Tuesday, November 13, 2018

√ Letak Astronomis Wilayah Indonesia

Letak Indonesia secara astronomis ialah letak wilayah Indonesia di dasarkan pada garis lintang dan garis bujur astronominya. Letak ini menciptakan Indonesia mempunyai posisi koordinat astronomis tertentu terkait dengan wilayahnya.  Letak ini merupakan letak mutlak atau diktatorial dari keseluruhan wilayah Indonesia. Perhitungan letak astronomis suatu wilayah termasuk Indonesia memungkinkan untuk dilakukan mengingat bulat keliling bumi yang telah dibagi ke dalam garis bujur (timur-barat), seluruhnya sebesar 360 derajat dan posisi kutub utara dan kutub selatan bumi ke dalam garis lintang (utara-selatan), seluruhnya sebesar 180 derajat. Karena ini pula, letak astronomis ini disebut pula Letak Matematis. Topik inilah yang akan kita bahas pada kesempatan ini, yakni letak astronomis (mutlat/absolut/matematis) dari Indonesia, selamat membaca.

 ialah letak wilayah Indonesia di dasarkan pada garis lintang dan garis bujur astronominy √ Letak Astronomis Wilayah Indonesia

Letak Astronomis Indonesia

Bagaimana cara memilih letak astronomis Indonesia? Caranya cukup mudah, siapkan sebuah globe. Dalam globe biasanya garis lintang dan garis bujur semua wilayah tergambar lengkap. Nah, tinggal kita perhatikan wilayah Indonesia mulai dari batas paling utara hingga selatan dan batas dari timur hingga barat. Berdasarkan globe tersebut, sanggup kita lihat bahwa letak astronomis Indonesia di koordinat 95 derajat Bujur Timur hingga 141 derajat Bujur Timur, serta antara 6 derajat Lintang Utara hingga dengan 11 derajat Lintang Selatan. Penulisan letak astronomis Indonesia ini sanggup disingkat menjadi ialah 6 derajat LU - 11 derajat LS dan 95 derajat BT - 141 derajat BT.  Seperti halnya dengan letak geografis, letak astronomis ini membawa membawa imbas tersendiri terhadap Indonesia.
 ialah letak wilayah Indonesia di dasarkan pada garis lintang dan garis bujur astronominy √ Letak Astronomis Wilayah Indonesia

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Adapun aneka macam imbas yang ditimbulkan oleh letak astronomis Indonesia ialah sebagai berikut:

Indonesia Berada di Garis Khatulistiwa

Wilayah Indonesia berada di antara lintang 6 derajat LU - 11 derajat LS dan dilewati garis khatulistiwa. Oleh sebab itu wilayah Indonesia dipengaruhi iklim tropis. Karena dipengaruhi iklim tropis, Indonesia memperoleh curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Indonesia juga mempunyai suhu dan kelembaban udara yang tinggi. Kondisi iklim yang demikian memungkinkan Indonesia mempunyai banyak hutan yang lebat dan senantiasa hijau.

Pembagian Waktu di Indonesia

Wilayah Indonesia terbagi atas tiga wilayah waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timut (WIT). Patokan pembagian waktu tersebut ialah garis Bujur 0 derajat yang melewati kota Greenwich. Oleh sebab itu, patokan waktu yang dipakai dikenal dengan Greenwich Mean Time (GMT). Patokan untuk memilih pembagian wilayah waktu ialah garis bujur wilayah Indonesia yang paling barat, yaitu 105 derajat. Dengan demikian, pembagian wilayah waktu secara umum di Indonesia ialah sebagai berikut:
  • WIB terletak di wilayah antara 105 derajat BT - 120 derajat BT, mencakup Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Madura, dan Kalimantan Barat
  • WITA terletak di wilayah antara 120 derajat BT - 135 derajat BT, mencakup Pulau Bali, Pulau Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, wilayah NTB, wilayah NTT.
  • WIT terletak di wilayah antara 135 derajat BT - 141 derajat BT, mencakup wilayah Maluku dan Papua.
Sekian uraian perihal Letak Astronomis Wilayah Indonesia, agar bermanfaat. 
Sumber http://www.ilmusiana.com