Saturday, May 4, 2019

Cara Edit File Teks Dalam Command Prompt

Membuka file teks dan mengeditnya bukanlah duduk kasus dalam Windows, tinggal buka saja pakai Notepad maka simpulan ceritanya. Tapi bagaimana apabila kita harus melakukannya dalam command prompt?


Kadang tampilan grafis Windows bermasalah dan memaksa kita bermanuver dengan cmd. Makara cara ini memang sangat jarang dibutuhkan, tapi apabila diharapkan akan sangat membantu.


Membuka file teks dan mengeditnya bukanlah duduk kasus dalam Windows Cara edit file teks dalam command prompt


Dan aslinya bukanlah hal yang sulit bila anda pernah diajari memakai MS-DOS di sekolah, tinggal anda ketikkan perintah edit nama_file dan ENTER.


Tampilan kebiruan menyerupai Turbo Pascal akan muncul, disini anda dapat mulai menuliskan atau merubah apa isi filenya menyerupai yang diinginkan. Bagusnya lagi bila pakai CMD itu dapat pakai mouse juga untuk beberapa interaksinya bila tidak terbiasa pakai keyboard untuk navigasinya.


Saya berikan tips juga, untuk mengakses sajian di toolbar pakai keyboard itu dengan menekan tombol ALT dan pakai tombol panah untuk pindah tempatnya. Bisa dikombinasikan dengan karakter putih yang muncul untuk sanksi perintahnya langsung.



Sumber gurupintar.com