Thursday, May 2, 2019

Cara Mendapat Direct Link File Pada Google Drive

Kalau anda pernah membagikan file dari Google Drive maka secara default ketika dibuka dalam browser yaitu halaman viewernya. Tapi jikalau anda ingin mereferensikan eksklusif ke dalam filenya tanpa perlu membuka Google Drive maka ada solusi gampang yang sanggup dilakukan.


Paling pertama yaitu dengan klik kanan pada file atau gambar yang muncul dan lalu klik Copy Image Location pada Mozilla Firefox atau Copy image address pada Google Chrome. Selesai sudah, anda akan mendapat url eksklusif ke konten yang disimpan dalam Google Drive.


Kalau anda pernah membagikan file dari Google Drive maka secara default ketika dibuka dalam  Cara mendapat direct link file pada Google Drive


Tapi cara diatas hanya berlaku pada jenis file gambar dan untuk browser desktop saja tampaknya, setidaknya dalam Chrome untuk Android tidak muncul sajian yang diharapkan. Dan kasusnya saya malas hidupkan laptop hanya untuk dilema sepele ini. Ternyata ada cara manualnya untuk konversi link share Google Drive ke link langsungnya:



  1. Misal link yang anda dapatkan yaitu ini: https://drive.google.com/file/d/q5QgJ0vJt3gbvSQf2u3a/view, aba-aba – aba-aba acak itu yaitu id dari filenya.

  2. Maka anda tinggal merename sedikit url yang diberikan menjadi ini: https://drive.google.com/uc?export=view&id=q5QgJ0vJt3gbvSQf2u3a dan filenya akan eksklusif terbuka dalam browser.

  3. Atau apabila ingin mend0wnl0adnya tinggal modifikasi sedikit lagi: https://drive.google.com/uc?export=d0wnl0ad&id=q5QgJ0vJt3gbvSQf2u3a. Cocok jikalau tipe filenya bukan gambar, berukuran besar dan ingin diunduh langsung.


Agak repot memang jikalau pakai cara manual diatas, tapi works. 🙂 Ada juga cara alternatif yang mengotomatiskan proses diatas, pakai layanan Google Drive Direct Link Generator. Semoga bermanfaat.



Sumber gurupintar.com