Saturday, February 2, 2019

Cara Mengatasi Gagal Menghapus Font Di Windows

Untuk mengatur font itu urusan gampang, tinggal buka Control Panel > Fonts. Mau melihat daftar font terinstall atau menghapusnya tinggal delete saja untuk membuangnya. Tapi aku gres saja mengalami masalah, yakni gagal dihapus alasannya ialah sedang terpakai Windows fontnya.


Secara lengkap pesan errornya ialah Nama_font cannot be deleted because it’s in use. Close any open programs, and then click Try Again. Tampaknya sederhana kan? Tinggal cari proses apa yang aktif memakainya ketika itu. Dan dari kasus aku ternyata csrss.exe yang jikalau dimatikan akan eksklusif blue screen. 🙁


 Mau melihat daftar font terinstall atau menghapusnya tinggal delete saja untuk membuangny Cara mengatasi gagal menghapus font di Windows


Akhinya sehabis mencari tahu ternyata ada beberapa solusi yang dapat dicoba, silahkan pilih yang berdasarkan anda paling simpel dulu.


Pertama ada menggunakan aplikasi Unlocker yang fungsinya membuka kuncian proses yang mengakses file tersebut. Nanti dari daftar file yang muncul pilih saja yang ingin dilepas. Setelah itu dapat dicoba menghapusnya.


Kedua dapat dengan masuk ke safe mode, asalkan bukan font asli/default Windows biasanya dapat dihapus tanpa hambatan.


Ketiga ialah dengan command prompt, tapi anda harus tahu nama file fontnya dulu dan lalu sanksi perintah ini: del /f /s /q /a "C:\Windows\fonts\nama_font.ttf". Ini harus pakai hak direktur eksekusinya.


Keempat, solusi alternatifnya dan berdasarkan aku paling simpel bekerjsama ialah menggunakan aplikasi administrasi font pihak ketiga. Salah satunya NexusFont.


Sekian dan biar bermanfaat. 🙂



Sumber gurupintar.com