Saturday, March 30, 2019

Masalah Kiriman Tiki Dari Batam

Barang dari Batam populer murahnya dan memang terutama bagi yang ingin beli handphone atau gadget dapat sangat menarik hati untuk beli eksklusif dari sana. Apalagi belanja online sudahlah lazim dan tinggal pakai ekspedisi saja dalam seminggu (normalnya) sudah hingga di rumah walaupun dari luar pulau. Tapi kenyataannya sendiri tidaklah seindah itu juga kalau untuk urusan pengiriman paketnya.


Sering aku temui bahwa sellernya di Batam dan kirimnya direkomendasikan pakai TIKI. Tidak ada problem disini. Tapi kalau dari nomor resinya apabila dilacak akan muncul di Pekanbaru dan dengan nama CENTRAL ACC PEKANBARU dalam statusnya (mungkin ini nama Dropshipper atau cabang TIKInya). Catatan saja, aku belum pernah belanja dari Batam atau mengalami sendiri alur menyerupai ini, semuanya dari laporan pengunjung yang pengalamannya serupa. Saya bahkan tidak tahu nama tokonya.


Barang dari Batam populer murahnya dan memang terutama bagi yang ingin beli handphone ata Masalah kiriman TIKI dari Batam


Karena banyak pembeli yang tidak tahu hal ini dan yang niscaya pengirimannya jadi usang (paling cepat 5 hari setahu aku gres diberangkatkan). Ini sepemahaman aku disebabkan lantaran adanya pajak untuk barang elektronik yang dikirimkan eksklusif dari Batam yang nilainya sebesar 17.5%. Biasanya buyer tidak mau membayar lantaran jatuhnya sama mahalnya beli di Jawa. Karena itu solusinya diteruskan ke Pekanbaru dulu gres diberangkatkan ke kota tujuan, ini yang bikin beban kerja TIKI disana meningkat jauh dan membuatnya jadi lambat.


Dan ini diperkuat oleh Ibu Liza dari TIKI Pekanbaru pada komentarnya dulu:


“Mohon maaf sebelumnya bila bapak dan ibu mau sesuai komitmen tiki ons satu hari kirim lewat tiki batam eksklusif saja lantaran satu hari sampe kok,cuma ini penjual meminta lewat pekanbaru dikarenakan ongkos lebih murah dan bebas pajak,itupun kiriman elektronik ( hp atau pun lat op ) lewat bandara tiki pekanbaru kami tidak dapat satu karung hp semua,sebelumnnya aku sudah jelaskan dicatatan resi walaupun ons akan tetapi sudah janji dengan pengirim khusus kiriman elektronik (hp dan latop ) dibeli dari batam via pekanbaru penyampaian minimal 6 hari. Terima kasih atas masukan dan sarannnya”


Jadi walaupun pakai ONS yang seharusnya tiba sehari pun akan ngaret juga prosesnya. Tapi aku perhatikan dibandingkan awal – awalnya ada problem pengalihan kiriman ini sudah relatif lebih cepat pengirimannya. Bisa dalam 2-4 hari sudah diberangkatkan.


Semoga sedikit menjelaskan kenapa kok kiriman TIKI anda dari Pekanbaru dapat tidak ada updatenya sama sekali.



Sumber gurupintar.com