya. Yang poin kedua yaitu wajib walaupun bayarnya terpaksa lebih.


Kemana uang kode unik disimpan sehabis dibayarkan?


Karena saya biasa bayar uang pas sempat saya asumsikan selisihnya akan dideposit ke saldo BukaDompet. Ternyata salah. Haha. 😀 Untuk memastikan sudah saya konfirmasi ke customer servicenya bahwa kelebihan pembayaran dari kode unik akan disimpan oleh BukaLapak. Makara dapat dianggap ini yaitu biaya mereka dalam proses transaksinya.


Ya, sekian dulu penjelasan mengenai kode unik BukaLapak. Semoga mencerahkan. 🙂



Sumber gurupintar.com