Monday, December 3, 2018

√ Nukleus Sel Dan Fungsi Nukleus

Nukleus atau inti sel yaitu satu kepingan sel di antara beberapa kepingan penyusun seluruh bangunan sel. Materi wacana nukleus ini kami sajikan untuk melengkapi uraian bahan kepingan sel yang telah lalu, yaitu wacana badan Golgi dan membran sel. Melalui pembahasan ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh wacana apa itu nukleus dan apa fungsinya. Secara singkat, kami juga akan menguraikan bagian-bagian penyusun nukleus. Supaya lengkap, bentuk, ukuran, dan letak nukleus di dalam sel akan kami informasikan disini. Di tengah-tengah uraian, akan kami sisipkan beberapa gambar wacana nukleus lengkap dengan bagian-bagian penyusunnya, selamat membaca.

 yaitu satu kepingan sel di antara beberapa kepingan penyusun seluruh bangunan sel √ Nukleus Sel dan Fungsi Nukleus
Letak Nukleus dalam Sel

Nukleus Sel

Nukleus atau Inti sel merupakan kepingan sel yang berfungsi sebagai sentra perintah atau pengendali kegiatan sel sebab adanya benang-benang kromosom di dalam nukleus. Pada umumnya, sel-sel mempunyai satu nukleus inti. Namun, sesuai dengan fungsinya, ada juga sel yang mempunyai dua atau lebih inti. Nukleus yaitu kepingan sel yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan organel sel pada umumnya, yaitu berukuran antara 10 - 20 nm. Letak nukleus kadang di tengah atau di kepingan tepi, berbentuk lingkaran atau lonjong mirip cakram. Nukleus dibatasi oleh membran inti (selaput inti) yang mengontrol sesuatu yang sanggup masuk dan keluar nukleus. Nukleus dibutuhkan untuk mengontrol reaksi-reaksi kimia, pertumbuhan, pembelahan sel. Nukleus juga bertugas untuk membawa perintah sintesis di inti DNA sebab didalamnya mengandung sandi DNA (DNA code) untuk memilih urutan asam amino protein. Perhatikan gambar struktur nukleus sel berikut ini:

 yaitu satu kepingan sel di antara beberapa kepingan penyusun seluruh bangunan sel √ Nukleus Sel dan Fungsi Nukleus

Bagian-Bagian Nukleus

Dari gambar nukleus sel di atas, sanggup kita lihat bahwa di dalam nukleus terdapat bagian-bagian penyusun yang penjelasannya mirip berikut ini:
  • Nukleolus (anak inti) yang berfungsi menyintesis banyak sekali macam molekul RNA (asam ribonukleat) yang dipakai dalam perakitan ribosom.
  • Nukleoplasma (cairan inti) merupakan zat yang tersusun atas protein.
  • Butiran kromatin terdapat pada nukleoplasma, tampak terang pada dikala sel membelah. Pada dikala membelah, butiran kromatin menebal menjadi struktur mirip benang yang disebut kromosom. Kromosom mengandung DNA (asam deoksiribonukleat) yang berfungsi memberikan gosip genetik melalui sintesis protein.

Fungsi Nukleus

Seperti yang kami uraikan di atas, nukleus memegang fungsi yang sangat penting dalam sel. Mengenai fungsi nukleus sel, sanggup kita rangkum menjadi:
  • Nukleus berfungsi sebagai pengendali seluruh kegiatan sel
  • Nukleus berfungsi untuk mengatur pembelahan sel
  • Nukleus berfungsi sebagai pembawa gosip genetik (DNA) yang akan mewariskan sifat-sifatnya melalui pembelahan sel.
Sekian uraian wacana Nukleus Sel dan Fungsi Nukleus, supaya bermanfaat.

Referensi:
  • Abdurahman, Deden. 2008. Biologi Kelompok Pertanian. Bandung: Grafindo Media Pratama.
  • Gul, Sema. 2007. DNA dan SEL. Jakarta: Yudhistira.

Sumber http://www.ilmusiana.com