Thursday, December 6, 2018

Mengenal Lapisan Bumi Dan Struktur Bumi

Seperti yang kita tahu bumi merupakan daerah tinggal hidup kita sekarang, maka dari itu setidaknya kita juga tau /mengenal lapisan dan struktur bumi yang ada di dalamnya. Bumi mempunyai lapisan udara yang disebut atmosfer dan juga mempunyai medan magnet yang di sebut magnestofer yang melindungi bumi dari sinar ultraungu. Bumi mempunyai massal 59.760 milyar ton, dengan 70,8% permukaan bumi mencakup air, dan sisanya atau sekitar 1/3 nya terdiri dari daratan.


Struktur Bumi


Bumi merupakan salah satu planet yang terbentuk dari batuan yang mempunyai lempeng tektonik yang aktif. menyerupai yang kita ketahui bahwa permukaan bumi yang kita huni terdiri dari banyak sekali bentukan menyerupai ; gunung, lembah, danau, bukit, sungai, dll. adanya bentukan-bentukan tersebut menciptakan permukaan bumi menjadi tidak rata yang biasa di sebut juga relief bumi.


Seperti yang kita tahu bumi merupakan daerah tinggal hidup kita kini Mengenal Lapisan Bumi dan Struktur Bumi


Adapun kandungan utama yang ada di dalam bumi antara lain ; besi (32,1%), oksigen (30,1%), silikon(15,2%), magnesium (13,9%), belerang (2,9%), nikel (1,8%), kalsium (1,5%), alumunium (1,4%), dan 1,2% selebihnya yaitu unsur-unsur lain.


Lapisan Bumi


Menurut komposisi (jenis dari material)nya, bumi sanggup di bagi menjadi beberapa lapisan menyerupai berikut :



  1.  Kerak bumi

  2. Mantel bumi

  3. Inti bumi


Sedangkan berdasarkan sifat mekanik (sifat dari material) -nya, bumi sanggup di bagi menjadi beberapa lapisan menyerupai berikut :



  • Litosfir

  • Astenosfir

  • Mesosfir

  • Inti bumi bab luar ; mempunyai tebal sekitar 2250km yang terdiri dari besi dan nikel cair

  • Inti bumi bab dalam ; mempunyai tebal sekitar 1200km yang terdiri dari besi dan nikel padat dengan temperatur mencapai 3900º C


Itu tadi klarifikasi singkat mengenai lapisan bumi dan struktur bumi, semoga dengan begitu kita sanggup lebih mengenal bumi serta menjaganya biar terus hijau alami sehingga menciptakan bumi kita menjadi lebih baik, semangat go green.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com