Saturday, September 8, 2018

Tips Gampang Cara Memakai Thunderbird Dengan Gmail

Sebenarnya cara memakai thunderbird dengan gmail memang cukup gampang simple, namun bagi yang belum terbiasa menggunakan thunderbird tentu belum tentu eksklusif bisa. Bagi kau yang belum tau apa itu thunderbird, klarifikasi singkat mengenai thunderbird yaitu sebuah aplikasi mail client (MUA – Mail User Agent) yang fungsinya sama dengan Outlook Express, Eudora Mail, Evolution, Sylpheed, dan sejenisnya. Thunderbird ini yaitu salah satu produk turunan dari Mozilla. Pendek kata, aplikasi thunderbird ini berfungsi saving email kita tanpa harus terhubung di internet fungsi dan fiturnyapun tidak jauh berbeda dari Microsoft outlook.


Penjelasan singkat mengenai thunderbird sudah, sekarang saatnya praktek untuk mengetahui cara menggunakan thunderbird dengan email gmail. Mengapa harus gmail ? ya simpel saja alasannya yaitu layanan email dari google ini ketika ini banyak yang memakai 😀


Tips Praktis Cara Menggunakan Thunderbird dengan GMail


Untuk memakai email thunderbird dengan gmail, ada dua langkah utama yang harus kau ketahui yakni yang pertama setting di gmail dan yang kedua setting di aplikasi thenderbirdnya. Adapun untuk langkah-langkahnya menyerupai berikut ini.



  • Sebelum kau mensetting aplikasi thunderbird, terlebih dahulu kau harus mensetting gmail kamu. Caranya Silahkan login memakai gmail kamu, untuk yang memakai settingan bahasa inggris Klik “Option” di bab kanan atas, lalu Pilih “Setting”, pilih sajian “Forwarding and POP/IMAP” dan beri tanda centang pada Enable IMAP. dan terakhir klik “Save Changes”.

  • Sedang yang memakai pengaturan bahasa indonesia, klik tanda gerigi (setelan) yang ada di pojok kanan atas menyerupai ini.


cara memakai thunderbird dengan gmail Tips Praktis Cara Menggunakan Thunderbird dengan GMail



  • Lalu klik sajian Penerusan dan POP/IMAP, kemudian klik media button “Aktifkan IMAP” yang terdapat pada bab Akses IMAP, kemudian klik tombol Simpan Perubahan.


cara memakai thunderbird dengan gmail Tips Praktis Cara Menggunakan Thunderbird dengan GMail



  • Setting email gmail untuk thunderbird sudah dilakukan, selanjutnya ialah mend0wnl0ad dan menginstall aplikasi thunderbird, kau sanggup mend0wnl0adnya disini.

  • Jika sudah terinstall, selanjutnya mensetting aplikasi thunderbird. pertama silahkan buka thunderbird

  • Pertama Klik pada “View setting for this account”, menyerupai ini


cara memakai thunderbird dengan gmail Tips Praktis Cara Menggunakan Thunderbird dengan GMail



  • Lalu klik pada bab “Account Action”, kemudian klik “Add Mail Account”, menyerupai ini


cara memakai thunderbird dengan gmail Tips Praktis Cara Menggunakan Thunderbird dengan GMail



  • Maka akan tampil mail account setup, isikan :


1. Your Name: Isikan nama Anda

2. Email Address: Isikan alamat email anda

3. Password: Isikan password email anda



  • Selanjutnya klik tombol “Continue” dan kemudian pilih tombol “Done“, bila proses setting email thunderbird berhasil maka akan ada proses d0wnl0ad email ke akun thunderbird kamu.


Itu tadi cara memakai thunderbird dengan gmail yang sanggup penulis bagikan, supaya bermanfaat buat rekan-rekan yang membutuhkan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com