Tuesday, August 6, 2019

Bagaimana Cara Kanal Remote Database Mysql Di Cpanel?

Mengelola database MySQL yang dalam cPanel tidak harus login ke panel web hostingnya maupun memanfaatkan phpMyAdmin. Sebenarnya kita dapat kok mengolah database yang ada dari komputer di rumah atau kantor, ya memakai Navicat atau HeidiSQL misalnya. Tapi tentu ada langkah – langkahnya supaya dapat memakai secara remote.


Seperti biasa eksklusif saja login ke akun cPanel anda dan lalu geser ke bab Databases, didalamnya anda akan menemukan opsi Remote MySQL. Klik saja.


Mengelola database MySQL yang dalam cPanel tidak harus login ke panel web hostingnya maupu Bagaimana cara jalan masuk remote database MySQL di cPanel?


Kemudian anda harus menambahkan alamat IP publik yang dipakai di rumah atau kantor dalam kotak yang disediakan dan klik Add Host.


Mengelola database MySQL yang dalam cPanel tidak harus login ke panel web hostingnya maupu Bagaimana cara jalan masuk remote database MySQL di cPanel?

Kalau tidak tahu anda dapat menanyakan ke Google apa Public IP anda atau memakai layanan icanhazip.com. Anda dapat memakai wildcard (simbol %) supaya jarak IP 1-255 akan diterima.


Bila ingin dihapus hak aksesnya alamat IP tertentu tinggal klik simbol silang pada kolom Remove.

Akan lebih baik lagi bila anda mempunyai alamat IP statis alasannya yakni anda dapat membatasi jalan masuk hanya dari satu lokasi saja. Lebih kondusif begitu.


Nanti untuk jalan masuk ke database MySQL dari aplikasi gunakan port 3306 ke alamat IP web hosting anda dan gunakan username dan password dari akun cPanel anda. Selesai.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com