Saturday, September 29, 2018

Penyebab Dan Cara Mengatasi Monitor No Signal Detected ‘Going To Sleep’

Pernah mengalami monitor no signal detected, kemudian kemudian ada pesan screen going to sleep ? Penulis akan mengembangkan cara mengatasi monitor no signal detected, jadi jikalau kau mengalami problem menyerupai ini jangan panik, lantaran InsyAllah problem ini dapat teratasi tanpa harus membawanya ke tukang service, alias kau dapat memperbaiki malasah monitor no signal detected selagi problem tersebut bukan kompenen komputer yang rusak. Saya sendiri sering sekali menemui problem monitor no signal detected ‘screen going to sleep’ yang kasusnya sebagian besar terjadi pada komputer desktop (bukan laptop), dan problem ini biasanya akan muncul saat gres pertama kali dinyalakan sesudah sekian minggu/bulan tidak dinyalakan, namun meskipun begitu komputer yang rutin setiap hari digunakanpun juga dapat bermasalah menyerupai ini.


Naah disini penulis akan mengembangkan tips atau cara mengatasi monitor no signal detected ‘screen going to sleep’ beserta penyebab monitor no signal kenapa itu dapat terjadi. cara mengatasi monitor no signal detected ini bukanlah tips yang rumit, sehingga saya yakin kamupun dapat melakukannya.


Penyebab Monitor No Signal Detected


Ada beberapa alasannya mengapa monitor komputer menampilkan pesan no signal detected, yang diantaranya:



  1. Kabel VGA yang menghubungkan CPU dan Monitor kendor atau serat kabel ada yang putus.

  2. VGA Rusak atau Driver VGAnya rusak

  3. VGA kotor/rusak

  4. Memori komputer kotor

  5. Kipas CPU rusak/tidak berfungsi, sehingga processor komputer kepanasan

  6. Motherboard rusak

  7. Monitor rusak


Cara Mengatasi Monitor No Signal Detected


Untuk cara mengatasi monitor no signal detected ‘screen going to sleep’ kau dapat mencoba beberapa tips berikut ini :


Cara Pertama ; Cek kabel VGA yang menghubungkan CPU dan monitor komputer kamu, apakah kabelnya kendor atau ada problem lain, jikalau perlu kau cek dengan kabel VGA yang lain/baru (meskipun ini terlihat sepele, namun problem ini juga dapat terjadi lantaran fungsi utama VGA yakni menampilkan visual ke monitor).


Cara Kedua ; Jika cara pertama masih belum berhasil, ini cara andalan penulis ilmuonline.net yang biasa dilakukan. Yakni membongkar CPU kemudian melihat kompenen daleman CPU apakah berjalan normal? cek mulai lampu indikator motherboard, kipas pendingin cpu/processor, vga card, trus tingkat kebersihan daleman CPU. Jika ternyata semua komponen yang saya sebutkan barusan dalam keadaan normal, namun keadaan daleman CPU berdebu dan kotor dapat jadi ini penyebab monitor no signal detected, jikalau itu terjadi silahkan bersihkan sampai benar-benar higienis kemudian restrat komputer. Namun jikalau daleman CPU bersih, cobak lepas memori komputer lalu bersihkan dengan stip/penghapus petelot pada komponen/pin ujung memori, jikalau sudah pasangkan ram/memori komputer tadi dan restart komputer.


Pernah mengalami monitor no signal detected Penyebab dan Cara Mengatasi Monitor No Signal Detected ‘Going to Sleep’


Cara ketiga ; Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, saat komputer dinyalakan perhatikan data-data BIOS, jikalau keluar berarti monitor dan VGA tidak bermasalah, berarti settingan driver VGA di Windows yang rusak/corrupt. Jika itu terjadi solusinya masuk ke Safe Mode, kemudian install ulang driver VGA komputer melalui Safe Mode, semoga berhasil.


Baca juga : Cara Mengatasi  Hardisk Error ‘ Windows Detected a Harddisk Problem’


Demikian tadi klarifikasi mengenai penyebab dan cara mengatasi monitor no signal detected yang biasanya tejadi pada komputer desktop, jikalau artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share via fb, twitter, g+ ke temen-temen kau agar banyak orang terbantu.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com