Wednesday, March 6, 2019

Cara Tahu Hdd Atau Ssd Tanpa Membuka Casing

Jadi ada perkara sederhana bahwa dalam PCnya ada beberapa media penyimpanan tapi tidak tahu mana yang pakai Harddisk atau SSD (Solid State Drive). Tapi tanpa membuka casing komputernya. Mungkin alasannya yakni kapasitas penyimpanan SSD sudah cukup besar jadi sulit membedakannya atau yang tanya cuma ngetes saja. 😀


Perbedaan paling utama HDD dengan SSD yakni pada kapasitasnya, SSD mempunyai jumlah GB yang lebih kecil. Disaat ini kita beli harddisk sejutaan akan sanggup 2TB dan untuk SSD cuma 256GB. Faktor kedua yang tidak kalah penting yakni kecepatan baca/tulis datanya, jikalau HDD lebih rendah mungkin sanggup 100Mbps tapi jikalau SSD sanggup jauh lebih tinggi dari itu. Makara cek saja dikala copy file.


Jadi ada perkara sederhana bahwa dalam PCnya ada beberapa media penyimpanan tapi tidak tahu  Cara tahu HDD atau SSD tanpa membuka casing


Tapi 2 metode diatas yakni dengan menduga – ngira, dan Windows Explorer sendiri tidak menampilkan apa arsitektur teknologi storagenya. Makara jikalau ingin memastikan lebih lanjut sanggup mencoba aplikasi berjulukan Diskovery: https://diskovery.io/ dan akan eksklusif tampil di sisi panel kiri ini HDD, SSD atau USB. Lebih akurat jadinya.


Sebenarnya pakai software analisa sistem menyerupai HWINFO, CrystalDiskInfo, Speccy akan memperlihatkan hasil yang sama. Kalau sudah ada di komputer anda tidak perlu mend0wnl0ad lagi.



Sumber gurupintar.com