Sunday, November 11, 2018

Membangun Web Dengan Cms

Cara mudah membangun web yaitu memakai CMS “Content Manajement System” yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. CMS biasanya sudah tertata rapi baik dari segi tampilan template, ataupun pengelolaan lainya, sehingga memudahkan pengguna dalam mengelola blog ataupun web tersebut. Dengan begitu untuk membangun web sudah tidak menjadi perkara sulit yang tidak perlu hebat dalam pemprograman berbasis web ataupun tidak harus mengetahui perihal HTML, PHP ataupun CSS, Karena sahabat hanyalah tinggal mengatur dan mengelola web tersebut sesuai dengan keutuhan. Dalam perkembangannya CMS sering dipakai dalam membangun web dalam banyak sekali kategori semisal ; untuk menciptakan e-commerce (toko online), menciptakan blog pribadi, menciptakan website sekolah, menciptakan web perusahaan, menciptakan forum, dan hampir semua type website dapat di buat melalui CMS.


Sekarang ini banyak sekali CMS yang dapat sahabat pergunakan dalam membangun website, baik yang dari luar negeri ataupun buatan karya anak Indonesia. CMS Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menyediakan CMS free yang dapat sahabat pergunakan untuk menciptakan website. Beberapa pola CMS buatan Indonesia antara lain :



  1. AuraCMS

  2. CMS Lokomedia

  3. CMS Balitbang

  4. CMSid

  5. Endonesia

  6. Fiyo

  7. Pangsit

  8. SpasiCMS

  9. PopojiCMS


 yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan ata Membangun Web dengan CMS


Selain CMS diatas ada juga jenis framework berbasis scripting language PHP yang diantaranya misal ibarat :



  • CakePHP

  • Code Igniter (CI)

  • FuseBox

  • RubyOnRail (RoR).


Macam-macam Content Management System (CMS) banyak sekali, yang diantaranya ibarat :



  • CMS untuk menciptakan personal blog, misal ; WordPress, joomla, dan sejenisnya

  • CMS untuk menciptakan personal web, misal ; joomla, Mambo, drupal, dan sejenisnya

  • CMS untuk menciptakan Forum, misal ; Vbulletin, phpBB, MYBB, dan sejenisnya

  • CMS untuk menciptakan Toko Online (e-Commerce), misal ; Opencart, PrestaShop, OsCommerce, (Joomla+Virtuemart), (WordPress+eCommerce), Zencart, dan sejenisnya

  • CMS untuk menciptakan Virtual kantor, misal ; virtual office

  • CMS untuk menciptakan web e-Learning/pendidikan, misal ; Moodle, lokomedia, joomla dan sejenisnya.


Itu tadi beberapa pilihan CMS yang dapat anda pilih /gunakan secara free untuk membangun web nantinya, tentunya bagi para blogger yang sudah berpengalaman niscaya sudah ada yang memakai salah satu CMS yang aku sebutkan diatas.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com