Sunday, April 14, 2019

Mengatasi Google Chrome Tampilannya Terlalu Besar

Saya termasuk jarang memakai Google Chrome dan barusan saja mengupdate ke versi 54, sepertinya ada yang beda. Tampilan browsernya jadi sedikit lebih besar daripada biasanya. Walaupun tidak ada fungsi yang bermasalah tapi agak mengganggu juga jikalau ukuran isi halaman websitenya berbeda dan malah menciptakan isu yang ditampilkan semakin sedikit lantaran didesak elemen yang lainnya.


Kalau saya tebak ukurannya tidak lebih besar dari 1.5 lipat dari normalnya. Setelah saya telusuri ternyata ini memang fitur gres yang aktif pada Chrome dan hanya pada display yang mendukung high DPI. Mungkin deteksinya yang masih kurang akurat jadi digunakan setting yang salah.


Saya termasuk jarang memakai Google Chrome dan barusan saja mengupdate ke versi  Mengatasi Google Chrome tampilannya terlalu besar


Sebelum solusi duduk kasus diatas harap dipastikan dulu ini bukan anda salah tingkatan zoom. Bisa cek secara manual di Settings > Advanced Settings > Web Content > pastikan isi Page Zoom ialah defaultnya 100%. Atau tanpa perlu melihat pengaturannya eksklusif saja tekan tombol CTRL+0 untuk meresetnya.


Kalau bukan disebabkan level Zoom yang salah maka dapat coba alternatif berikut. Yang saya lakukan untuk mengatasinya ialah dengan edit parameter pada icon shortcutnya di desktop. Klik kanan dan pilih Properties. Pada baris sasaran tambahkan parameter ini  /high-dpi-support=1 /force-device-scale-factor=1. Dan kemudian jalankan lagi Chromenya, mestinya akan sukses teratasi. Oh ya, ada spasi sebelum ada menyisipkan arahan diatas.


Saya termasuk jarang memakai Google Chrome dan barusan saja mengupdate ke versi  Mengatasi Google Chrome tampilannya terlalu besar


Kalau gundah kurang lebih lengkapnya akan menyerupai ini apabila ada menginstall pada lokasi defaultnya: "C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe  /high-dpi-support=1 /force-device-scale-factor=1".


Apabila anda biasa membuka Chrome dari pinned taskbar (icon dibawah), maka hapuslah dulu dan buat ulang dari shortcut yang baru.



Sumber gurupintar.com