Friday, April 19, 2019

Cara Redirect Domain Usang Ke Domain Gres Di Cpanel

Pindah nama domain bekerjsama urusan mudah, tinggal backup data websitenya dan transfer ke hosting barunya, lalu pulihkan database yang dipakai. Selesai. Nanti konten yang masih menggunakan domain usang akan sudah ganti baju menggunakan yang baru. Masalahnya indeks Google biasanya usang sekali masih mereferensikan yang lama, dan belum tentu ranking yang gres minimal setara. Solusinya ya kita perlu redirect nama domainnya.


Disini diasumsikan bila website gres anda sudah online, nama domain usang sudah kosong tapi belum disetting, pakai protokol HTTP dan semuanya pakai cPanel. Kaprikornus solusi yang akan kita manfaatkan ialah lewat isyarat redirect dalam file .htaccess


Sisipkan isyarat berikut didalamnya:


RewriteEngine on 
RewriteRule ^(.*)$ http://nama_domain_baru.com/$1 [R=301,L]

Dan selesai, dapat eksklusif dites dengan mengakses alamat situs yang lama. Kode diatas akan mengalihkan pengunjung dari http://nama_domain_lama.com/konten-contoh/ ke http://nama_domain_baru.com/konten-contoh/ dan semuanya berlangsung otomatis. Google juga akan tahu bila ini sudah ganti domain alasannya ialah redirectnya diberi isyarat 301 yang artinya permanen. Tapi jangan lupa tambahkan website gres anda ke Search Console.



Sumber gurupintar.com