Saturday, September 29, 2018

√ Usaha: Pengertian Dan Rumus Usaha

Materi usaha dalam pembahasan kali ini uraiannya mencakup pengertian dan rumus usaha dalam fisika. Kehidupan insan tidak pernah lepas dari yang namanya usaha. Dalam kehidupan sehari-hari, perjuangan selalu dikaitkan dengan melaksanakan perjuangan pekerjaan. Seorang petinju yang berusaha menjatuhkan lawannya akan berlatih keras. Makin keras berlatih, petinju itu akan memiliki stamina yang makin kuat. Dalam hal ini, perjuangan diartikan sebagai suatu aktivitas dengan mengerahkan tenaga atau pikiran. Dalam fisika, perjuangan memiliki arti khusus yang menggambarkan apa yang dihasilkan gaya ketika ia bekerja pada suatu benda dan benda tersebut bergerak dalam jarak tertentu. Nah, supaya lebih memahami pengertian perjuangan dengan baik, mari kita simak bersama dalam uraian berikut ini, selamat membaca.

Pengertian Usaha

Pengertian perjuangan dalam kehidupan sehari-hari berbeda dengan pengertian dalam sains fisika. Dalam sains fisika, perjuangan didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya dan perpindahan. Jadi, orang yang mendorong meja belum dikatakan melaksanakan perjuangan kalau meja yang didorongnya belum berpindah meskipun orang tersebut telah mengerahkan segenap tenaga. Demikian juga orang yang naik sepeda pada jalan yang menurun. Walaupun berpindah tempat, orang tersebut tidak dikatakan melaksanakan usaha. Hal itu disebabkan gaya yang menyebabkan sepeda tersebut bergerak bukan gaya otot, melainkan gaya gravitasi bumi.

Untuk lebih memahami pengertian usaha, perhatikan teladan berikut:

Jika sebuah balok kita tarik pelan-pelan, balok belum bergerak. Pada keadaan ibarat itu kita belum dikatakan melaksanakan usaha. Jika gaya tarik terus kita perbesar secara perlahan-lahan, suatu ketika balok bergerak. Pada keadaan ibarat itu kita dikatakan telah melaksanakan perjuangan dan perjuangan yang kita lakukan akan makin besar kalau gaya yang kita berikan diperbesar. Sebaliknya, perjuangan yang kita lakukan akan makin kecil kalau gaya tarik yang kita berikan diperkecil. 

Pada perayaan Hari Kemerdekaan RI, kita sering melihat lomba tarik tambang. Kedua regu yang sedang bertanding saling berusaha menarik lawannya. Kedua regu itu saling menarik dengan arah gaya yang berlawanan. Dalam sains fisika, kedua regu saling melaksanakan usaha. Regu pemenang dikatakan melaksanakan perjuangan positif. Adapun regu yang kalah dikatakan melaksanakan perjuangan negatif. Mengapa ibarat itu?
Usaha yang dilakukan pada sebuah benda bernilai negatif kalau arah gaya yang bekerja pada benda itu berlawanan dengan arah geraknya.
Bagaimana perjuangan yang terjadi, kalau arah gaya tegak lurus terhadap arah perpindahan? Sebagai contoh, seseorang berjalan sambil menyunggi anaknya. Dalam hal ini, perjuangan yang dilakukan oleh orang itu selama menyunggi sama dengan nol. Mengapa? Dengan menyunggi anaknya, orang itu berarti menahan berat anaknya w dengan suatu gaya F. Arah gaya F ini ke atas, tegak lurus terhadap arah perpindahannya s. Dalam bencana ini tidak ada gaya yang segaris dengan arah perpindahan. Hal itulah yang menyebabkan perjuangan orang itu nol meskipun ia kelelahan.

 dalam pembahasan kali ini uraiannya mencakup pengertian dan rumus  √ Usaha: Pengertian dan Rumus Usaha
Usaha bapak ini sama dengan nol meskipun ia kelelahan
Sebuah apel yang jatuh dari tangkainya dikatakan mengalami gerak jatuh bebas. Pada benda jatuh bebas juga terjadi perjuangan lantaran bekerja gaya gravitasi bumi. Demikian juga pada gerak vertikal ke atas. Hanya, sifat usahanya tidak sama.

Rumus Usaha

Telah disebutkan bahwa perjuangan didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya dan perpindahan. Arah gaya di sini segaris (searah dan berlawanan arah) dengan arah perpindahan. Dengan kata lain, suatu gaya dikatakan melaksanakan perjuangan terhadap suatu benda kalau gaya tersebut sanggup menyebabkan perpidahan benda yang dikenainya. Secara matematis, relasi antara usaha, gaya, dan perpindahan sanggup dirumuskan:

W = F . s
W = perjuangan (joule atau kg m2/s2)
F = gaya (newton)
s = perpindahan (m)

Jika gaya yang bekerja pada benda lebih dari satu, perjuangan yang dikerjakan benda merupakan hasil resultan gaya-gaya itu. Benda bermassa m didorong oleh gaya F1 dan ditarik oleh gaya F2. Antara benda dan lantai terjadi gaya gesek F3 (perhatikan arah ketiga gaya). Akibat bekerjanya ketiga gaya itu benda berpindah sejauh s. Besar perjuangan yang dikerjakan pada benda adalah:
 dalam pembahasan kali ini uraiannya mencakup pengertian dan rumus  √ Usaha: Pengertian dan Rumus Usaha
Benda yang dikenai beberapa gaya
W = W1 + W2 + W3
= F1s + F2s + (-F3)s
= (F1 + F2 – F3) s
W = Rs
(R = resultan gaya yang bekerja pada benda)

Demikianlah uraian perihal Usaha: Pengertian dan Rumus Usaha, agar bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com