Thursday, April 18, 2019

Cara Cepat Menghapus File Secara Massal Di Windows

Kalau anda pernah mencoba menghapus folder yang berisi jumlah file sangat banyak, ibarat ribuan dan ukurannya hingga puluhan GB totalnya maka akan tahu betapa sangat usang prosesnya. Hitungannya malah dapat hingga jam. Memang ditinggal beraktivitas dapat saja, tapi jikalau anda butuh cepat maka harus cari solusi alternatif.


Singkatnya jangan pakai Recycle Bin sebab masih perlu dikosongkan. Dan pakai Shift+Delete pada Explorer untuk menghapus seluruh file terpilih juga cuma beda sedikit.


Kedua cara diatas yaitu yang paling tidak optimal jikalau inginnya cepat membersihkan. Dari pengalaman solusi teroptimal yang aku temukan dan pakai hingga dikala ini yaitu dengan memakai perintah command prompt.


Tinggal anda sanksi saja perintah rmdir /s/q nama_folder dan tunggu prosesnya hingga selesai. Tetap memakan waktu, tapi masih lebih cepat daripada lewat Recycle Bin dan Windows Explorer. Dulu pernah aku bandingkan dan untuk folder berisi lebih dari 7000 file dan besar keseluruhannya 40GB yang biasanya memakan 1 jam 20 menit lewat, sehabis pakai cmd turun menjadi 30-40 menitan.



Sumber gurupintar.com