Saturday, August 24, 2019

Mengatasi Virus Di Android

Di Android paling kondusif menginstall aplikasi yaitu dari Google Play Store, bukannya daerah lain atau instalasi APK niscaya berbahaya tapi kita sendiri tidak tahu sumbernya. Nah… ada teman saya yang bermain WHAFF untuk mengais rejeki memanfaatkan handphone OPPO Yoyo R2001 miliknya, awalnya sih tidak ada duduk masalah alasannya yaitu cuma mengcoba – coba aplikasi sudah sanggup recehan dollar. 🙂 Tapi selanjutnya kok begitu ada koneksi internet otomatis mend0wnl0ad dan menginstall aplikasi yang tidak terperinci secara otomatis. 🙁


Entah darimana asalnya aplikasi pembajak ini. Lha ini kan selain mengganggu, merusak sistem juga menghabiskan kuota bandwidth. Ya, masalah yang dialami teman saya ini terus terang menciptakan saya galau awalnya, alasannya yaitu tidak ibarat Windows yang sudah standar. Tergantung pabrikannya kadang nama – nama aplikasi bawaan dan servicesnya menciptakan saya ragu ini orisinil bawaan sistem atau tidak.


Semisal anda mengalami hal yang sama saya anjurkan biar menginstall software antivirus untuk Android dulu, saya percaya produk NOD32 jikalau di Windows alasannya yaitu itu ya sekalian mencoba kemampuan ESET Mobile Security & Antivirus. Tinggal anda install saja dan lakukan scan, cukup cepat dan pribadi terdeteksi 3 malware yang sudah terpasang dalam handphonenya: Firewall Service (Qysly.S Variant), SecurityService (Xinyinhe.AD Variant), dan TimeService (TrojanDownloader.Agent.EP Variant). Tampaknya si pelaku yaitu yang nomor 3.


Di Android paling kondusif menginstall aplikasi yaitu dari Google Play Store Mengatasi virus di Android


Tapi anehnya atau hebatnya entah bagaimana ketiga virus diatas bisa menjadi system service, jadi tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Sistem keamanan ESET sendiri walaupun berhasil mengenali bahayanya tapi tidak bisa diapa – apakan. 🙁 Kaprikornus saya terpaksa mengakses setelan aplikasinya dan mematikannya secara manual.


Di Android paling kondusif menginstall aplikasi yaitu dari Google Play Store Mengatasi virus di Android


Berhentikan paksa, matikan notifikasi, nonaktifkan dan bersihkan data. Begitu alurnya yang saya lakukan untuk mengatasi duduk masalah ini. Terapkan pada semua ancaman yang berhasil terdeteksi. Manual memang tapi mau bagaimana lagi jikalau tidak ada saluran root. Dan sehabis itu jawaban sudah kasusnya, tidak muncul lagi proses unduhan aplikasi otomatis ketika ada koneksi internet terjadi.


Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Oh ya, walaupun disini saya menggunakan ESET Mobile Security & Antivirus anda tidak harus sama kok, bisa menggunakan software keamanan Android lainnya. Ini kebetulan saja sanggup yang pribadi ampuh.



Sumber gurupintar.com