Friday, April 5, 2019

Memulihkan Fungsi Tombol Backspace Pada Google Chrome

Pada update terbaru Google Chrome (versi 51) ada satu perubahan sikap ketika tombol backspace ditekan. Satu hal sederhana aslinya, sebelumnya (atau malah standarnya browser) apabila kita menekan tombol backspace maka akan kembali ke halaman sebelumnya yang dibuka. Tapi kini sudah tidak dapat lagi lantaran fitur ini dihapuskan.


Kenapa? Berdasarkan analisa tim pengembang Google Chrome bahwa sangat jarang sekali, diangka 0.04% malah. Sisanya yang menekan backspace yaitu disebabkan kesalahan menekan tombol yang bersebelahan atau ingin menghapus goresan pena tapi malah kembali ke situs sebelumnya.

 ada satu perubahan sikap ketika tombol backspace ditekan Memulihkan fungsi tombol backspace pada Google Chrome


Dapat disimpulkan mungkin sangat kecil orang yang merasa kehilangan atau gundah apakah instalasi Chromenya rusak apabila sudah terbiasa memakai backspace (atau keyboard untuk navigasinya). Ya menyerupai saya, lantaran memang lebih cepat pakai keyboard daripada mouse jika sudah hapal kombinasi hotkeynya.


Bagaimana solusinya? Kita harus pakai tombol di toolbar browser. Atau dari Google Chrome sendiri menyampaikan jika shortcutnya diganti menjadi ALT+← (Tombol panah kiri). Ya repotnya jadi 2 tombol yang harus ditekan untuk mendapat efek yang sama. Alternatifnya mereka juga merilis ekstensi resmi berjulukan Go Back with Backspace untuk mengembalikan fitur tersebut.



Sumber gurupintar.com