Saturday, March 23, 2019

Apa Itu Oke, Reg, Dan Yes?

Bagi pengguna jasa pengiriman JNE niscaya tahu ada beberapa macam jenis pengiriman yang dibedakan menurut kecepatannya dan harganya. Biasanya kita pilih yang tercepat dengan alasan semoga cepat diterima.


Kalau mau diurutkan maka jenis pengiriman yang sanggup digunakan oleh pelanggan individu itu setidaknya ada 5 jenis dan sanggup berubah atau bertambah kedepannya. Tapi dari klarifikasi dibawah maka anda akan tahu mana yang tepat.

Bagi pengguna jasa pengiriman JNE niscaya tahu ada beberapa macam jenis pengiriman yang dibe Apa itu OKE, REG, dan YES?



  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) – Merupakan jenis pengiriman yang mempunyai prioritas paling rendah. Tapi bukan berarti niscaya lebih usang dari yang standar, jikalau jaraknya erat atau kota sebelahan malah sanggup sama cepatnya. Kadang tertulis OKE15.

  • REG (REGULER) – Ini yaitu jenis kiriman yang paling umum digunakan dan usang pengirimannya yaitu standar. Kadang ditulis REG15.

  • YES (Yakin Esok Sampai) – Paling umum digunakan dan tercepat dengan harga yang masih terjangkau. Ada pengantaran ketika hari libur. Tapi belum tentu sehari hingga lho, jikalau telat sanggup diklaim ganti rugi ongkirnya. Kadang ditulis YES15. Biasanya sanggup selisih Rp. 10.000 dengan REG.

  • SS (Super Speed) – Ini yang tercepat tapi juga termahal, sangat cocok buat barang atau dokumen yang urgent lantaran akan diberangkatkan ketika jadwal penerbangan tersedia. Dan tidak menunggu kiriman lain untuk diberangkatkan bersamaan. Selisihnya cukup besar secara tarif, sanggup 5-10 kali lipat dari YES.

  • CTC (City to City) – Kalau kedapatan pakai instruksi ini maka jenis kirimannya yaitu dalam kota atau masih satu wilayah. Kadang diperjelas lagi dengan instruksi CTC15 dan CTCYES.


Satu pengalaman lagi soal kiriman YES, misal anda sudah bayar untuk kiriman ini tapi pas cek resi jenis layanannya malah tertulis REG maka ini disebabkan diantara 2 hal:



  1. Oleh pengirim dirubah memakai REG. Ini sanggup sengaja untuk memaksimalkan untung. Atau terpaksa lantaran rute yang dipilih tidak ada YES. Semoga saja si seller transparan.

  2. Atau di JNE sistemnya tercatat sanggup YES pada rute tersebut, tapi pas disortir gres tertangkap tangan jikalau mustahil pakai YES. Ini jikalau jalur pengirimannya termasuk sulit diakses dalam sehari. Bisa lantaran jarak atau jadwalnya.


Semoga bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com