Tuesday, April 2, 2019

Apa Kesannya Kalau Modem Direset?

Pernah kehilangan saluran ke modem/ONT? Yang sering terjadi ialah ada yang iseng mengganti password default adminnya ketika tersambung WiFi. Kadang hal menyerupai ini tidak terdeteksi alasannya ialah internet masih dapat digunakan dengan normal. Ada juga yang iseng mengubah password hotspotnya sekalian.


Solusi paling gampang ialah dengan mereset modemnya, dapat lewat manajemen modemnya atau hard reset lewat lubang kecil di perangkatnya. tapi kadang ragu apa risikonya selain seluruh setting kembali ke default. Bisa eksklusif online lagi atau harus panggil teknisi?


 Yang sering terjadi ialah ada yang iseng mengganti password default adminnya ketika tersam Apa risikonya bila modem direset?


Sistem ISP kini sudah jauh lebih baik dibandingkan dulu, bukan problem bandwidthnya yang lebih besar dan tetap murah, tapi akomodasi dalam memperbaiki apabila pelanggan salah setting. Setidaknya aku sudah ada pengalaman mereset ONT Fiberhome dan Cisco pinjaman MyRepublic dan First Media, jadi dapat anda pakai sebagai rujukan misal direset efeknya apa dan apabila masih gagal ya tetap saja kontak customer servicenya. 😀


MyRepublic:

Yang paling gampang berdasarkan saya, begitu direset selain settingnya kembali menyerupai semula tapi dapat eksklusif digunakan online juga. Katanya alasannya ialah sistemnya mengenali perangkat yang valid berdasarkan serial number ONTnya dan konfigurasinya akan disettingkan otomatis.


First Media:

Ini prosedurnya sehabis direset ialah telepon ke csnya. Nanti akan diremote (pakai TR-069 jikalau tidak salah) dan disettingkan. Pelanggan harus tetap standby di telepon alasannya ialah dapat ada panduan komplemen dari supportnya dalam proses ini.


Untuk ISP lain menyerupai IndiHome dan MNC Play belum ada kesempatan mencoba sendiri, tapi kabarnya juga sama atau tidak jauh berbeda dengan cara yang aku sebutkan diatas. Tapi silahkan apabila anda mempunyai pengalaman untuk dishare juga. 🙂



Sumber gurupintar.com