Tuesday, November 6, 2018

√ Ram Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis

RAM adalah nama salah satu jenis komponen komputer yang mempunyai fungsi penting biar komputer sanggup beroperasi dengan baik. Jika dilihat dari pengertiannya, RAM itu sejenis memory untuk menyimpan data dan arahan program. Nah, pada kesempatan ini, kami akan mengajak pembaca untuk melihat lebih jauh lagi wacana apa itu RAM?. Sebab, tak sanggup dipungkiri bahwa masih banyak pengguna komputer yang belum mengetahui dengan baik perangkat yang satu ini. Padahal, pengetahuan wacana RAM sangatlah mempunyai kegunaan alasannya ialah terkait dengan kinerja dari sebuah komputer. Apalagi kalau Anda ialah seorang teknisi komputer yang sering berurusan dengan bongkar pasang komputer, maka seluk beluk wacana RAM wajib Anda ketahui untuk menjadi seorang teknisi yang mumpuni.

RAM Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis

 nama salah satu jenis komponen komputer yang mempunyai fungsi penting biar komputer sanggup  √ RAM Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis
Artikel Terkait: Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Uraian wacana RAM komputer dalam postingan ini, materinya akan kita bagi menjadi tiga bagian. Kita akan mengawalinya dengan pembahasan seputar pengertian RAM. Kemudian, akan dilanjutkan dengan pembahasan seputar fungsi dari RAM. Setelah itu, serpihan simpulan wacana jenis-jenis RAM komputer yang ada kini ini. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini pembahasan lengkapnya.

Pengertian RAM 

RAM ialah kependekan dari kepanjangan Random Acces Memory. Pada prinsipnya, pengertian RAM sanggup ditinjau dari beberapa segi, yaitu, segi input area, kegiatan area, working area, dan output area. Jika dilihat dari segi input area, RAM sanggup diartikan sebagai media  untuk menyimpan data input yang akan diolah. Kemudian, kalau ditinjau dari segi kegiatan area, RAM sanggup didefinisikan sebagai media untuk menyimpan kegiatan yang akan digunakan untuk memproses data. Di tinjau dari segi working area, RAM sanggup berarti sebagai media untuk menyimpan proses pengolahan data yang hendak dikerjakan. Dan, kalau di tinjau dari segi output area, RAM ialah media untuk menyimpan semua hasil pengolahan data. Jadi, sanggup disimpulkan bahwa pengertian RAM ialah media untuk menyimpan data dan arahan dari suatu kegiatan komputer.

Fungsi RAM 

Fungsi RAM sanggup tergambar dari pengertian di atas. RAM berfungsi sebagai komponen sementara dalam menyimpan kegiatan atau data yang diakses saat komputer sedang aktif/beroperasi. Seperti diketahui bahwa prosessor tolong-menolong mempunyai kapasitas terbatas (kecil) dalam menyimpan data dan arahan yang terdapat pada register, jadi tidak sanggup menyimpan seluruh gosip yang dibutuhkan untuk menjalankan proses program, apalagi bila ukurannya besar. Untuk itu, proses harus didampingi komponen berkapasitas besar, yang sanggup menyimpan data dan arahan yang berukuran besar pula. Nah, untuk itulah RAM hadir sebagai sebuah komponen penting dalam komputer (PC).

Jenis-Jenis RAM 

Jenis-jenis RAM sanggup dibedakan ke dalam dua kelompok besar, yaitu RAM berbasis chip dan RAM berbasis card. Berikut ini semua RAM dari masing-masing jenis tersebut:

RAM berbasis chip

SRAM (static RAM)

Jenis RAM statis yang sifatnya semivolatile. Dipakai untuk membantu komputer dalam kecepatan  proses dan tidak memerlukan operasi daya refresh. Proses pembuatannya memakai teknologi CMOS.

DRAM (dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik yang sifatnya volatile. Dipakai untuk membantu kecepatan proses komputer dan memerlukan arus daya listrik secara kontinyu dalam operasinya sehingga dibutuhkan refresh. Proses pembuatannya memakai teknologi DMOS (double diffuse MOS)

NVRAM (non-volatile RAM)

Jenis SRAM yang mempunyai catu daya listrik sendiri, yaitu dari sebuah baterai mini sehingga sanggup menyimpan daya walaupun komputer dimatikan. Memiliki fungsi untuk menyimpan  jam, waktu, kalender, kegiatan setup, dan konfigurasi komputer.

FRAM (ferro electric RAM)

Jenis SRAM yang tidak memerlukan catu daya listrik atau baterai mini alasannya ialah sudah memakai daya medan magnet.

RAM berbasis card

EDO RAM (extended data output RAM)

Jenis RAM untuk prosesor pentium edisi pertama. Mempunyai kapasitas memory 8 Mb hingga maximum 16 Mb, dengan standar PC 66/1 00. Menggunakan kemasan SIMM (single in-line memory module) dengan jumlah penyemat memory 72 pin.

SD RAM (synchronous dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 1,2, dan 3. Kecepatan bus memory ini berkisar pada frekwensi 66 Mhz sampal 133 Mhz, atau disebut memory PC 66/PC 100/PC 133. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), jumlah penyemat memory 168 pin.

DDR RAM (double data rate RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 4. Memory DDR RAM (DDR 400) mempunyai banyak tipe dan umumnya dikelompokkan dan dirancang menurut bandwidth saat beroperasi. Selain itu, dipengaruhi oleh besarnya clock yang diberikan oleh memory itu nantinya. Ada beberapa tipe yang digunakan, yaitu PC 1600/2100/2700/3200 dengan proposal clock 400 Mhz. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), dengan jumlah penyemat memory 184 Pin.

DDR dual channel RAM

Jenis memory ini tidak ibarat pemasangan SDRAM atau DDR biasa. DDR dual channel ialah teknologi yang sama dengan memory RD RAM (rambus dynamic RAM), yang memerlukan sistem dual channel, yaitu keharusan untuk memasang dua keeping modul memory dengan kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung kerja motherboard. Di samping itu, khusus untuk penggunaan memory RDRAM harus ada penambahan dua pasang memory terminator untuk mendukung memory standar PC 2700/3200/4000, dengan proposal clock antara 500 sampal 800 Mhz.

Twister DDR dual channel RAM

Memory tipe TwinX/Twinmatch/Twister atau kode CMX yang pertanda bahwa memory ini sanggup digunakan pada dual channel mainboard

SODIMM RAM

Memory yang biasa digunakan untuk kelas server maupun  notebook.

Sekian uraian wacana RAM Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, semoga bermanfaat. 

Sumber http://www.ilmusiana.com