Thursday, April 25, 2019

Barang Yang Dihentikan Oleh Jne

Mudahnya mencari barang yang diincar lewat internet bukan berarti bisa dengan gampang dikirimkan lewat ekspedisi, misal JNE. Pada dasarnya ada beberapa jenis barang yang termasuk dihentikan untuk dikirimkan. Makara anda setidaknya harus tahu apa saja yang termasuk terlarang supaya tidak jadi dilema nantinya.


Langsung saja, berikut yaitu daftar barang yang dihentikan dikirimkan lewat JNE:



  1. Barang yang gampang terbakar atau meledak menyerupai korek api, alkohol, tabung gas dan sejenisnya.

  2. Minuman keras menyerupai bir, vodka dan seterusnya.

  3. Semua hal yang berafiliasi dengan p0rn*grafi.

  4. Obat – obatan terlarang menyerupai narkotika dan psikotropika.

  5. Hal yang mengganggu kesusilaan, keamanan dan ketertiban nasional.

  6. Uang tunai.

  7. Perhiasan, watu mulia atau logam mulia.

  8. Tanaman hidup alasannya yaitu bisa membawa penyakit.

  9. Hewan hidup dengan alasan yang sama.

  10. Senjata tajam.

  11. Senjata api. Bisa dikirimkan asal ada surat dar kepolisian.

  12. Petasan atau kembang api.

  13. Peralatan jodi.

  14. Hal yang ilegal di Indonesia.


Jadi jikalau pengiriman anda ditolak itu dikarenakan melanggar mekanisme pengiriman JNE menurut hukum diatas.


Sedikit sharing saja, walaupun kita bisa menyelipkan satu barang baik jenisnya biasa saja (misal elektronik untuk menghindari asuransi biasanya) atau terlarang (misal uang tunai), tapi sangat tidak disarankan. Kenapa? Karena nanti paket anda akan dibongkar di JNE dan lewat bandara akan di x-ray. Apabila barang tersebut tidak tertulis dalam resinya dan hilang maka JNE tidak akan bertanggung jawab.


Dan bisa dibedakan selain dari daftar JNE diatas juga ada kemungkinan terkena peraturan dari bandara, biasanya dilema cairan atau barang berharga menyerupai emas, ini akan diperiksa lewat x-ray. Kalau tertangkap lembap biar saja lancar ditolak dan dikembalikan, misal hilang akan sulit sekali mengurusnya.


Juga soal masakan atau minuman, JNE dari pengalaman tidak menolak kiriman yang lembap atau dalam bentuk cairan. Tapi yang sering terjadi jikalau kirim ke JNE terdekat maka cabang tersebut tidak mempunyai kemampuan untuk mengemas barangnya dengan baik. Karena masakan dan minuman bisa ada kadaluarsanya dalam waktu singkat dan resikonya banyak komplain maka banyak biro JNE yang menolaknya. Saran aku silahkan disurvei dulu atau pribadi ke JNE sentra di kota anda supaya lancar.


Kiriman binatang selama ini memang tidak pernah bisa, tapi jikalau tanaman sudah beberapa kali aku belanja dan bisa nyatanya. Mungkin hukum JNE diatas belum diupdate atau beda dengan di lapangan. Aslinya harus ada surat jikalau sudah lulus karantina dan bebas hama.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com