Tuesday, November 13, 2018

√ Letak Geografis Wilayah Indonesia

Seperti apa letak geografis dari Indonesia? Indonesia sebagai sebuah wilayah mempunyai letak geografis berdasarkan kenampakannya di permukaan bumi. Sebagai warga Negara yang baik, letak geografis dari Indonesia ini sudah selayaknya wajib untuk kita ketahui. Pengetahuan ihwal letak geografis ini sanggup membantu kita untuk mengetahui letak atau kedudukan wilayah Indonesia kalau dibandingkan dengan daerah-daerah lain atau kalau dilihat dari kawasan lain (posisi relatif). Selain itu, letak geografis ini juga sanggup membantu kita untuk melihat potensi yang dimiliki wilayah Indonesia sebagai sebuah Negara. Apalagi, banyak menganggap bahwa, Indonesia secara geografis mempunyai posisi yang sangat strategis. Tahukah Anda, mengapa menyerupai itu? Jawabannya sanggup Anda temukan lewat uraian berikut ini, selamat membaca.
Indonesia sebagai sebuah wilayah mempunyai  √ Letak Geografis Wilayah Indonesia

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia artinya letak Indonesia dilihat dari kenyataan bersama-sama di muka bumi. Terdapat cara gampang untuk mengetahui letak geografis dari Indonesia. Mari kita ambil peta dunia, atlas dunia, atau globe. Dari peta, atlas, atau globe tersebut kita akan melihat peta Indonesia. Dari peta tersebut nampak bahwa, secara geografis indonesia terletak di antara 2 benua, yaitu benua Australia dan benua Asia, serta terletak di antara 2 samudra, yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik. Dengan demikian, sanggup dikatakan bahwa Indonesia berada pada posisi silang dunia (world cross position). Pada posisi menyerupai ini, Indonesia menjadi sentra jalur kemudian lintas dunia. Itulah sebabnya mengapa sehingga Indonesia dianggap mempunyai posisi yang strategis.

Indonesia sebagai sebuah wilayah mempunyai  √ Letak Geografis Wilayah Indonesia

Letak geografis Indonesia menimbulkan beberapa hal sebagai berikut:
  • Indonesia berada pada persilangan kemudian lintas dunia yang ramai sehingga menguntungkan dari segi ekonomi.
  • Indonesia mempunyai tiga iklim utama, yaitu iklim ekspresi dominan (muson), iklim tropis (iklim panas), dan iklim laut.
  • Iklim ekspresi dominan terjadi lantaran imbas angin ekspresi dominan yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Pada bulan Oktober-April, angin yang bertiup berasal dari barat daya yang bersifat berair sehingga menjadikan ekspresi dominan hujan. Sementara itu, pada bulan April-Oktober angin bertiup berasal dari timur bahari yang bersifat kering sehingga menjadikan ekspresi dominan kemarau.
  • Iklim tropis menimbulkan udara rata-rata di Indonesia panas. Ini terjadi lantaran Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa.
  • Iklim bahari disebabkan oleh kondisi Indonesia yang banyak dikelilingi bahari dan samudera. Akibat dari iklim ini, Indonesia lebih banyak mengalami ekspresi dominan hujan.
Selain letak geografis di atas, dalam skala mikro Indonesia secara geografis berbatasan dengan negara-negara lain. Batas-batas geografis Indonesia dengan negara-negara lain ialah sebagai berikut: Sebelah utara berbatasan dengan negara Malaysia, Singapura, dan Filipina; Sebelah Selatan berbatasan dengan negara Australia; Sebelah Timur berbatasan dengan Papua Nugini; Sebelah Barat berbatan dengan Samudra Hindia.

Sekian uraian ihwal Letak Geografis Wilayah Indonesia, biar bermanfaat. 

Sumber http://www.ilmusiana.com