Tuesday, April 9, 2019

Cara Cek Hs Code

Apabila anda ingin terjun dalam perdagangan internasional atau sekedar kirim – kirim antar negara maka istikah HS Code akan muncul. Fungsi dari Harmonized System ini sederhana, yakni penjabaran jenis barang yang diperjualbelikan secara internasional. Praktisnya ini besar lengan berkuasa terhadap bea masuk impor ke Indonesia atau bila anda ekspor ke negara lain nantinya.


Untuk mengecek definisi dan terutama tarif dari HS Code yang anda cari aslinya mudah. Kalau anda menebak tidak jauh – jauh dari bea cukai juga sangatlah sempurna sekali, tapi sumbernya di Indonesia tidak hanya satu loh. Walaupun dapat saling overlap datanya tapi sering terjadi ada data yang berbeda, minimal updatenya tidak sama semua. Makara ada yang lebih lengkap dari pengalaman saya.

Apabila anda ingin terjun dalam perdagangan internasional atau sekedar kirim  Cara cek HS Code

Saya contohkan diatas mencari detail dari HS Code 3801.30.00.00.


Langsung saja untuk lokasi pengecekan HS Code dapat anda lakukan disini:



Saya cuma pakai 2 yang pertama bila pas butuh isu HS Code alasannya yakni cepat dan online. Tapi bila pas butuh offline maka file CSV dapat sangat membantu. Mungkin ada sumber – sumber lain di Indonesia, akan saya koreksi dan update terpola bila ada yang baru.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com