Pengiriman barang internasional bukanlah hal yang sulit sekarang, tinggal ke kantor pos dan memakai EMS (Express Mail Service) maka final sudah urusannya. Tinggal menunggu barangnya sampai. Tapi dari pengalaman mbak Erpi yang mengirimkan barang ke Israel aku gres tahu ada beberapa masalahnya.
Karena berdasarkan status EMS paketnya sudah meninggalkan Jakarta, Indonesia dan telah diterima di Israel maka yang terpikirkan pertama yaitu cek pribadi di kantor pos Israel (חברת דואר ישראל / Israel Postal Company): https://www.israelpost.co.il/itemtrace.nsf/mainsearch?OpenForm&L=EN. Tapi yang terjadi yaitu situsnya tidak terbuka sekali menyerupai sedang down atau bermasalah, waktu itu aku kira mungkin server hostingnya mati.
Ternyata tidak. Haha. 😀 Setelah beberapa hari mbak Erpi mengupdate laporan dari Pos Indonesia dan aku ingin tau kok usang sekali tidak dapat dibuka websitenya pribadi tercerahkan apa penyebabnya. Ternyata oh ternyata situs resmi kantor pos Israel memblokir pengunjung yang berasal dari Indonesia. 🙁 Entah apa alasannya. Makara jikalau anda mau mengakses situsnya harus memakai VPN atau Proxy solusinya.
Tapi kabar jelek tidak final hingga disini, dari kabar mbak Erpi selanjutnya ternyata pihak Pos Indonesia bekerjsama tidak dapat mengirimkan barang dari Indonesia ke Israel. Dan sayangnya ini tidak diperingatkan dulu sebelum mbak Erpi mengirimkan barangnya, gres diketahui sesudah komplain ke EMS Indonesia di 021 161 bahwa menyerupai itu kasusnya.
Apakah benar atau tidak ada larangan atau kebijakan yang tidak memperbolehkan pengiriman dari Indonesia ke Israel terus terang aku tidak tahu. Saya cari di Google tidak ada referensinya. Yang niscaya bagaimana nasib paketnya masih belum jelas, apakah dikembalikan, hilang, atau dapat diklaim ganti rugi dengan asuransinya.
Apakah anda mengalami hal yang sama? Atau malah berlainan?
Sumber gurupintar.com